Tags

,

Yakin. Itu menjadi awal dalam memilih suatu keputusan yang diambil. Salah satunya mengambil investasi keuangan. Ada banyak tawaran investasi, tentunya kita, eh saya bisa pusing sendiri dari berbagai tawaran investasi yang datang dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan. Namun demikian, saya akan memilih investasi sehat, investasi yang halal dan legal.

Bagi saya, tidak mudah untuk menetapkan suatu keputusan dalam pengelolaan rezki, karena saya harus paham proses dan alurnya sehingga dalam pemanfaatannya aman dan berkah. Apalagi dengan berbagai pemberitaan tentang investasi bodong beberapa tahu terkahir ini yang membuat saya semakin waspada dengan berbagai bentuk investasi.
image

Setelah melalui proses pengamatan, hal yang pertama saya perhatikan kehalalan, baik produk maupun transaksi. Kedua, keamanan investasi secara legal dengan pengawasan langsung dari OJK. Dari berbagai sudut tersebut, maka akan membantu sebagai referensi dalam keyakinan memilih investasi.

Investasiku Masa Depanku (IMD)

Sabtu, 23 Januari 2014, Investasiku Masa Depanku, salah satu program investasi telah  diluncurkan oleh Danareksa Investment Management di Terrace Restaurant, Senayan National Glof Club. Program yang akan membantu untuk mewujudkan kebutuhan masa depan, dari mulai dana pensiun, dana pendidikan, dana perjalanan ibadah dan lain-lain. limage

Yoga, salah satu olahraga yang menjadi kegiatan awal dalam peluncuran Investasiku Masa Depanku. Hujan yang mengguyur Jakarta sejak dini hari tak menghalau para emak dari Kumpulan Emak-emak Blogger untuk hadir pada acara tersebut. Hujan, menjadi awal hari yang penuh keberkahan. Dan, memulai hari dengan olahraga bisa menjadi salah satu investasi kesehatan untuk memperoleh tubuh yang sehat. yimage

Pengenalan investasi tidak hanya dengan berolahraga, setelah sesi Yoga, kita juga bisa konsultasi financial atau keuangan sehingga dapat menentukan jenis investasi apa yang kita inginkan dan butuhkan. Ada #PensiunAsik, #PendidikanAsik, #LiburanAsik dan #InvestasiAsik.

Iya, dari sini kita bisa mengetahui, sebenarnya apa yang kita butuhkan dalam berinvestasi? Apakah pensiun, pendidikan, liburan atau ibadah haji dan umrah? Dengan mengetahui tujuan dari yang kita inginkan, maka dalam menjalankannya pun tidak akan menjadi beban berat karena sudah memiliki tujuan dalam berinvestasi.

Saya sendiri berkonsultasi akan keuangan dengan mengunjungi setiap booth. Maka, menjadi titik terang akan tujuan dan jenis investasi yang akan saya pilih. Salah satu pilihannya, Investasiku Masa Depanku. Investasiku Masa Depanku adalah program investasi bulanan dari Rp.200.000/bulan di Reksa Dana saham dan campuran yang dikelola oleh Danareksa Investment Management (DIM). Bentuk investasi berkala ini berupa transfer berkala melalui rekening bank, langsung ke jenis reksa dana yang kita pilih. pimage

Untuk mengetahui lebih lanjutnya tentang investasi, hadir para narasumber keuangan dan yang berpengalaman dalam pengelolaan keuangan dengan menggunakan investasi, yaitu Wiko Hariwanata sebagai penulis buku keuangan, Pryta Gozie sebagai konsultan keuangan dan Farhan sebagai artis.

Talkshow yang dipandu oleh Prabu Revolusi ini sangat menarik dan interaktif. Para pembicaranya berbicara dengan lugas dan cerdas, dan menekankan dengan kalimat yang bisa menjadi inspirasi dalam pemilihan suatu keputusan transaksi.

Pahamilah yang Anda beli. Belilah yang Anda paham.

Untuk investasi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu sisihkan uang dan waktu. Demikian kata Wiko Hariwinata. Dalam berinvestasi, kita bukan menyisakan uang, tetapi menyisihkan uang. Jangka waktu yang dipilih pun sebaiknya panjang, karena jangka waktu yang panjang, maka akan semakin bagus.

Ada 4 jenis jangka waktu minimal investasi Reksadana, yaitu: pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan saham.

Pryta Gozie menekankan bahwa investasi bukan tujuan keuangan, tetapi investasi adalah kendaraan. Oleh karena itu, di antara manfaat dari investasi:

  1. Men-secure atau sebagai pengamanan agar sejahtera di masa depan.
  2. Menjadi memiliki kemampuan dalam mengatur hidup.
  3. Dapat merancang hidup.

Investasi dapat membantu dalam pembiayaan kesehatan. Demikian kata Farhan. Dia memiliki anak yang berkebutuhan khusus, yang kapan saja bisa membutuhkan biaya untuk keperluan anaknya. Dia menetapkan kepada istrinya untuk investasi uang Rp.2,5 juta per minggu, khusus untuk kebutuhan anaknya yang ABK.

Ada tips yang Farhan pesankan bagi orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Pertama,  mendaftar asuransi untuk mengcover kesehatan anaknya. Kedua, konsultasikan semua keadaan anak dengan jujur. Ketiga, bila asuransi satu menolak, jangan putus asa untuk mendaftarkannya pada ausransi lain. Keempat, menabung atau investasi khusus untuk anak sebagai alternatif sekaligus dana utama untuk kesehatan anak.

Saya sangat tertarik dengan pengalaman Farhan, bahwa investasi yang dia dan keluarganya lakukan bukan hanya untuk kesehatan keuangan atau memenuhi keinginan hidup, tetapi sebagai usaha untuk pembiayaan kesehatan anaknya. Saya akan menyebutnya sebagai investasi sehat, investasi untuk kesehatan.

Sangat menarik menyimak para pembicara dan interaksi dengan para peserta. Saya menemukan hikmahnya bahwa investasi sebagai salah satu usaha untuk mencapai cita-cita yang diinginkan atau tujuan yang diharapkan. Ada banyak keinginan manusia yang tanpa batas, maka untuk memenuhinya dengan berlatih mempersiapkannya tahap demi tahap, salah satunya investaimage

si.

Memiliki masa depan cerah sudah tentu menjadi cita-cita dan harapan semua orang. Memiliki kebebasan finansial di masa depan dinilai sebagai faktor utama yang dianggap cukup menentukan tingkat kebahagiaan seseorang, terlepas dari apa pun profesinya.

Hal tersebut menginspirasi Danareksa Investment Management (DIM) bekerjasama dengan Danareksa Research Institut (DRI) melakukan survei dan merilisnya tahun lalu, November 2015. Berdasarkan hasil survei tersebut, DIM menawarkan solusinya dengan menawarkan program Investasiku Masa Depanku. Sebuah perencanaan investasi dalam persiapan dana pensiun. Demikian kata Prihatmo Hari Mulyanto, Direktur Utama DIM.

Demikianlah. Investasiku Masa Depanku, salah satu program untuk keberlanjutan dalam meraih impian dan menuju masa depan yang tenang. Untuk lebih lengkapnya bisa di lihat pada website, http://reksadana.danareksaonline.com.

 

Advertisements