Tags

,

Kartu nama menjadi hal yang penting bagi seorang blogger.  Bagaimana pun juga, blogger menjadi salah satu profesionalisme atau pekerjaan yang membutuhkan identitas profesi. Dan salah satu untuk memperkenalkan identitas diri adalah dengan kartu nama.

Sewaktu bekerja full time, saya sempat beberapa kali memiliki kartu nama, tetapi saya mengacuhkan kartu nama tersebut. Namun, ketika memilih menjadi blogger, saya mulai melirik kembali kartu nama.

Memilih menjadi blogger seakan belajar kembali akan brand, citra, reputasi dan identitas diri. Karena blogger adalah profesionalisme, maka reputasi yang dibangun adalah blogger sendiri, atau saya sendiri.

Bicara blogger, maka seperti bicara komunikasi bisnis. Personal branding yang baik akan membangun reputasi blogger itu sendiri. Lalu, bagaimana membangun reputasi bila tidak ada identitas blogger?

Kartu nama sebagai identitas blogger yang menghadirkan citra dari blogger tersebut. Ada beberapa hal yang menurut saya pentingnya kartu nama bagi blogger.
1. Identitas blogger. Dengan memiliki kartu nama, kita bisa menunjukkan siapa diri kita, atau bisa menjadi portopolio kita.

2. Komunikasi. Kartu nama bisa menjadi alat berkomunikasi dan bersosialisasi akan blog sekaligus diri kita kepada orang lain untuk mengetahui diri.

3. Networking. Saling bertukar kartu nama dapat memperpanjang pertemanan dan persaudaraan, bisa juga untuk memperlebar jaringan komunikasi kita.

4. Dokumentasi. Kartu nama bisa menjadi dokumentasi bagi kita ataupun jaringan yang membutuhkan skill kita sehingga memudahkan dalam berkomunikasi.

5. Doorprize. Bagi blogger yang ikut event tertentu, kartu nama bisa menjadi kartu ajaib untuk mendapatkan hadiah doorprize yang keren dan mantap.

Dengan demikian, sangatlah penting bagi blogger untuk memiliki kartu nama. Begitu pula bagi yang merintis karir atau bisnis, kartu nama juga sangat penting untuk identitas diri dan perusahaan. Ini kartu nama saya, mana kartu nama teman-teman?

image

Advertisements