Tags

, ,

Tahun 2016, Indonesia memasuki era fourth-generatioan technology, atau sering disebut dengan 4G, generasi keempat jaringan nirkabel untuk komunikasi mobile ataupun telepon seluler. Apa itu teknologi 4G? dan apa manfaatnya bagi kita?

Spesifikasi 4G

Sistem 4G ini menyediakan jaringan komunikasi yang komprehensif dan aman dengan kecepatan data yang jauh lebih cepat daripada sebelumnya, 3G dan 2G. Adapun standar 4G sendiri ada yang menggunakan standar WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Acces) dan LTE (Long Term Evolution).

Standar WiMAX merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar atau BWA (Broadband Wireless Access). Standar ini berkembang sejak tahun 2006 di Korea Selatan. Adapun LTE adalah sebuah standar komunikasi nirkabel yang berbasis jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSDPA. Layanan data ini dimulai pada tahun 2009 di Swedia. Layanan data ini dikenal dengan 4G LTE.

Indosat 2

Manfaat Akses Teknologi 4G

Saya sendiri mengenal 4G sejak tahun lalu, jaringan yang membantu saya dalam berkomunikasi melalui layanan data. Sekarang, dalam berkomunikasi, saya lebih banyak menggunakan layanan aplikasi data, seperti WA, sms, facebook dan twitter. Hal tersebut tentunya membutuhkan layanan data internet yang cepat, dan jaringan 4G secara spesifikasi menyediakan layanan data dan kecepatan transfer data yang tinggi.

Perkembangan teknologi telah mempermudah kita juga dalam mencari informasi. Saat ini, bukan hanya komunikasi yang dengan mudah kita lakukan melalui telepon seluler, tetapi dalam mencari data informasi, baik teks, gambar, audio maupun video.

Sebagai writerpreneur, yang bergerak dalam berbagai layanann penulisan, layanan data sangatlah penting bagi saya. Pekerjaan saya berkaitan juga dengan internet, dalam beraktivitas sebagai blogger, buzzer dan content writer terkoneksi langsung dengan internet. Dengan penerimaan yang lebih baik, aliran transfer data lebih stabil serta pertukaran informasi lebih cepat, maka akan mempermudah kami dalam bekerja dan beraktivitas.

4GPlus Indosat Ooredoo

Tahun 2015, tepatnya Senin, 30 November, Indosat Ooredoo telah meluncurkan layanan internet 4G LTE dengan 4GPlus serentak secara nasional.  Indosat Ooredoo menggunakan kekuatan jaringan data dengan menggandakannya dan menghadirkan layanan internet 3GPP LTE tercepat. Dengan jaringan data tersebut, layanan 4GPlus aktif untuk dinikmati oleh para pelanggan, baik secara personal maupun bisnis.

Dengan kecepatan 185Mps dan memodernisasi infrastruktur, layanan 4GPlus Indosat Ooredoo telah tersebar pada 35 kota di Indonesia. Ada 10GB data kuota gratis yang dapat kita gunakan dengan jaringan 4G. Belum lagi kita dimanjakan dengan berbagai paket konten digital, seperti film-film terlaris, live video streaming dan penyimpanan data.

 

Indosat

Layanan 4GPlus Indosat Ooredoo bukan hanya pada kecepatan tinggi dan bandwidth besar, tetapi menawarkan kemudahan mengakses data tersebut. Demikian kata Alexander Rusli, Presiden Director dan CEO Indosat Ooredoo.

Sangatlah mudah mendapat upgrade kartu ke USIM 4GPlus, karena Indosat Ooredoo menyediakan mobile agents. Bagi yang memiliki kartu 4GPlus, terdapat paket gratis selama 30 hari sejak join. Ujar Fidesia Noor, Data Service Product Marketing.

Perkembangan teknologi telekomunikasi semoga menjadi salah satu alat bagi masyarakat Indonesia untuk motekar dalam mengembangkan kreativitas dan inovasinya, sehingga dapat berkompetisi dan bersinergi dalam membangun Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

 

 

Advertisements