Tags

, ,

Musik. Hiburan yang selalu saya dengar ketika melakukan berbagai aktivitas. Saya menyukai berbagai jenis musik, dari musik klasik, musik tradisional, musik pop, musik rock, sampai musik dangdut.

Mood Music

Dalam mendengarkan musik, saya termasuk yang bisa menerima semua jenis musik dan lagunya. Tapi tak jarang juga saya mendengarkan jenis musik tertentu, dan biasanya tergantung dari suasana emosi, atau mood. Bisa dikatakan sebagai Mood Music.

image

Kalau sedih atau kecewa, saya akan memilih musik yang ceria atau bisa bergoyang sekalian, maka musik dangdut atau rock bisa menjadi salah satu pilihan. Saya juga sangat suka musik tradisional dan klasik. Meski seperti terkesan jadul, musik tradisional dan klasik menjadi favorit saya ketika bekerja. Musik ini menemani aktivitas menulis atau ngeblog. Saya memilih lagu pop untuk hiburan bila di kendaraan. Musik pop ini sangat asik untuk menemani perjalanan. Namun tak jarang saya mencampurkan semua musik dalam satu aktivitas, sehingga bisa gonta ganti musik.

Pernah suatu ketika saya terpapar dengan suasana emosi yang labil dan gelisah, kadang saya juga memilih lagu-lagu mellow atau sedih. Tadinya sih buat menghibur, tetapi pernah ketika sedang sedih mendengar lagu-lagu yang liriknya sedih, saya malah nangis. Sejak itu saya jarang mendengarkan musik mellow atau galau, saya memilih lagu ceria. Untungnya, suasana emosi demikian tidak lama, sehingga saya bisa menikmati berbagai jenis musik dan lagu.

RBT, Ring Back Tone

image

Mendengarkan musik dengan asik dan praktis, salah satu caranya dari handphone melalui layanan nada tunggu atau Ring Back Tone (RBT). Cukup dengan sms atau ketik layanan RBT sesuai operator masing-masing, maka kita dapat menikmati lagu sesuai yang kita suka.

RBT pernah menguasai industri musik Indonesia. Bisnis RBT menjadi tambang emas bagi record label maupun operator mobile. Pendapatan dari layanan nada sambung pribadi ini diperkirakan naik beberapa kali lipat.  Namun sayang, prjalanan industri RBT ini ada yang menyalahgunakannya dengan kasus pencurian pulsa.

Pada tanggal 18 Oktober 2011, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTP) mengeluarkan Surat Edaran 177/BRTI/X/2011 yang mengimbau seluruh operator seluler menghentikan sementara konten premium berlangganan karena ramainya kasus pencurian pulsa.

Namun demikian, RBT masih dipilih oleh para pecinta musik Indonesia. Setelah diundangkannya UU Hak Cipta, musik digital kembali bangkit. Perusahaan-perusahaan rekaman (label) pun mulai bergairah lagi menyambut bisnis digital dan menggandeng sejumlah operator telekomunikasi.

RBT Mood Music XL

XL, salah satu operator telekomunikasi yang turut mengembangkan musik digtal RBT.Selasa, 12 Januari 2016, bertempat di XL Center Senayan City, Jakarta, meluncurkan konsep RBT Mood Music.

Layanan nada tunggu XL Mood Music sebagai layanan yang mana pelanggan dapat mengekpresikan mood atau perasaannya melalui musik nada tunggu langsung dari ponsel.

Era digital telah melahirkan berbagai pelayanan produk layanan digital yang bersifat entertainment, namun tetap saja pelanggan mencari RBT sebagai status pada penanda nada tunggu telepon. Demikian kata M.A.Ali, Chief Revenue Management Officer XL.

Berdasarkan penelitian yang menunjukkan bahwa RBT masih banyak peminatnya, maka XL menghadirkan RBT dengan konsep Mood Music. Untuk keamanan, XL memberi jaminan keamanan melalui informasi yang jelas untuk tarifm periode dan benefit berlangganan di awal. Dengan menerapkan kebijakan double confirmation untuk memastikan pelanggan yang memutuskan apakah dia berlangganan atau tidak. Tidak hanya itu, XL juga memberikan informasi berkala melalui notifikasi mengenai cara penggunaan dan status layanan MoodMusic yang aktif.

Layanan ini ditawarkan dengan mekanisme berlangganan. Selama masa promo berlaku gratis 30 hari pertama untuk pelanggan MoodMusic. Setelah masa promo berakhir, pelanggan bisa memilih tarif bulanan Rp.11.000/30 hari atau minggu Rp.5500/7 hari. Semua pelanggan XL, pra bayar dan pasca bayar dan AXIS bisa mendapatkan layanan baru ini, dengan menekan *123*555#.

Ada banyak musik dan lagu pilihan yang dapat kita dengar. XL bekerjasama dengan Real Network Indonesia dan sejumlah perusahaan Labe Musik sebagai penyedia konten.

Dengan demikian, kita sebagai pelanggan bisa menikmati RBT MoodMusic XL dengan asik, dimana saja dan kapan saja waktunya. Selamat mendengarkan musik 🙂

Advertisements