Tags

, , , , , , , , , , ,

Teh Dilmah Indonesia hadir dalam tantangan café dan restaurant. Dengan tagline real high tea, Dilmah Real High Tea Challenge Cafes and Restaurants telah menunjukkan bahwa Tea is The King. Demikian yang saya rasakan ketika turut menikmati Teh Dilmah dari hasil kreasi dan inovasi sembilan restoran dan café yang telah saya sambangi.
image

Meskipun baru tahun ini, 2015, Teh Dilmah mengadakan tantangan real high tea pada café dan restaurant Indonesia, tetapi saya melihat antusias dari para chef, bartender dan manajeman café dan restaurant dalam menerima tantangan ini.

Dilmah, perusahaan teh milik keluarga yang berasal dari Sri Lanka telah berhasil mendunia dengan kualitas teh pilihan. Dilmah sendiri berasal dari Dilhan dan Malik, nama anak-anak Merril K. Fernando, pendiri perusahaan. Dengan mengusung nama anak-anaknya, tidak heran bila Merril sangat memerhatikan kualitas produksi tehnya. Dari mulai penanaman teh, pengurusan tanaman, pemetikan, produksi, distribusi, pengolahan sampai ke penyajiannya. Memberi produk dengan nama anak, bagaikan mencintai produk tersebut seperti mencintai anaknya sendiri.

Dalam pengolahan dan penyajiannya, Dilmah telah mengadakan Dilmah Real High Tea Challenge sejak tahun 2007, tahun ini Indonesia mengadakan event tersebut pada hotel dan café & restoran. Event hotel sudah dilaksanakan beberapa bulan lalu, dengan pemenangnya dari Hotel Shangrila Surabaya yang mendapat hadiah medali perak. Lalu, bagaimana dengan pemilihan tantangan Dilmah Real High Tea pada Café dan Restauran?

Tantangan yang diikuti oleh café dan restaurant yang ada di Jakarta serta Bandung, setiap tempat tersebut telah terpilih 10 café dan restoran. Kebetulan saya berada di Jakarta, dan hanya bisa berkesempatan menikmati rasa real high tea pada sembilan café dan restoran. Dari sajian afternoon tea sembilan café dan restaurant tersebut, saya merasakan Dilmah sebagai real high tea.

Dengan tema afternoon tea sebagai lifestyle dalam beristirahat dan berkuliner, saya merasakan dari sembilan café dan restaurant tersebut sajian teh sebagaimana yang diharapkan oleh Dilhan C. Fernando dalam releasenya bahwa teh bukan hanya sekedar baik untuk kesehatan atau mempererat hubungan dengan teman dan keluarga, tetapi teh juga menawarkan kemewahan, kemanjaan sekaligus keindahan paduan cita rasa dengan seni gastronomi.

IMG_3205

Dilmah Real High Tea Challenge Cafes and Restaurants ini menghadirkan dewan juri yang mumpuni dalam cita rasa teh dan makanan. Panel juri tersebut adalah Ibu Eliawati Erly, Brand Ambassador Dilmah Indonesia sekaligus wakil PT. David Roy Indonesia (Sole Agent Dilmah di Indonesia), dan Nanda Young, Celebrity Chef (TBC).

Ketika proses berkunjung ke beberapa café dan resto, saya sempat bertemu dan berkenalan dengan mereka. Senang rasanya mengenal mereka, Ibu Eli, demikian nama panggilannya, dia sangat ramah. Dalam mencicipi minuman dan makanan yang disajikan oleh peserta, memiliki kekhasan yang masih saya ingat dan mencoba menerapkannya ketika menikmati sajian teh, yaitu dengan menghirup aroma tehnya, lalu menyeruput seduhan teh yang sudah disajikan dengan pelan-pelan. Begitu pula dengan Chef Nanda, seorang pemuda yang fokus, rajin dan kreatif. Saya sempat ngobrol dengannya tentang passion, dan dia tahu apa yang dia mau sejak kecil, maka tidak heran bila sekarang dia sudah menjadi seorang chef yang terkenal dan berdikari.

Saya berkesempatan berkunjung ke sembilan café dan restaurant tersebut, banyak pengetahuan dan pengalaman kuliner yang saya dapatkan. Adapun sembilan café dan restaurant tersebut sebagai berikut:

1.Blue Jasmine Restaurant
Restaurant yang berada di Taman Puring, tepatnya Jl. Kyai Maja No.39 Kebayoran Lama, Jakarta Selatan ini menampilkan sajian Teh Dilmah dengan aneka kreasi minuman dan cemilan.

Dengan mengusung tema, Oriental High Tea, Blue Jasmine menyajikan afternoon tea, yaitu:
• Oriental high tea package. Sajian ini menampilkan hot tea dengan paket cemilan, atau kata lainnya set of sweet and sour pastry with choice real high hot tea.
• Lapsang Passion Souchong. Ini berbahan Lapsang Souchong tea with passion fruit.
• Lapsang Souchong Chrysantenum. Terbuat dari Lapsang souvhong tea with fresh crysantenum flower.
• Sarang semut. Terbuat dari sarang semut with durian ice cream and earlgrey sauce.
• Earl Grey Caviar. Terbuat dari earl grey tea with vodka, triple sec, and lime juice.
IMG_3188

IMG_3191

IMG_3185

Saya menikmati camilan tersebut. Meskipun terlihat seperti gorengan, tetapi rasanya berbeda dengan makanan gorengan yang saya makan di tempat lain. Ada kekhasan rasa dalam makanannya, sehingga bisa menghabiskan makanan tersebut secara tak sengaja. Ditambah dengan hot tea Dilmah, menambah suasana afternoon tea semakin meriah. Nah, kalau masih betah di suasana resto Blue Jasmine, bisa menambah dengan menu afternoon tea lainnya. Kedua minuman hot tea lapsang souchongnya bisa dicoba untuk menemani sarang semut yang manis legit rasa durian. Anda juga bisa mencoba Earl Grey Caviar, terlihat dari penampakannya yang sangat menggoda untuk dicoba.

2. Bits and Bobs
Café yang berada di kawasan SCBD ini menampilkan menu-menu menarik dalam sajian Dilmah Real High Tea Challenge. Dengan konsep dan masa tes racikannya yang cukup matang, sajian Afternoon tea ala Bits and Bobs memang mengangenkan. Saya dua kali datang ke sini, karena penasaran ingin mencoba kembali makanannya. Adapun sajian menunya sebagai berikut:
• Crescent cheese with poached pears. Oven baked crescent dough stuffed with cream sheese and mascarphone cheese topped with pistachio nuts served with poached pears.
• Betsy tea. Terbuat dari Italian almond tea, orange zest, cinnamon stick, dan star anis.

image

• Trout salmon cured oolong tea. Terbuat dari Marinade fresh salmon dengan Lapsang Soechong tea, ditambah seaweed salad citrus jelly, maple soy dan black sturgeon.

image

• Brilliant Saphier. Infus brilliant breakfast tea mixed with the Bombay saphiet and peach syrup.

image

• Black tea Consomme. Terbuat dari chicken mousse foie gras cover with pasta topped with pan seared foie gras and sautéed morel.

Teh hangat atau hot tea Betsy tea sangat menyegarkan dan menghangatkan tenggorokan. Minum hot tea Betsy Tea dengan ditemani cemilan yang Crescent yang meleleh ketika dimakan, menurut saya terasa pas untuk afternoon tea. Ada juga paket Trout Salmon yang segar dengan taburan teh, ditambah minuman teh Brilliant Saphier, sangat menyegarkan. Nah, kalau ke sini jangan lupa mencoba Black tea Consomme, saya sampai penasaran ingin mencobanya lagi. Kuahnya itu lho paduan kaldu dan teh Dilmah, penasaran bukan? 

3. Huize Van Wely
Ketika ke café ini, saya langsung ngiler lihat aneka bentuk coklat yang terpajang di etalase. Rasanya semua ingin dicoba. Maklum, meskipun kurang begitu suka makanan manis, tetapi kalau sama coklat mah hap…hap… langsung aja saya makan.

Café yang berada di kawasa Kemang, tepatnya Jl. Kemang Raya 45A, sangat cocok buat afternoon tea. Di saat jalanan macet, teman-teman bisa mlipir dulu ke sini, menikmati sajian paket afternoon tea Huize Van Wely. Penat hilang, perut senang. Sajian afternoon tea yang dihidangkan di sini antara lain:

image

• Mini Hamburger Steak dan Dilmah English Brilliant tea.

image

• Huize van wely chocolate éclairs dan made with dilmah peppermint cinnamon, mortel vsop and homemade coke syrup.

• Lapsang Apricot Mousse.

image

Bagi yang belum ke sini akan rugi karena tidak menikmati sajian teh Dilmah dan coklat. Meskipun namanya mini hamburger, tetapi sangat mengenyangkan bagi saya. Ditambah dengan teh dilmah, rasanya akan semakin mantap. Saya mencoba Huize Van Wely Chocolate, rasanya seperti nyep langsung masuk ke hati. Apalagi ketika mencoba makan Lapsang Apricot mousse, terasa banget teh dan coklatnya. Dua rasa tersebut ada dalam lidah, rasanya susah diucapkan saking enaknya, hehehe… Sayang, saya belum berkesempatan ke sana lagi… Nah, kalau teman-teman ada yang terjebak macet di kawasan sana, jangan sungkan untuk mlipir dulu ke Huize van wely.

4. VinPlus
Café yang berada di Jl. Kemang Raya No.45B ini menyediakan afternoon tea dengan tema, Vin+ High Tea. Adapun sajian Afternoon tea Vin+ yang disajikan sebagai berikut:
• Cassava roa croquette with balado sauce paired with Oolong tea
• Kue cubit (Traditional mini pancake) paired with ginger milk tea.
• Green tea rice pudding with pandan and coconut mause paired with Jasmine tea.

image

Di sini, sajian afternoon-nya tradisional modern. Ketika makanan tradisional dipadupadankan bahannya, menjadi cemilan makanan yang pernah kita lihat tetapi rasanya berbeda. Ciri khas dari kroket dan kue cubit pada rasa ikannya yang sangat kental. Ada juga tampilan menarik pada pudding yang disajikan pada cangkang telur, di sana saya terkecoh. Saya kira asin, ternyata manis dan enak rasanya. Bagi penyuka makanan ikan akan sangat menyukainya. Teh hangat oolong tea dan teh susu menjadi minuman yang menemani saya ketika menikmati makanan tersebut.

5. Uncle Tjin
Bagi yang berada di kawasan Pantai Indah Kapuk, Bistro Uncle Tjin bisa menjadi salah satu tempat makan dan nongkrong bersama keluarga dan teman. Suasana tempatnya adem dan menyenangkan. Tepatnya, bistro ini berada di Jl. Pantai Indah Selatan, Kompleks Elang Laut Boulevard Blok D No. 33 & 35, Jakarta Utara. Di sini afternoon tea hadir dengan sajian berikut:
• Traditional brewing Dilmah green tea with jasmine
• Smoke on the world with lapsang souchong
• Tea Cocktail
• Uncle Tjin smoked salmon steak with lapsang souchng
• Fish soup with Dilmah peppermint &Cinnamon.

image

Menikmati makanan satu dengan lainnya sangat enak. Sop ikannya sangat segar dengan kuah yang salah satunya berbahan teh. Begitu pula dengan ikan salmonnya yang bertabur teh. Ada hamburger dengan kentangnya, yang akan membuat kita senang dan kenyang. Makanan tersebut menjadi lebih nikmat lagi dengan ditambah minuman teh Dilmah yang khas dan menyegarkan.

Bagi yang tinggal di kawasan Pantai Indah Kapuk, atau yang sengaja ingin mencari kuliner yang mantap, Uncle Tjin bisa dicoba makanan dan minuman tehnya. Sangat kenyang dan menyegarkan.

6. Mio Caro
Berada di kawasan perkantoran dan pertokoan, Mio Caro bisa menjadi salah satu tempat buat makan dan nongkrong asik di kawasan BSD City. Tepatnya di One Pin Building Gading Serpong. Di sini menyajikan menu afternoon tea sebagai berikut:
• Summer tea salad
• Minty peach tea & crostini
• Almond tea & brownies.
Sajian makanan yang enak dan menyenangkan.

image

7. De Mingle
Berada di kawasan Kebun Jeruk, tepatnya di Graha Handaya Blok C, Jl Perjuangan ini dapat menjadi tempat asik untuk makan, nongkrong, meeting sampai ke acara ulang tahun atau baby shower. Tidak berlebihan bila namanya De Mingle, yang artinya bersosialisasi.

image

Tempat yang nyaman ini menghadirkan menu afternoon tea sebagai berikut:
* Exotic Tea Spa. Terdiri dari lemongrass cinnamon hot tea dan apple crumble.
* Heritage Tea Spa. Terdiri dari summer in green ice tea dan fish finger.
* Classic Tea Spa. Terdiri dari peppermint tung tung dan black tea klepon.

Di musim kemarau seperti sekarang ini, menikmati green ice dengan fish finger sangat segar saat matahari masih terasa terik. Lemongrass cinnamon hot tea dan apple crumble pun sangat enak dan hangat untuk tehnya. Kalau Classic tea spa, sepertinya kita harus segera menghabiskan es krimnya sebelum meleleh.

8. The Imigrant
Cafe yang berada di kawasan Grand Indonesia ini menyajikan afternoon tea dengan menu yang bertema teh dan makanan.
* The regular tea, yang terbuat dari green tea with jasmin flower character.
* Tea coacktail, dengan green with mint (cold).
* Tea Cuisine, dengan green fog (hot).
Adapun makanannya sebagai berikut:
* Course, yang terdiri dari tomat, semangka, dan green tea puff rice.
* Cured salmon, cucumbar, wasabi cream and earl grey tea macaroon.
* Course, tea poached pear, orange crumble and Dilmah peppermint tea.
*Reguler tea.

image

Makanan dan minuman yang sangat menarik dan enak. Bagi yang terjebak macet di jalan protokol, bisa singgah dulu di cafe ini.

9. Oasis
Oasis, heritage restaurant yang sangat memukau dengan bangunan tuanya yang masih sangat terawat dengan baik. Saya berkesempatan ke restaurant ini dan melihat berbagai ciri khas dari berbagai suku bangsa Indonesia. Seperti namanya, oasis, bak mata air yang memancar akan kecintaan pada tanah air Indonesia yang berbineka tunggal ika.

image

Di sini, afternoon tea hadir dengan menu inovasi dan kreasinya Tim Oasis, dengan sajian menu sebagai berikut:

* Saoory Canape. Paket menu ini terdiri dari a) Betutu-style duck breast smoked with oolong lapsang souchong tea, b) Bitterbalen dan c) Beef rendang roll with red rice & tea caviar.
* Sweet Canape. Paket ini terdiri dari a) Klappertaart infused with Italian almond tea, b) Pofferthes baby pancakes, dan c) Ongol-ongol enhanced with Elegant earl grey tea.
* Condiments, peanut peppermint tea cracker.

Berada di sini bagai berada di rumah yang langsung memandang taman di senja hari. Tempat dan makanan yang enak, akan membuat untuk kembali lagi ke tempat yang menyenangkan ini. Lokasi yang tepatnya berada di Jl. Raden Saleh No. 47 Cikini sangat cocok bagi siapa pun yang menyukai sejarah, budaya, seni dan rasa.

Saya menikmati inovasi dan kreasi tehnya, dari Teh Almond Tea yang hangat dengan paduan rempah. Begitu juga dengan moktail yang menyegarkan. Sambil menikmati matahari tenggelam, meminum teh sambil menyantap aneka makanan sajian afternoon tea Oasis.

Siapa pun pemenangnya, saya sangat senang atas kreativitas dan inovasi yang dihadirkan oleh cafe dan restaurant tersebut. Ketika kreativitas chef dan bartender cafe atau restaurant didukung oleh manajemen dan direksi, serta seluruh karyawannya, maka akan terlihat perpaduan keindahan antara makanan, pelayanan dan suasananya.

Selain menikmati minuman dan makanan afternoon tea cafe dan restaurant di atas, acara tantangan Teh Dilmah ini telah berhasil mengubah pola pikir saya tentang teh. Teh bukan sekedar minuman biasa, tetapi Dilmah telah menghadirkan teh menjadi real high tea, dan teh adalah raja.

Advertisements