Tags

, ,

Keindahan dan kenyamanan dalam sebuah bangunan bukan hanya dilihat dari arsitektur dan design interior bangunannya, tetapi pemilihan warna cat juga yang seringkali menggoda saya untuk menatap lama bangunan tersebut sebagai suatu bangunan utuh yang menyatu dengan wujudnya.

image

Wujud keutuhan bangunan bak cerminan dari diri manusia sendiri. Warna-warni bangunan menjadi warna warni dari prilaku manusia. Keindahan seseorang tercermin dalam budi pekerti orang tersebut.

Seluruh Muslim telah menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama sebulan penuh. Suatu rangkaian kewajiban Muslim dalam melaksanakan kehidupan. Puasa juga bisa sebagai latihan diri dalam menggembleng diri dalam mengamati emosi dan keinginan.

Puasa bukan hanya ibadah yang berhubungan langsung dengan Allah, tetapi mengajak untuk merasakan langsung lapar atau haus. Lalu, bagaimana dengan orang-orang yang setelah Ramadhan masih kelaparan?

Zakat fitrah menjadi bukti dari rasa empati dan mencintai orang-orang miskin sebagai buah dari proses selama sebulan.  Karakter warna inilah yang akan menjadi keindahan pada orang tersebut.

Untuk melanjutkan dari zakat fitrah, kita juga bersilaturahmi, saling mengunjungi antara muslim dengan muslim lainnya. Lebaran menjadi momen spesial bagi setiap Muslim, saat bersilaturahmi dan menebar kasih sayang. Bercengkrama sambil menikmati kue-kue spesial lebaran.

Ada banyak manfaat dalam bersilaturahmi, di antaranya memanjangkan hubungan pertemanan dan persuadaraan, menyambungkan persaudaraan serta saling memaafkan. Seringkali dalam bersilaturahmi ini sebagai ajang temu kangen, musyawarah keluarga dan pernikahan.

Saya teringat ketika saudara-saudara saya menikah, maka mematangkannya ketika lebaran. Bahkan, ta’aruf pun atau proses perkenalan perjodohan sering dilakukan saat lebaran. Karena saat tersebut, semua warga dari berbagai daerah berkumpul dan menyatu di kampung halaman.

Tidak berlebihan, bila untuk menyambut para tamu, banyak yang membuat kue lebaran sebagai penghormati sajian bagi para tamu. Untuk menghormati tamu, tak jarang yang membersihkan rumah dan mengecat kembali dinding rumah agar terlihat bersih dan ceria, sehingga para saudara serta tamu kerabat dapat betah ketika berkunjung.

image

Kebiasaan di rumah saya sendiri bila lebaran tiba, selain membuat kue lebaran, seminggu menjelang hari lebaran biasanya kami sudah mencicil membersihkan dan merapikan rumah. Mulai dari mencuci gorden sampai mengelap kaca. Tak jarang bila melihat dinding rumah sudah kusam, kami segera mengecatnya sebelum lebaran tiba.

Mamah akan membagi tugas bersih-bersih rumah. Adapun untuk mengecat rumah, biasanya minta bantuan orang lain. Karena tinggal di kampung, Mamah akan pergi ke kota Tasik untuk membeli cat. Ada banyak merk cat, tetapi biasanya memilih cat Dulux. Lebaran tahun ini, ada potongan harga Rp.100.000 bagi yang membeli Dulux minimal Rp.1.000.000. Alhamdulillah, pengeluaran beli cat menjadi lebih hemat.

Segala aktivitas menyambut lebaran menambah semangat dalam berpuasa, apalagi pada sepuluh hari menjelang lebaran diyakini ada malam lailatul qadar, malam seribu bulan.

Sehari menjelang lebaran, saudara jauh dari kota dan berbagai daerah sudah berdatangan. Kami bersalaman dan berpelukan melepas rasa kangen dalam pertemuan dan kasih sayang. Senyum sumringah semua orang menjadi warna warni kemenangan bak pelangi yang menaungi para bidadari. Indah… 🙂

Demikian warna warni kemenangan lebaran keluarga kami, bagaimana dengan kisah teman-teman? Teman-teman bisa menceritakannya di blog, karena akan ada banyak hadiah keren yang menanti.

image

Bagi yang eksis dengan photo, bisa mengupload #WarnaKemenangan untuk diperlombakan. Untuk info lainnya bisa lihat dan ikuti instagram, youtube dan twitter @LetsColourID dan like Let’s Colour Indonesia.

Wuih, keceriaan lebaran akan semakin berwarna dengan kenangan tulisan, photo dan hadiah lomba. Aamiiin

Advertisements