Tags

, , , , ,

Anak-anak dan remaja menjadi calon generasi pemuda, yang harus memiliki bimbingan dan arahan dari keluarga dan para guru. Pemuda merupakan generasi penerus bangsa. Pada setiap generasinya, merekalah bakal pemimpin dan pengusaha Indonesia yang akan datang.

Kiprah dan kreativitas pemuda Indonesia dalam berbisnis tidak dapat diragukan lagi. Mereka kreatif dan inovatif. Di era digital sekarang ini, para pengusaha muda Indonesia berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Namun demikian, para remaja Indonesia tetaplah harus dibimbing dan diarahkan dalam meraih cita-cita dan mimpinya.
image

Remaja Menjadi Sounds Of UKM

Sabtu, 13 Februari 2015, saya terkagum dan antusias dengan para remaja yang memenuhi Gedung Galeri Indonesia Wow, kawasan Smesco, Kementrian Koperasi dan UKM. Para remaja ini asik menyimak dan memerhatika para musisi Indonesia, yang tampil sekaligus mengajak para remaja yang berminat main musik untuk mulai mengembangkan karir bersama mereka.
image

Gedung Galeri Indonesia Wow merupakan tempat transaksi jual beli para UKM di seluruh Indonesia, sekaligus galeri mereka dalam menyajikan produk-produk andalan dari berbagai daerah di Indonesia. Dari mulai makanan dan minuman, aksesoris, pakaian, peralatan rumah tangga, sampai ke peralatan musik.

Saya sendiri terkagum-kagum dengan produk-produk para UKM yang sangat keren. Dengan kualitas yang bagus dan karya yang luar biasa, produk-produk UKM Indonesia ini layak kita pergunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satunya musik. Para pengusaha Indonesia yang bergerak dalam bidang musik, mereka membuat alat musik dengan bersumber dari sumber daya alam dan sumber daya manusia Indonesia. Kualitas yang ditawarkan oleh para UKM Musik Indonesia ini tidak kalah dari produk luar negeri.

Sebagaimana yang kita tahu, bahwa masyarakat Indonesia sendiri tidak lepas dari musik dan kesenian. Hal tersebut dapat kita saksikan dengan banyaknya ragam kesenian dan musik daerah di Indonesia. Belum lagi dengan akulturasi seni dan budaya sehingga menghasilkan kesenian baru yang unik dan menarik.
image

Jumat-Sabtu, 12-13 Februari 2016, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP KUKM) menggelar event “SMESCO Sound Project.” Event ini melibatkan oleh kalangan generasi muda, perempuan dan netizen. Mereka dilibatkan langsung dalam kewirausahaan, khususnya industri kreatif dan mini exhibition yang menampilkan produk-produk UKM.

Memasuki gedung Smesco, Galeri Indonesia Wow, saya sangat bangga karena banyak kalangan muda yang hadir dan terlibat pada komunitas kreatif. Mereka bercanda dan bercengkrama sambil melihat-lihat booth yang memamerkan produk para UKM Indonesia. Banyak pemusik terkenal yang hadir, di anataranya Wong Aksan, dan bandnya. Mereka tampil dengan alat musik seperti gitar. Para pemusik ini memperkenalkan alat musik mereka sebagai produk lokal, yang berbahan dasar dari pohon yang tumbuh di Indonesia. Mereka menggunakan pohon mati, bukan dari pohon yang ditebang.
image

Demikianlah, selain pengenalan musik dan jenisnya. Ada penjelasan dan edukasi akan produk-produk seni yang dihasilkan oleh para UKM Indonesia. Tanpa mengurangi kualitas, mereka tetap mengedepankan cinta tanah air dengan menjelaskan produk bukan dari hasil eksploitasi sumber daya alam Indonesia.

Naik ke lantai dua, saya semakin terkagum dengan para remaja yang membuka stand makanan di seputaran panggung. Para pelajar ini tak ragu menawarkan produk dagangannya kepada para pengunjung. Mereka tersenyum dan menyapa kami dengan ramah.

Di sini pun tak kalah serunya dengan penampilan para remaja dan antusiasme remaja lainnya dalam mengikuti acara. Saya sendiri menikmati musik tersebut, kadang sesekali telapak kaki turut menghentak mengikuti irama musik yang atraktif. Jeritan dan antusiasme para remaja membuat saya senang, dan kembali merenungkan, betapa mereka hadir dengan keaktifan dan kreatifitas yang harus dibimbing dan diarahkan.
image

Remaja dalam kiprah UKM menjadi tugas kita bersama. Bukan hanya tugas para remaja sendiri dalam menemukan cita-cita dan giat usaha, tetapi ada peran keluarga, guru, pendidik, pemerintah dan lingkungan masyarakat sekitar yang mendukung,  membimbing dan mengarahkan keinginan dan cita-cita para remaja, generasi muda Indonesia. Semoga remaja menjadi sounds of UKM di masa yang akan datang.

Advertisements