Tags

, ,

Ketika akan membeli suatu barang, biasanya kita akan memilah dan memilihnya sesuai dengan harapan kita. Apalagi membeli mobil, maka proses penentuan pilihannya pun harus matang agar tidak kecewa dikemudian hari.

Tak jarang untuk membeli mobil kita membutuhkan referensi, baik dari keluarga, teman maupun orang lain. Bukan hanya itu, kita akan rajin melihat-lihat berita tentang otomotif. Karena bukan hanya memiliki, kita juga harus memahami akan isi body mobil.

Salah satu website yang dapat dijadikan referensi dalam melihat, memilih sekaligus membeli mobil adalah mobil123.com. Website ini menyajikan berbagai tulisan otomotif, sekaligus sebagai media penjualan dan pembelian mobil, baik mobil baru maupun mobil bekas.
image

Hal tersebut saya ketahui ketika mengikuti blogger gathering bersama mobil123 di Tartine Restaurant FX Senayan, Jakarta. Rabu, 4 November 2015, saya mengikuti acara tersebut. Area restaurant yang berada di lantai FB FX Senayan, mempermudah penemuan tempatnya.

Setelah registrasi, saya langsung ke dalam restauran. Para blogger sudah banyak yang ada di dalam ruangan. Ketika sudah menemukan tempat duduk dan menikmati segelas es teh manis, datang seorang gadis cantik berparas oriental, dia langsung memperkenal diri. Namanya PC Gan, dari Mobil123. Intonasi dialeknya masih terasa, tetapi saya sangat kagum dengan keramahannya.

Mbak PC memberi saya kartu nama, dan saya bengong ketika melihat nama yang tertulis di sana, bagaimana saya memanggilnya, karena pikiran saya terkoneksi pada PC komputer. Tetapi Mbak PC ini tetap ramah dengan kebengongan saya yang ternyata otomatis saya lontarkan. Duh, terasa dodol sekali saya, hehehe…

Ternyata, bukan hanya saya, tetapi Mbak PC mendatangi blogger satu per satu dengan saling berkenalan. Sesaat saya memerhatikan dan mengagumi tindakannya yang harus kenal satu per satu para blogger yang lumayan banyak.

Terlepas dari tugas atau bukan, tetapi hal tersebut menjadi cambuk bagi saya yang biasa cuek bebek, ternyata bersalaman dan bersilaturahmi satu dengan lainnyaa tidak berat dan tidak menghabiskan waktu lama. Oke, hal tersebut menjadi masukan dan pengingat bagi saya untuk menyapa atau menegur dengan siapa pun ketika kopdar.

Website Mobil123
Tak berapa lama acara pun dimulai. Pembawa acaranya sangat interaktif. Sejak awal acara, para blogger mendapat berbagai hadiah quiz tentang mobil123. Seru dan menyenangkan untuk sebuah pertemuan kopdar.

Website mobil123 merupakan salah satu portal otomotif. Ketika membuka websitenya, maka menu yang tersaji mobil bekas, mobil baru, motor, pasang iklan, berita mobil dan bantuan.

Adapun kolom ke bawahnya ada tipe penjual, merk mobil, transmisi, lokasi, tahun, warna, tipe iklan, harga dan kata kunci pencarian. Saat di rumah, saya mencoba website tersebut, karena siapa tahu suatu hari nanti saya ingin mendadak beli mobil dan langsung mencari website otomotif.

Ketika saya membuka websitenya dengan klik berbagai menu, sangat mudah dan lancar. Saya pun meluncur ke menu berita mobil. Beritanya sangat lengkap, bahkan sampai berita diecast mobil pun ada. Aih, saya yang memang sering nongkrongin gambar diecast mobil semakin asik.

Pada sesi diskusi, Mbak Shinta Ries, founther Blogger Perempuan memberi tips dalam berkendaraan, yaitu tidak menggunakan bahu jalan, tidak menggunakan lampu hazard kecuali ketika emergency dan tidak boleh menggunakan handphone, seperti menelepon atau sms.

Dengan demikian, mobil123.com menjadi portal jual beli kendaraan sekaligus share pilihan. Bahkan, ada kolom perbandingan, sehingga tatkala kita galau dalam menentukan pilihan, maka bisa membandingkannya secara data research.

Seo Sharing
Bagi para blogger, kita juga mendapat ilmu tentang Seo oleh Mas Rizky. Dalam paparannya, Mas Rizky menyebutkan matrik-matrik penting agar mendapatkan peringkat baik di Google.

Seo adalah search engine optimization. Dalam terjemahan Bahasa Indonesia menjadi optimisasi mesin pencari. Ada tiga hal yang ditekankan dalam membuat Seo, yaitu 1) sinyal dari pengguna. Salah satunya dengan relevansi antara judul dengan isi tulisan. 2) kualitas on page. Kualitas tulisan yang berguna bagi pembaca dan enak dibaca. 3) kulitas off page. Adanya vote dari blogger lain yang menunjukkan kualitas pada tulisan tersebut.

Adapun jumlah kata pada tulisan diusahakan minimal 500-1000 kata, lebih dari itu sangat baik. Adapun isi konten tersendiri sangat orisinal, yaitu bisa berupa hasil wawancara dan tulisan yang mudah dipraktekkan.

Dari berbicara otomotif, tips berkendaraan aman sampai seo sharing telah menambah wawasan dan pengetahuan. Dan bagi blogger, hal tersebut bisa di mix dalam tulisan otomotif yang asik dan menarik. Semoga kita semua mudah mempraktekkanya… Aamiin

Advertisements