Tags

, , ,

Kita sering mendengar alergi makanan pada anak-anak, tetapi sering menganggap hal tersebut sepele atau meremehkan. Alergi makanan pada anak, terutama balita, biasanya pada asupan susu sapi. Kenapa bisa demikian? Dan bagaimana cara mengatasinya?

image

Sebagaimana kita ketahui bahwa 1000 hari pertama kehidupan, sejak awal kehamilan hingga anak berusia dua tahun merupakan periode emas penentu kesehatan masa depan anak. Pada 1000 hari pertama kehidupan, anak akan tumbuh pesat dan berkembang secara signifikan. Pemberian nutrisi yang tepat dapat membantu tumbuh kembang anak.

Salah satu yang membantu nutrisi anak adalah susu sapi, apalagi pada anak yang tidak mendapatkan ASI. Protein susu sapi memang bagus untuk dapat mendukung optimalisasi tumbuh kembang anak. Apalagi formula susu sapi yang mengandung asam amino, hanya saja biasanya harganya mahal. Hal tersebut yang seringkali para Ibu memilih susu sapi dengan isi kandungan yang sudah tidak mengandung asam amino.

Tidak hanya itu, terkadang ada anak yang bereaksi abnormal terhadap protein susu sapi atau alergi susu sapi. Menurut Vandenplas, pakar gastroenterologi, tidak ada gejala-gejala spesifik pada anak yang terkena alergi susu sapi. Karena tidak ada gejala yang spesifik, alergi susu sapi ini terjadi di banyak negara.

Padahal, berdasarkan riset Robbins KA (2014) tentang cross-sectional di Amerika Serikat yang dilakukan pada 6.189 anak berusia 2-17 tahun bahwa anak yang memiliki sejarah alergi susu sapi memiliki gangguan pada pertumbuhan anak. Rata-rata tubuh mereka memiliki tinggi badan, berat badan Dan indeks masa tubuh lebih rendah dibandingkan anak dengan alergi makanan tanpa sejarah alergi susu sapi. Dan RA Wood (2003) menyebutkan bahwa alergi ini dapat memunculkan asma, alergi rinitis dan eksim.

Dengan demikian, para orangtua hendaknya mengetahui dan mengenal gejala-gejala alergi. Alhamdulillah, pada hari Jum’at, 7 Agustus 2015, bertempat di Flores Ballroom Hotel Borobudur, saya berkesempatan mengikuti #NutriTalk yang diadakan oleh Nutrisi untuk Bangsa dari Sarihusada.

image

Hadir sebagai pembicara Prof. Yvan Vandenplas, pakar saluran pencernaan makanan dari Vrije University Brussel, Belgia, dan DR. Dr. Zakiudin Munasir, consultant ahli alergi-imunologi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Sebagaimana yang saya tulis di atas, Vandenplas membahas alergi susu sapi yang merupakan permasalahan global atau dunia, hampir semua negara memiliki kasus ini.

Zakiudin Munasir members gambaran bahwa di Indonesia, permasalahan alergi susu sapi ini cukup signifikan, karena 1 dari 25 anak di Indonesia menderita alergi susu sapi.

Gejala umum dari alergi ini adalah pada pernafasan dan kulit, kemudian pencernaan, mata, dan susunan saraf pusat atau sakit kepala. Alergi ini bisa muncul dari keturunan, lingkungan dan resistensial.

Adapun pengobatan dan pencegahan alergi makanan pada anak dapat dilakukan dengan mengeliminasi makanan alergen Dan menggantinya dengan gizi makanan yang senilai sehingga malnutrisi.

Bagi anak yang alergi susu sapi, bisa menggunakan pilihan susu kedelai untuk membantu pola pertumbuhan anak, kesehatan tulang dan fungsi metabolisme, fungsi reproduksi, endokrin, imunitas, dan sistem saraf. Dan susu kedelai lebih terjangkau harganya.

Untuk mendukungΒ  upaya-upaya pemenuhan gizi dan nutrisi pada anak Indonesia, Sarihusada berkomitmen dengan mengembangkan produk yang sesuai dan tepat bagi anak. Demikian kata Olivier Pierredon, President Sirektur Sarihusada.

Tidak hanya itu, Sarihusada juga memberikan wawasan dan pengetahuan tentang Nutrisi dan gizi kepada pada orangtua. Nutritalk menjadi salah satu agenda diskusi untuk menyebutkan wawasan dan pengetahuan.

image

Website ini menyajikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan gejala alergi. Hal tersebut sebagai upaya pengenalan dan penanganan resiko alergi sejak dini.

Diskusi yang sangat bermanfaat. Banyak pengetahuan yang saya dapatkan dari diskusi Nutritalk ini, semoga dapat mengikuti event diskusi berikutnya sehingga dapat menambah pengetahuan dan wawasan akan Nutrisi dan gizi. Terima kasih

Advertisements