Tags

, , ,

Perempuan dengan segala aktivitasnya di rumah ataupun kantor seringkali waktunya tersita dan  terterpa kelelahan. Sebagai perempuan yang bekerja, saya sendiri kalau sudah bekerja sering tidak ingat waktu, dan setelah semua selesai, baru terasa lelah dan capainya. Kalau sudah memporsir diri untuk bekerja terus-terusan, maka saya ingin sekali rileks dan menyegarkan tubuh. Salah satunya dengan spa. Perempuan dan spa, suatu hal identik yang mencerminkan bahwa perempuan sedang merawat dan menyegarkan diri.

IMG_5242 Re

Perempuan dan Spa

Biasanya, bila sudah kelelahan dan merasa pegal-pegal oleh segala aktivitas, maka akan memanggil tukang pijit ke rumah. Namun, saat ini kita dipermudah dengan bisa datang langsung ke tempat spa setelah bekerja. Bisa juga dengan menghabiskan waktu libur dengan datang ke tempat spa, lalu menikmati terapi spa untuk penyegaran diri.

Tidak berlebihan bila kini bisnis salon dan spa tumbuh berkembang di berbagai daerah, di antara Jatiwaringin. Melihat perkembangan bisnis spa, saya pun penasaran menelusurinya, apa itu spa? Dan apa yang menarik dari bisnis spa? Lalu, bagaimana prospeknya? Aih, berat amat ya… Padahal saya hanya ingin menuliskan sekilas tentang spa, itu pun karena penasaran dengan spa, makhluk apakah itu? Karena untuk lebih tahu mendalam tentang perempuan, spa dan bisnisnya, membutuhkan analisa dan penelitian yang mendalam.

SPA, Perawatan dengan Air

Sudah lama saya mengenal istilah spa, namun secara arti belum begitu tahu makna sebenarnya dari kata Spa. Dengan penasaran, saya pun mencari tahu arti kata SPA.

IMG_5251 Re

Perempuan dan Spa

SPA berasal dari singkatan Bahasa Latin, Solus Per Aqua, yang artinya perawatan dengan air. Hal tersebut menunjukkan bahwa SPA merupakan perawatan kesehatan dengan mempergunakan air. Dalam Bahasa Inggris bisa dikatakan dengan Hydrotherapy.

Kalau ditelusuri kembali, konsep SPA sangatlah menarik karena bermula ketika pasukan Legion, Romawi (3000 tahun lalu) terkena luka ringan perang, mereka menyembuhkan luka tersebut dengan membuat kolam mandi pada sumber air panas, dan menamainya dengan “Aquae.” Adapun kegiatan mandinya disebut dengan SPA.

IMG_5248 Re

Perempuan dan Spa

Ada yang membuat saya terkagum bahwa penggunaan spa sebagai sarana pengobatan telah tercantum dalam suatu kepustakaan medis pada tahun 1500 SM dengan judul, Rig Veda, yang berarti perawatan air untuk penyembuhan demam. Bahkan, dalam dunia kedokteran, Hipokrates, sebagai Bapak Kedokteran Modern telah mempergunakan spa secara luas untuk pengobatan sejak 400 SM. Ia memaparkan indikasi dan kontra-indikasi perawatan dengan air.

Tradisi Spa Indonesia

Bukan hanya luar negeri yang sudah berabad-abad lalu melakukan spa, Nusantara sendiri sudah lama memiliki tradisi spa. Nusantara yang kaya akan suku bangsa dan sumber alam ini memiliki ragam tradisi spa. Perawatan tubuh pada tradisi Nusantara bersifat holistik atau menyeluruh. Keseimbangan jiwa dan raga agar menjadi pribadi yang utuh.

IMG_5236 Re

Perempuan dan Spa

Ada beberapa bukti sejarah yang menunjukkan akan adanya cikap bakal spa sebagaimana terdapat pada bukti-bukti sejarah, seperti relief dan tempat pemandian. Beberapa relief candi tersebut seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Begitu pula dengan tempat pemandian, ada banyak jejak tempat pemandian nenek moyang kita, seperti Jalatunda, Kolam Segaranyang, Umbul Pengging dan Sendang Tarub.

Perempuan dan Bisnis Perawatan Kecantikan

Ketertarikan pada perawatan kecantikan sudah lama, karena memang sudah terbukti oleh nenek moyang kita akan tradisi perawatan diri. Pada keluarga kami, nenek buyut terkenal kecantikannya, sehingga menjadi buah bibir bagi anak cucunya. Oleh karena itu, tidak berlebihan bila kami pun memilih perawatan tradisional seperti leluhur kami.

IMG_5237 Re

Perempuan dan Spa

Di era modern sekarang, perawatan kecantikan tradisional belum ditinggalkan, bahkan dikembangkan oleh beberapa perintis yang berbisnis perawatan kecantikan tradisional seperti Martha Tilaar. Perpaduan resep tradisional dengan kecanggihan teknologi, telah menjadi modifikasi produk yang berkualitas dan berkemasan baik.

Ahad, 22 Mei 2016, saya berkesempatan menghadiri peluncuran outlate Martha Tilaar Day Spa Jatiwaringin. Bertempat di Jl. Raya Jatiwaringin Blok H.05, Jatiwaringin, Jakarta Timur, hadir tempat salon dan day spa baru sebagai solusi untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan destinasi spa Nusantara. Demikian kata Elphina Rolanda, sebagai franchisee Martha Tilaar Day Spa Jatiwaringin.

IMG_5217 Re

Perempuan dan Spa

Dengan bersemangat, Olla, sapaan akrab pemilik franchisee Martha Tilaar Day Spa Jatiwaringin mengaku bahwa bisnis kecantikan adalah passionnya. Sejak awal, Olla berkarir di produk kecantikan, menjadi researcher and depelophment produk kecantikan Martha Tilaar.

Acara yang diawali dengan tarian tradisional Betawi, kemudian peragaan terapi spa, berlanjut dengan sambutan sekaligus peresmian gunting pita secara bersama oleh Elphina Rolanda sebagai pemilik franchisee Martha Tilaar Day Spa Jatiwaringin dan Wulan Tilaar selaku Vice Chairwoman Martah Tilaar Group.

IMG_5203 Re

Perempuan dan Spa

Martha Tilaar Day Spa Jatiwaringin

Dengan luas bangunan 515 m2, oase rileksasi didesain dengan konsep tradistional to modern lifetyle. Tampilan budaya Betawi dengan perpaduan motif batik kawung. Ada motif pucuk rebung Betawi di area refleksi mengandung makna kesempurnaan, kenetralan jiwa dan pikiran serta pengendalian diri.

Fasilitas yang ditawarkan terdiri dari ruang salon, area reflkesi, 8 ruang perawatan single spa, 4 ruang perawatan wajah dan area jamu bar.

Pada pembuka acara, ada peragaan dan testimoni Candle Massage, salah satu jenis perawatan untuk menghilangkan kepenatan sekaligus memberi kelembaban ekstra pada kulit.

IMG_5235 Re

Martha Tilaar Salon dan Day Spa Jatiwaringin

Ketika menelusuri satu per satu ruangannya. Terlihat jelas detail dan makna dari setiap desain interior yang digunakan. Bangunan ini terdiri dari dua lantai, lantai bawah, bukan menggunakan lantai keramik, tetapi ubin jaman dahulu, yang mmengingatkan saya pada rumah di kampung dulu. Belum lagi dengan ukiran dan hiasan kayu yang membuat mata adem.

Pada lantai bawah ada resepsionis dan administrasi, ruang salon, ruang rileksasi dan tea bar. Menuju lantai dua, kita menelusuri ruang spa yang tertata apik dengan bilik-bilik kayu yang kokoh dan menarik.

Perpaduan tradisional dan modern sangat terlihat jelas dan penuh makna. Tidak heran kalau yang datang ke sini akan nyaman dengan suasana ruangannya yang asri dan teduh. Apalagi para terapisnya ramah dan senyum manis, maka akan membuat betah para pelanggan.

Perempuan dan Spa

Perempuan dan Spa

Ada hal yang menarik ketika diskusi mengani spa dan bisnis. Wulan Tilaar menyebutkan manfaat spa sebagai perawatan yang holistik atau menyeluruh. Ada enam sentuhan indra pada spa, yaitu indra mata, hidung, telinga, lidah, kulit dan otot.

Berkenaan dengan bisnis, Olla, menjelaskan bahwa pangsa pasar dari tempat salon dan day spa miliknya adalah para ibu muda. Sebagai ibu muda, Olla merasakan sendiri akan manfaatnya salon dan spa. Oleh karena itu, dia memilih bisnis spa sesuai dengan passionnya dan sebagai kepuasan atau kebahagiaan ketika pelanggannya, para perempuan yang tersegarkan atau fresh ketika keluar dari salonnya.

Demikianlah, sangat menarik bila memerhatikan perkembangan perawatan kecantikan. Bila mengikuti rangkaian tradisi sejak dulu, maka perawatan kecantikan tak akan lekang oleh masa. Begitu pula dalam bisnis perawatan kecantikan, pelaku bisnis akan terus berkembang dan bermunculan. Saya sebagai yang dekat dengan Martha Tilaar Day Spa Jatiwaringin, semoga bisa berkesempatan menikmati fasilitasnya.

 

Advertisements