Tags

, , , ,

Susu Frisian Flag, atau saya dan keluarga sering menyebutnya dengan susu bendera. Sejak saya melek susu, maklum saya berasal dari kampung, jadi tidak terbiasa minum susu sejak kecil. Bagi saya yang tinggal di kampung, susu merupakan minuman mewah, yang kami dapatkan ketika bulan puasa dan lebaran.

wpid-wp-1444571269540.jpeg

Ketika bulan puasa dan lebaran, kami akan menikmati minum susu. Selain diminum saat sahur, susu bendera sering digunakan untuk berbuka. Minuman pembuka seringkali menggunakan susu, baik itu es buah atau es kelapa. Dalam setiap tegukannya, terasa segar dan nikmat.

Setelah mandi dan shalat ashar, biasanya saya mendapat tugas memotong buah-buahan buat es buah. Sambil menonton TV, saya menyiapkan buah-buahan dengan dikupas, lalu dipotong-potong. Ketika semua buah-buah sudah siap, maka susu kental manis bendera dituangkan ke minuman es buah. Namun, bila kaleng susunya belum terbuka, saya akan meminta tolong Mamah atau Bapak untuk membukanya. Saya waktu masih kecil, belum bisa buka sendiri. Maka, Bapak akan membawa pisau dan palu untuk melubangi kaleng susu tersebut. Biasanya, ada dua lubang yang dibolongi. Sampe sekarang saya belum tahu kenapa mesti dibuat dua lubangnya. Dan ketika saya sudah besar dan bisa melubangi sendiri susu kaleng, saya pun mengikuti dengan membuat dua lubang pada kaleng susu.

Menjelang lebaran, Mamah memperbanyak beli stok susu kental manis Frisian Flag. Kami bisa beli enam sampai sepuluh susu kental manis Frisian Flag. Menjelang lebaran, persiapan kue lebaran sudah mulai dipersiapkan. Selain kue-kue khas daerah seperti saroja, rengginang, opak, bidara, dan akar kelapa, Mamah juga membuat kue bolu. Kue bolu ini bukan hanya untuk keluarga kami saja, biasanya Mamah membagikan kue-kue tersebut ke saudara dan tetangga dekat.

Kue Mamah memang terkenal enak. Tak jarang saudara atau tetangga yang memesan khusus untuk dibuatkan kue bolu ini. Nah, kalau sudah menjelang lebaran begini, saya kebagian mengocok adonan. Saya ingat awalnya dengan kocokan tangan, selanjutnya dengan mikser. Tak jarang pembuatan kue bolu ini bisa menghabiskan waktu dua hari. Dan pembuatan kue ini bisa berbarengan dengan persiapan makanan berat lainnya menjelang lebaran, seperti sambel kentang, opor ayam, pepes ikan, dan ketupat.

Hari-hari menjelang lebaran bak persiapan untuk hajatan. Kami semua saling membahu untuk membuat makanan. Saat jam sibuk persiapan makanan ini, membuka kaleng susu kental manis Frisian Flag menjadi saat sibuk untuk melubangi kaleng susu. Tak jarang saya membuka empat kaleng susu dalam sehari untuk membuat kue bolu. Aktivitas ini menalu kaleng susu ini, kadang cas ces cos, tidak rata dan belepotan saya melubanginya.

Begitu berisiknya saya ketika sedang menalu kaleng susu, padahal biasanya saya lakukan itu saat menjelang lebaran, bagaimana dengan penjual martabak atau es buah di pinggir jalan saat melobangi kaleng susu ya… Setiap hari mereka harus menalu kaleng susunya buat dilobangi. Hal ini dibutuhkan keahlian agar tidak cus cos tidak rata dalam melobanginya.

Sekarang, kaleng susu kental manis Frisian Flag lebih mudah lagi membuka tutup kalengnya. Hal itu saya ketahui ketika mengikuti talk show sekaligus launching kemasan susu Frisian Flag di FX Sudirman.

Pengenalan kemasan susu kental manis Frisian Flag baru ini sangat memudahkan dalam membuka kalengnya dan tanpa menghilangkan kualitas kemasannya. Saya mencoba membuka kaleng susu tersebut. Cukup dengan klik, tarik dan tuang. Mudah banget.

image

Dengan cukup klik, tarik dan tuang, ibu saya akan lebih mudah lagi dalam membuka kaleng susu SKM FF ketika membuat kue bolunya. Saya sendiri di kosan tidak mesti dengan susu FF kemasan lain, karena kemasan kaleng susu kental manis Frisian Flag sekarang tidak mesti menggunakan pisau dan palu, cukup klik, tarik dan tuang.

Sekarang ini, setelah dewasa, saya sering minum susu, meskipun tidak setiap hari. Di kosan saya menyetok susu Frisian Flag dalam kemasan saschet. Selain untuk diminum, susu kental manis Frisian Flag juga buat topingnya roti tawar. Sebagai anak kos yang tidak memiliki tempat masak, maka roti tawar bertabur susu kental manis Frisian Flag menjadi menu makan favorit ketika sarapan dan malam hari.

Saya sudah melirik susu kental manis kaleng Frisian Flag. Dulu, kalau memiliki susu kental manis kaleng FF, maka harus ada pisau atau palu, sekalipun dah ada alat yang melobangi, tapi tetap saja serasa praktisan dengan pisau. Sekarang, tidak perlu pisau atau palu, tinggal klik, tarik dan tuang, saya bisa minum susu kental manis Frisan Flag kemasan kaleng. Selamat minum susu… πŸ™‚

Advertisements