Tags

, , , ,

Ketika anak-anak bermain di luar, seringkali para orangtua khawatir akan keberadaan anak serta pergaulannya. Keterbatasan ruang publik di ibukota, menjadi kekhawatiran tersendiri bagi orangtua dalam permainan dan pergaulan anak. Kekhawatiran tersebut akan berkurang, ketika sejak beberapa tahun lalu pemerintah sudah mencanangkan Kota Layak Anak. Hal ini sangat penting bagi tumbuh kembang dalam lingkungan, maka kebijakan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) bisa menjadi salah satu alternatif dalam membangun Kota Layak Anak.
image

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA)

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) merupakan area yang khusus diperuntukkan bagi anak-anak. Sebagai salah satu wujud dari kota layak anak, pemerintah provinsi DKI Jakarta mengembangkannya pada RPTRA.

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak sendiri sudah ditetapkan pada Peraturan Gubernur DKI Jakarta, Pasal 196 Tahun 2015. Pada penetapan tersebut, bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen untuk menjamin terpenuhinya hak anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan perpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi perlu dibangun Ruang Publik Ramah Anak sebagai upaya mendukung Jakarta menjadi Kota Layak Anak.
image

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) memiliki fungsi sebagai taman terbuka publik, wahana permaianan dan tumbuh kembang anak, prasarana dan sarana kemitraan antara Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam memenuhi hak anak. RPTRA juga sebagai bagian dari prasarana dan sarana Kota Layak Anak, ruang terbuka hijau dan tempat enyerapan air tanah, prasaran dan sarana kegiatan sosial warga termasuk pengembangan pengetahuan dan keterampilan Kader PKK, usaha peningkatan pendapatan keluarga, pusat informasi dan konsultasi keluarga, halaman keluarga yang asri, teratur indah dan nyaman, dan sebagai sistem informasi manajemen.
image

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah memilih pembangunan RPTRA dengan mengutamakan di wolayah padat penduduk, terutama pemukiman warga miskin. Area yang dibangun memiliki fungsi beragam berperan juga sebagai community center bagi masyarakat sekitar.

Blibli.com Ber-CSR dengan Bangun RPTRA

RPTRA dibangun oleh Pemerintah Daerah dan dikelola kemitraan dengan masyarakat untuk kepentingan publik yang multifungsi. Dalam pembangun RPTRA, Blibli.com turut membangun RPTRA melalui dana CSR. Mall online ini telah menyumbangkan 4 RPTRA di wilayah DKI Jakarta, dan menjadi satu-satunya perusahaan swasta e-commerce yang melakukan kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk menyediakan RPTRA.
image

Empat RPTRA itu adalah RPTRA Krendang (Tambora), Kedoya Utara (Kebon Jeruk), yang telah diresmikan 3 Februari 2016 lalu. Kali ini RPTRA Pulo Gundul (Kelurahan Tanah Tinggi, Jakarta Pusat) dan Meruya Selatan (Kembanga, Jakarta Barat), yang peresmiannya dipusatkan di RPTRA Pulo Gundul.

Kamis, 17 Maret 2016, saya berkesempatan untuk melihat peresmian Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Pulo Gundul. Acara yang diresmikan langsung oleh Basuki Tjahya Purnama ini   dihadiri oleh masyarakat dari berbagai jenjang usia.

Sumbangan berupa pembangunan RPTRA oleh Blibli.com sebagai bentuk dukungan untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota Ramah Anak, sekaligus menyediakan ruang interaksi masyarakat ibukota. Demikian kata Kusumo Martanto, CEO Blibli.com.
image

Bukan hanya sebagai tempat pendidikan anak dan interaksi orangtua dan anak, RPTRA juga bisa menjadi tempat perkembangan ekonomi dengan menjadi tempat penjualan produk-produk PKK dan penyaluran bahan pokok yang terjangkau oleh masyarakat. Lanjut Kusumo.

RPTRA ini memiliki fasilitas Aula Serbaguna Terbuka, lapangan olahraga, Taman Hati PKK (Taman Toga), ruang laktasi (ruang menyusui), PKK Mart, perpustakaan, pantry, toilet umum dan difable, taman interkasi, taman anak, amphiteater, ruang terbuka hijau, wifi untuk mengakses internet, resapan air dan koposting (tempat pemilahan samph).

Saya sendiri berkeliling RPTRA, dengan manyaksikan masyarakat yang berinteraksi dan bergembira. Tidak berlebihan bila RPTRA bisa menjadi ruang pertemuan warga juga, demikian yang diharapkan oleh Ahok, Gubernur DKI Jakarta.

Kehadiran RPTRA sangat berguna sebagai ruang pertemuan dan interaksi masayarakat dari anak-anak sampai orangtua. Semoga RPTRA ini bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Advertisements