Tags

,

Terik sinar matahari tak menyurutkannya untuk membuat gerabah. Tangan kurus keriputnya dengan lincah memutar tanah liat menjadi gerabah untuk alat kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

Senyumnya mengembang ketika kedatangan kami, perantau yang mencari gerabah khas Jawa Tengah. Berada di desa Windan, Kec. Kertasuro, Kab. Sukoharjo, Jawa Tengah. Tepatnya, RT 01, RW VI Kertasura, Sukoharjo.

image

Setelah berkeliling mencari pembuat gerabah, di sinilah kami berdiri, di depan rumah yang sangat sederhana, dan menyaksikan seorang nenek yang sedang membuat anglo, tungku yang terbuat dari gerabah.

Sabtu, 19 September 2015, saya dan teman berjalan-jalan ke daerah Jawa Tengah. Wilayah yang kaya akan kerajinan gerabah ini membuat kami tertarik untuk melihat tempat pembuatan gerabahnya. Saya sendiri pernah melihat hasil pengrajinan gerabah di Taman Mini Indonesia Indah, bagian Jawa Tengah.

Tak menyangka, saya bisa datang dan melihat langsung proses pembuatan gerabah. Dan pengrajin gerabah tersebut adalah perempuan tua yang masih terampil dalam pembuatan gerabah. Iya, nenek yang bernama Supinah masih terlihat sehat dan segar dengan senyumnya yang tulus ketika kedatangan kami.

image

Sambil mencari anglo yang diinginkan, kami berbincang-bincang dengan nenek Supinah dan anak perempuannya yang hadir menemani kami. Umur nenek Supinah sudah 90 tahun. Dia sehari-hari membuat anglo untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Setelah kami memilih anglo, kami menanyakan harganya. Satu anglo ternyata seharga Rp.7000. Pekerjaan yang saya anggap terasa berat, apalagi bagi seorang nenek yang berusia 90 tahun, tetapi nenek Supinah masih tetap tersenyum dalam menjalankan pekerjaannya.

Nenek Supinah ternyata sudah ada yang mempublikasikannya di internet, beruntung sekali saya bisa bertemu dengan pengrajin anglo tersebut. Perempuan pengrajin anglo ini menjadi inspirasi untuk selalu bersyukur, tersenyum dan ramah. Hidup adalah perjalanan. Dalam keadaan apa pun dalam menjalankan kehidupan, senyum dan syukur menjadi warna dalam raut wajah insan, sebagai makhluk Tuhan. Saya melihat ketulusan dan keikhlasan dalam menjalankan pekerjaannya. Semoga sehat dan berkah selalu ya Nek… Senantiasa berada dalam perlindungan Allah swt. Aamiiin 🙂

Advertisements