5 Cara Ridwan Kamil Kembangkan UKM Bandung

Berkembangnya UKM tidak lepas dari kreatifitas dan produktivitas dalam mengolah produk dan manajemen bisnis. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan diri, apalagi derasnya usaha dari pemerintah untuk membantu pengembangan para UKM dalam bisnisnya. Salah satunya dengan pemanfaatan Gedung Smesco KUKM untuk menjadi fasilitas galeri sekaligus tempat wadah inkubator bagi para UKM.

Pelatihan dan workshop bagi para UKM akan turut serta membantu pengembangan bisnis mereka. Hal tersebut tentu disertai dengan ketelatenan pemerintah dalam membimbing masyarakat UKM. Bukan hanya sekedar menjalankan program, tetapi bisa berhasil sukses, atau setidaknya naik tingkat level sertifikasi dari kurang layak menjadi layak.
image

Peran serta pemerintah ini, terutama Kementrian Koperasi dan UKM hendaknya tersinergikan dengan garis kementrian lainnya yang berkaitan dengan bisnis, serta peran dari pemerintah daerah sendiri yang mengawal masyarakatnya dalam berbisnis.

Ahad, 28 Februari 2016, saya berkesempatan datang ke Smesco, Galeri Indonesia Wow. Sudah jauh hari saya mendengar ada Kang Emil bakal hadir di Smesco dengan pasukan UKM Bandung. Saya sebagai orang Sunda, jadi penasaran dan ingin melihat, mencoba, kalau bisa mah membeli hasil UKM warga Bandung.
image

5 Cara Ridwan Kamil Kembangkan UKM Bandung

Ridwan Kami, Walikota Bandung, telah berhasil memudahkan dan mempromosikan UKM Bandung. Saya sendiri mendengar kabar Kang Emil mempermudah para UKM sudah lama dari teman-teman enterpreneur yang tinggal di Bandung. Kabar tersebut semakin diperkuat dengan membaca beberapa berita dari media portal.

Ada beberapa inovatif yang dilakukan oleh Ridwan Kamil dalam memudahkan administrasi perijinan dan mempromosikan produk para UKM.

1. Gampil (Gadget Mobile Application for Licence).

Para pengusaha UKM tidak perlu khawatir dengan ijin usaha yang ribet administrasi, karena Pemda Kota Bandung sudah mempermudahnya dengan cukup memberitahu usahanya ke Pemda Kota Bandung, maka keluar tanda daftar usaha kecil atau mikro, langsung bankable untuk skema KUR. Proses pengeluaran ijin usaha ini cukup lewat handphone, ternyata memang benar-benar Gampil pisaaaaan. :).

Program Gampil ini memberikan proteksi dan pemberdayaan potensi ekonomi lokal bagi warga Kota Bandung. Hanya dengan keyword Gampil di Playstore, warga yang memiliki KTP Bandung bisa mengunduh aplikasi dan daftar ijin usaha. Gampil, khusus buat warga ber-KTP Bandung.

2. Program Melati (Melawan Rentenir).

Sering kita mendengar kalau para pengusaha kecil itu banyak yang terjebak oleh para rentenir. Usaha kecil dengan modal pas-pasan, tentu peluang ruginya banyak. Solusi yang sering diambil dengan bayaran nyicil, biasanya terpaksa ke rentenir. Keadaan yang miris tapi klasik, karena sudah lama hal tersebut terjadi. Program Melati ini sangat bermanfaat bagi pengusaha kecil yang sering kekurangan modal usaha.

3. Creatif Center.

Wadah para UKM Bandung dalam mensinergikan kreativtas usahanya. Saya sendiri melihat usaha UKM Bandung banyak dalam hal kreativitas, mulai dari makanan, pakaian sampai tempat usaha.

Creatif Center ini akan dilengkapi fasilitas yang mendukung kreativitas. Ya iyalah, hehehe… biar UKM Bandung makin kreatif. Gedung ini rencananya akan dilengkapi dengan workshop, bioskop, perpustakaa dan studio. Ada innovation center, alat-alat berat seperti laser dan printer 3D untuk contoh model produk. Semoga dengan adanya creatif center, sinergi UKM Bandung bisa membahana ke mancanegara.

4. Program Little Bandung.

Program Little Bandung sebagai salah satu program strategi pemasaran UKM Bandung go internasional.

5. Ridwan Kamil Promosikan UKM Bandung.

Ridwan Kamil turut mempromosikan UKM Bandung. Sebagai walikota, Kang Emil sudah seperti brand ambassador para UKM Bandung. Dia tampil di depan umum untuk mengenalkan produk-produk UKM.

Seperti Sabtu, 28 Februari 2016, Ridwan Kamil hadir sebagai promo galeri UKM Bandung di Smesco. Bukan hanya bicara UKM, tetapi langsung membawanya untuk ke buyer. Salut dan keren atas kebijakan kepemimpinannya dalam kembangkan UKM Bandung.

Menarik bila memerhatikan poin-poin dari kebijakan pemerintah daerah Kota Bandung. Kebijakan lahir berdasarkan fenomena dan budaya sosial warga Bandung, sehingga dari kebijakan tersebut diharapkan dapat mampu mengangkat masyarakat Bandung memiliki ekonomi yang baik dan sejahtera.

Membangun Mental UKM yang Kuat dan Tangguh

Ketika pemerintah sudah melahirkan banyak kebijakan dan berusaha merealisasikan program-programnya, alangkah senangnya bila bersambut dengan semangat para UKM untuk maju. Hal tersebut yang menjadi titik acuan adanya seleksi dan kualitas UKM.
image

UKM yang memiliki semangat dan siap maju, maka dalam proses perjalanannya akan ditempa berbagai tantangan sehingga dapat dilihat dari kualitasnya. Demikian kata Anto Surnoto, Kurator UKM.

Perjalanan menjadi UKM sukses, dan lepas dari level UKM menjadi pebisnis, hendaknya dimulai dengan kesiapan mental para UKM. Dalam berusaha, para UKM bukanlah superman, yang mampu mengerjakan semua sendiri. Dari mulai produksi, promosi, marketing sampai keuangan. Karena kalau semua dikerjakan sendiri bakal tidak fokus, dan akan kecapaian sendiri. Maka, buatlah tim paling banyak 5 orang, kemudian pembagian tugas sesuai dengan skillnya masing-masing. Ujar Pak Anto.

Talkshow bersama kurator UKM dan Direktur Smesco pada tahap berikutnya semakin menarik. Blogger dianggap pula sebagai UKM, yang mempublikasikan hasil karya lewat media sosial blog atau website. Smesco selalu terbuka bagi para UKM, baik sebagai meeting, office, pelatihan, maupun inkubator UKM. Bukan hanya itu, setiap bukannya akan selalu ada event Untuk mengenalkan dan mengembangkan UKM.

Advertisements

4 thoughts on “5 Cara Ridwan Kamil Kembangkan UKM Bandung

Add yours

  1. Salam kenal dg MJA Agency »Hanya sdkt menambahkan article @yulmasi dan msh banyak ref article (dalam/luar) sbg bahan pembelajaran buat saya juga »»Merintis sebuah perusahaan (startup) bagi kebanyakan orang mungkin tidak semudah yang dibayangkan, terlebih bagi mereka yang belum pernah memiliki pengalaman mendirikan sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan harus memiliki tim yang kuat dan bisa bekerjasama untuk mencapai tujuan perusahaan. Ada 3 tim utama yang dapat memperkuat posisi perusahaan yang baru dirintis dan biasa disebut juga sebagai The Startup Triangle Team, yaitu:

    #Hustler
    Istilah bagi seseorang dalam sebuah perusahaan yang memiliki tanggung jawab untuk menjalankan bisnis. Perusahaan (startup) tidak selalu di identikan dengan pengembangan teknologi baru. Membangun sebuah startup juga harus memiliki landasan bisnis yang kuat. Landasan bisnis yang kuat akan membuat sebuah perusahaan bertumbuh dan dapat mencapai visi misi dengan cepat. Seorang hustler harus fokus kepada market dan harus mengetahui apa yang diinginkan oleh market (pasar atau calon pelanggan). Untuk memulai sebuah startup, seorang hustler harus fokus kepada beberapa hal berikut

    Customer Development

    Seorang Hustler harus bertemu dan berbincang langsung dengan calon pelanggan untuk menggali informasi tentang apa yang dibutuhkan oleh mereka, apakah mereka benar-benar membutuhkan produk dari perusahaan kita atau tidak.

    Product Management

    Masukan-masukan dari beberapa calon pelanggan sangat penting dan merupakan langkah yang paling efektif untuk memulai mengembangkan suatu produk.

    Selling

    Menjual suatu produk. Apabila produk tersebut berbasis consumer, kita harus mulai mencari investor untuk melakukan fundraising. Kita harus dapat menjual ide dan mulai menawarkan kerjasama dengan beberapa calon investor.

    Blogging

    Menuliskan beberapa masalah melalui blog startup kita tentang masalah atau hal-hal yang sedang terjadi, dengan startup kita, solusi apa yang bisa ditawarkan dan memaksimalkan social media untuk membangun channel. Dengan cara tersebut dapat meningkatkan brand startup kita.

    Recruiting

    Startup yang sudah mulai bertumbuh harus mulai memikirkan untuk menambah SDM dengan skill yang dibutuhkan, pastikan juga bahwa mereka memiliki passion, kemauan untuk belajar, dan dapat beradaptasi dengan cepat. 

    #Hipster
    Sebutan lain dari seorang designer yang juga berperan sangat penting dalam sebuah startup untuk menciptakan sebuah design atau kemasan yang dapat meningkatkan citra sebuah perusahaan. Hipster wajib memiliki passion di bidang creative design dan juga dapat menerjemahkan keinginan pelanggan kedalam sebuah bentuk user experience suatu produk.

    Adapun beberapa hal yang cukup penting untuk diperhatikan oleh seorang hipster, diantaranya adalah:

    Product Design

    Hipster harus bekerjasama dengan hustler untuk menentukan dan mendesain fitur-fitur apa saja yang akan disajikan kepada pelanggan, dengan membuat sebuah mockup atau design versi awal.

    Landing Page

    Sebuah tampilan yang dapat digunakan untuk memvalidasi ide, menerangkan apa yang sedang dilakukan, dan meng-grab customer potensial. Landing page harus memiliki product description, tampilan yang menarik, blog atau link social media, form registrasi untuk meng-grab data pelanggan.

    Design Testing

    Pasanglah mockup dari product design yang telah dibuat kedalam sebuah landing page untuk dapat melakukan testing, sekaligus mempresentasikan landing page kepada calon customer untuk mendapatkan feedback.

    Branding

    Salah satu hal yang sangat penting juga adalah penentuan brand dari startup kita supaya lebih mudah dikenal oleh banyak orang. 

    #Hacker
    Komposisi terakhir adalah tim yang sering disebut sebagai seorang Hacker, bertugas menangani hal-hal yang berkaitan dengan teknologi. Seorang hacker biasa disebut juga sebagai programmer. Seorang Hacker yang baik harus mampu berkomunikasi dengan baik. Seorang hacker memiliki tanggung jawab pada sebuah produk. Tugas utamanya adalah fokus terhadap produk yang akan atau sudah dipasarkan.
    STARTUP, THE STARTUP TRIANGLE TEAM @hanafiah_hakim

    Like

  2. kalo saya perhatiin, sebenarnya yg dibutuhkan untuk UKM itu pelatihan marketing, saya liat banyak yg produk bagus dan inovatif tapi marketingnya memble, ujung2nya malah bangkrut

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: