Tags

, , , ,

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki ragam suku dan budaya. Indonesia sangat terkenal akan kekayaan rempah-rempah dan makanannya. Bila kita menelusuri satu wilayah ke wilayah lainnya di Indonesia, maka kita akan mendapatkan ciri khas makanan tersebut.

IMG_2974

Sejarah mencatat, bahwa para pedagang VOC telah berhasil membawa rempah-rempah Indonesia dan memperdagangkannya. Titik tolak kedatangan dan kemenetapan mereka di bumi pertiwi adalah ketertarikan akan rempah-rempah Nusantara. Setiap kepulauan memiliki ciri khas tanaman tertentu, yang tentunya berkaitan dengan cita rasa dari setiap makanan yang dihidangkan.

Tidak berlebihan, bila Hotel Indonesia, sebagai icon tempat bersejarah di Indonesia mengadakan promosi tentang makanan khas Indonesia. Sungguh kekayaan makanan Indonesia bila diorganisir dengan baik, lalu dipromosikan besar-besaran, maka akan banyak wisatawan mancanegara yang akan berburu makanan Indonesia.

Senang rasanya ketika Hotel Indonesia Kempinski Jakarta mempromosikan makanan Indonesia. Selama lima pekan, dari tanggal 5 Agustus sampai 8 September 2015 akan hadir lima pulau sebagai representasi dari seluruh kepulauan Indonesia. Dengan kisaran harga  per orang mulai dari Rp.265.000, kita bisa menikmati makanan satu pulau. Jadwal jamnya, makan siang dari pukul 12.00-15.00 WIB dan makan malam, pukul 18.00-22.00 WIB.

image

Adapun urutan pulau-pulau yang akan tampil, yaitu Pulau Sumatera (5-11 Agustus), Pulau Jawa (12-18 Agustus),  Bali-Lombok (19-25 Agustus), Kalimantan (26 Agustus -1 September) dan Sulawesi-Maluku (2-8 September). Silakan tinggal memilih pulau dan waktunya.

Sebagai warga Indonesia yang belum bisa melangkah ke pulau lain, masih di seputar Pulau Jawa, ingin rasanya saya mencicipi makanan khas dari pulau-pulau luar Jawa. Ini bukan berarti saya tidak menyukai makanan khas Pulau Jawa, tetapi ingin merasakan makanan di seberang pulau.

Kamis, 6 Agustus 2015, saya mengunjungi makanan Pulau Sumatera. Makanan khas dari pulau ini sangat populer, bahkan sampai ke mancanegara. Bila melihat dari jenis makanan, maka akan melihat kekayaan sumberdaya alam dalam hal rempah-rempah.

Misalnya, Sumatera Barat, pulau ini kaya akan pohon kelapa ini memiliki ciri khas bumbu yang bersantan atau menggunakan kelapa, seperti rendang, sayur tunjang, sayur nangka dan sayur lodeh.

IMG_2982

Aceh, wilayah yang dikenal dengan Serambi Mekah ini memiliki keunikan dalam makanan. Kuah yang kental dengan bumbu yang mantap. Kayu manis menjadi salah satu rempah yang mewarnai aneka hidangan makanan Aceh, seperti martabak. Makanan favorit yang saya coba adalah Mie Aceh, rasanya mantap dan enak.

IMG_2989

Selanjutnya, Sumatera Selatan. Kita pasti tidak asing lagi dengan mpek-mpek Paembang. Makanan khas yang bisa menjadi oleh-oleh ketika berkunjung ke Palembang, kini hadir di Jakarta. Belum lagi dengan provinsi lain yang memiliki kekhasan makanan masing-masing.

Ada dua chef yang menggawangi makanan khas Sumatera ini, yaitu Chef Marco yang asli dari Padang dan Chef Zulfikar yang asli orang Aceh. Makanan yang mereka sajikan sangat enak dan cita rasa bumbunya sangat pas. Mantap dan enak.

Saya sendiri menghabiskan aneka jenis makanan, mencobanya satu per satu. Ruangan yang nyaman dan berlangsung dengan gaya prasmanan, membuat kita bisa memilih sendiri menu yang akan kita makan. Menikmati makanan daerah dengan cita rasa tinggi akan membuat ketagihan untuk datang lagi.

Tidak cukup sekali rasanya untuk menggali makanan khas daerah. Rasanya yang enak akan membuat siapa saja ketagihan. Tempatnya juga nyaman buat acara keluarga ataupun bisnis. Bahkan, untuk perayaan ulang tahun sangat cocok. Bagi teman-teman yang berminat, atau yang rindu makanan khas kampung halaman, silakan menikmati aneka makanan khas Indonesia di Signature, Hotel Indonesia Kempinksi Jakarta.

Advertisements