Tags

, ,

Kemajuan teknologi komunikasi telah menggiring pada perkembangan penerbitan buku, salah satunya digital book. Buku digital seringkali kita kenal dengan electronic book atau e-book.

image

Saya sendiri sebagai editor sudah terbiasa membaca buku dari layar computer, maka ketika hadir ebook, maka mata saya sudah terbiasa membaca di balik layar digital.

Tidak seperti buku yang akan terasa berat apabila kita ingin membacanya di perjalanan, tetapi bila buku tersebut sudah berbentuk ebook, kita bisa membacanya lewat smartphone. Di sini, terasa keringanan sekaligus menjadi kelebihan dari ebook.

Ebook kini hadir pada aplikasi Cipikabookmate. Aplikasi yang menyediakan buku-buku lokal, nasional ataupun internasional. Layanan aplikasi digital book ini menyajikan konsep perpustakaan, yaitu satu kali bayar, bisa baca sepuasnya.

image

Senin, 24 Agustus 2015, saya mendapat kesempatan hadir pada launching Cipikabookmate yang diprakarsai oleh Indosat. Dengan pertimbangan trend membaca masyarakat Indonesia, serta target pengembangan Cipika.co.id, maka meluncurkan layanan aplikasi Cipikabookmate.

Launching ini diiringi dengan talkshow eBook sebagai lifestyle. Para pembicara terdiri dari editor, penulis ebook, bookmate dan Indosat. Ada Nukman Luthfie yang memaparkan tentang manfaat dan kelebihan ebook. Sophie Navita sebagai penulis ebook juga memaparkan tentang ebook yang sudah ditulisnya dalam bahasa Inggris, serta karya-karyanya yang banyak mengulas tentang makanan.

Ada Carlos Karo-karo dari Indosat yang memaparkan Cipika Bookmate sebagai terobosan untuk meningkatkan daya baca buku masyarakat Indonesia melalui ebook. Selanjutnya, Simon Dunlop dari Bookmate sebagai rekanan Cipika memaparkan bahwa aplikasi ini sebagai mobile reading untuk memudahkan masyarakat dalam membaca buku. Salman sebagai editor menyebutkan bahwa ebook dan buku print saling melengkapi bagi para pembaca buku.

Menarik ketika menyimak para pembicara yang memaparkan akan pentingnya Peran eBook sebagai salah satu media baca untuk membuka wawasan dan pengetahuan masyarakat Indonesia.

Saat ini, saya sendiri masih belum bisa lepas dari membaca buku-buku yang diprint out, tetapi menyambut baik kehadiran ebook, apalagi bila modelnya seperta Cipikabookmate yang bisa dibawa kemana-mana.

Cara Dwoanload Aplikasi Cipikabookmate

Cipikabookmate sudah hadir di playstore Android ataupun IOS. Saya sendiri langsung menginstallnya dari Playstore. Berikut cara-caranya:
1. Install “Bookmate” dari Playstore.
2. Klik tombol daftar/masuk dengan menggunakan nomer telepon kita saat pendaftaran. Setelah itu akan ada SMS kode verifikasi ke nomer handphone yang kita kirimkan.
3. Isi kode tersebut saat daftar.

Mudah bukan? Hanya itu saja cara daftar Cipikabookmate. Bookmate sendiri merupakan aplikasi yang sudah digunakan oleh banyak negara, dan bisa melihat dari 9 bahasa.

Untuk pembelian, pilih buy subscription atau langganan, lalu pilih metode pembayaran. Pembayarannya bisa melalui kartu kredit, kartu debit, PayPal, Dompetku, dan carrier billing.

Sekarang, smartphone kita bertambah lagi fungsinya sebagai media perpustakaan yang menyediakan bacaan, sehingga kapan saja ingin baca eBook, maka tinggal buka aplikasi Cipikabookmate.

Advertisements