Tags

, , , , , ,

Menjadi ibu pintar dengan capai kehamilan optimal, merupakan hal yang ideal untuk lebih mengetahui wawasan dan pengetahuan tentang kehamilan. Salah satu yang dapat menjadi referensi tentang kesehatan adalah aplikasi Pro Sehat, aplikasi yang menyediakan berbagai informasi seputar kesehatan, terutama dalam kemudahan mendapatkan vitamin, obat dan suplemen kesehatan.

20160606_084709.jpg

Aplikasi ProSehat

 

Menjadi Ibu Pintar dengan Capai Kehamilan Optimal

Pada masa kehamilan, hal yang terpenting bagi ibu hamil adalah memerhatikan nutrisi. Hal tersebut sangat memengaruhi pada janin yang terkandung di dalamnya, baik pada berat lahir bayi maupun usia gestasi. Gestasi adalah periode waktu bayi berada di dalam rahim. Lama penuh periode gestasi adalah antara 38 dan 42 minggu (dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir).

Keseimbangan nutrisi ini sangat penting. Karena apabila berat badan bayi lahir rendah (BBLR), maka akan beresiko penyakit jantung koroner (PJK), diabetes mellitus () tipe 2, hipertensi dan hyperlipidemia. Adapun bila berat berlebih atau obesitas, maka akan berisiko diabetes mellitus gestasional (DMG),Seksio Caesar (SC), komplikas persalinan, macrososomia,kelainan kongenital dan obesitas anak.

Adapun untuk nutrisi, beberapa yang harus diperhatikan ketika hamil adalah asam folat dan kalsium. Asam folat ini berfungsi untuk mencegah kelainan otak dan sistem saraf pusat, serta riwayat kelainan sebelumnya. Dengan kadar normal konsumsi, ketika sebelum hamil disarankan 400 mcg, trisemester 2-3 adalah 600 mcg dan selama menyusui 500 mcg. Namun demikian jangan sampai overdosis, karena hal tersebut dapat mengakibatkan alergi, perut kembung, insomnia dan berkurangnya nafsu makan.

Makanan yang Mengandung Asam Folat

Ada banyak makanan, namun sebaiknya ibu hamil memilih makanan yang bernutrisi dengan mengandung asam folat, baik pada sayuran, buah-buahan maupun makanan. Pada sayuran bisa memilih bayam, bit merah, kubis, brokoli, asparagus, seledri, selada, jagung, dan sawi. Pada buah-buahan bisa memilih pisang, jeruk, persik, tomat, alpukat, melon, stroberi, dan pepaya. Adapun makanan yang bisa dipilih untuk dimakan, seperti kentang, ubi jalar dan roti gandum.

Dari jenis kacang-kacangan yang mengandung asam folat, seperti kacang lentil, kacang polong, kacang kedelai, kacang almond, kacang kenari, dan kacang tanah. Adapun dari daging, bisa memilih seperti ikan salmon, hati ayam dan kuning telor.

Makanan yang Mengandung Kalsium

Begitu pula dengan kalsium. Ibu hamil dapat mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Kalsium berfungsi untuk menurunkan kemungkinan hipertensi dalam kehamilan dan mencegah preeklampsia. Kadar normal konsumsi 15000-2000 mcg/hari selama hamil dan > 3000 mg dapat menghambat penyerapan Zn dan Fe hingga menyebabkan batu ginjal.

Adapun makanan yang mengandung kalsium, seperti keju, sarden, kacang almond, bayam, brokoli, yogurt, susu kedelai, buah ara, buah jeruk dan tahu.

Demikianlah beberapa makanan yang bernutrisi dan dianjurkan dimakan oleh ibu hamil. Akan tetapi, bila terpaksa harus menimun obat, maka ibu pintar akan memerhatikan obatnya. FDA mengklasifikasi obat pada tiga kategori, yaitu kategori A, obat-obatan yang pada pengujian terkontrol tidak berisiko pada janin dan kehamilan. Kategori B, obat-obatan yang tidak beresiko pada janin hewan coba, tetapi belum ada data pengujian pada wanita hamil. Kategori C, obat-obatan yang menunjukkan efek buruk pada janin hewan coba, tetapi belum ada data pengujian pada manusia. Kategori D, obat-obatan yang terbukti beresiko pada janin melalui uji klinik. Kategori X, obat-obatan yang menyebabkan abnormalitas pada janin melalui uji klinik.

Ketika harus meminum obat, maka ibu pintar harus mengecek terlebih dahulu ketegori obat tersebut. Untuk meminum obat, ibu hamil harus mengonsultasikannya kepada dokter. Namun demikian, kita lebih baik mencegah minum obat dengan menjaga asupan nutrisi makanan dan banyak minum air.

Aplikasi ProSehat, Memudahkan Akses Kesehatan

Aplikasi ProSehat menyediakan kemudahan akses menebus resep dokter dan membeli obat bebeas, vitamin dan sulemen kesehatan. Dengan hanya mendwonload aplikasi ProSehat, kita dapat langsung memperoleh obat yang telah diresepkan oleh dokter atau membeli obat bebas, vitamin dan suplemen.

screenshot_2016-06-05-21-18-41.png

Aplikasi ProSehat

Aplikasi ProSehat hadir dari kegelisahan dokter Gregorius Bimantoro yang melihat banyaknya masyarakat Indonesia yang masih kesulitan dalam mengakses seputar kesehatan dan mendapatkan obat-obatan. Bermula dari website tanyadok.com, kemudian berkembang menjadi aplikasi ProSehat yang dapay dinstal di android.

Kita dapat memesan obat melalui aplikasi ProSehat, dengan pembayaran bisa COD (cost on delivery) khusus Jakarta dan transfer lewat bank. Iya, sangat memudahkan, karena kita bis memesan obat yang kita butuhkan. Saya pernah keliling apotek, untuk mendapatkan obat pesanan dari orangtua. Dengan aplikasi ini, akan memudahkan dalam mendapatkan obat.

Tahapan menginstal aplikasi ProSehat, bisa dilihat pada Playstrore Android, kemudian instal. Setelah itu mendaftar atau regsitrasi wilayah untuk memudahkan akses. Dari sana, kita bisa menggunakannya dalam mendapatkan obat yang kita butuhkan.

 

 

 

 

 

 

Advertisements