Tags

,

Lebaran sebentar lagi, tinggal beberapa minggu lagi. Biasanya, pada masa lebaran anak-anak mendapat uang saku atau angpau lebaran. Untuk tidak boros ketika memegang uang, kakak sepupu saya bercerita untuk membuka tabungan di bank buat anaknya. Dia pun bertanya tentang tabungan yang yang bagus buat anaknya. Ridho, namanya. Dia sudah kelas lima. Ibunya ingin mengajarkan anaknya untuk menabung sejak dini. Selama ini, kakak sepupu selalu menggunakan celengan buat menyimpan uang anak-anaknya. Celengan warna warni yang menarik. Namun, kakak saya merasa bahwa anaknya suddah besar, sudah mengerti nilai uang, maka dia berniat untuk membuka tabungan buat anak-anaknya.

Tidak dipungkiri, insipirasi buku tabungan muncul ketika menonton serial anak-anak Upin dan Ipin. Maka, kakak pun tergugah untuk membuat tabungan buat Ridho yang sudah kelas 5 SD. Sedangkan adiknya, Rafi, masih TK, kakak saya rasa belum waktunya Rafi mempunyai buku tabungan, cukup uangnya dimasukkan saja ke dalam celengan.

Mendengar ceritanya, saya pun menyanggupi untuk mencari tabungan yang aman buat anak-anak. Saya bilang kepada kakak akan mencarinya di internet, tabungan yang mudah dan menarik untuk anak-anak.

Seperti biasa, saya cari dari Om Google, lalu saya pun memilih topiknya pada website cermati.com. Ternyata website ini sangat lengkap segala fasilitas dan pengetahuan tentang keuangan dan perbankan. Tampilannya menunya ada Kredit, Pinjaman, Simpanan, Artikel dan Login.

Dari menu Kredit, ada banyak pilihan kategori, yaitu alat pencari kartu kredit, semua kartu kredit, wellcame bonus, dining, cashback, reward, travel, no fee, premium, gasoline, interest, semua penerbit kartu kredit dan promosi.

Menu selanjutnya tentang pinjaman, maka kategorinya kredit tanpa agunan, kredit multi guna, dan kredit motor. Kemudian menu simpanan, ada kategori tabungan, tabungan berjangka dan deposito. Pada menu artikel terdapat kategori semua artikel, yips keuangan, produk asuransi, karir dan gaya hidup, bisnis dan investasi, funny money dan produk perbankan.

Website yang sangat lengkap, dari A sampai Z tentang keuangan. Saya sampai terlupakan mencari tabungan buat anak-anak, karena saking asyiknya menjelajah satu per satu kategori di website cermati.com. Akhirnya, saya memutuskan mencari dulu kategori tabungan. Saya pun mengkliknya, dan menemukan banyak penawaran tabungan. Lalu mata saya tertuju pada macam-macam tabunga, ada tabungan, tabungan bisnis, tabungan anak, tabungan pensiun, tabungan pegawai dan tabungan haji. Lengkapnyaaaa 🙂

Saya pun kemudian mengklik tabungan anak, lalu memilih bank yang dekat dengan rumah kakak dan harga yang terjangkau bagi anak-anak yang ingin menyisihkan uang jajannya. Saya pun memilih Bank Panin Tabungan Junior. Di sana tertera beberapa penawaran dari Bank Panin Tabungan Junior, ada penjelasan bahwa setoran pertama Rp.50 ribu, tersedia dua kartu ATM yang menarik, tersedia dua desain buku yang menarik, bunga 1,75 %, bebas biaya administrasi, biaya saldo di bawah minimum dan biaya ATM.

bank-panin-anak

Karena ingin info lebih lengkap lagi, saya pun mengkliknya. Informasi yang didapat sangat lengkap termasuk estimasi tabungan sebulan. Membuka website cermat.com sangat lengkap, sehingga bagi orang awam seperti saya, dengan membuka cermat.com dapat menambah wawasan tentang keuangan.

Setelah saya menentukan pilihan buku tabungan anak buat Ridho, saya pun mengabarkan hal tersebut kepada kakak sepupu saya, lengkap dengan kelebihan bila menabung di sana. Saya juga memberi link website cermat.com kepada kakak sepupu biar dia bisa mengecek sendiri informasinya.

Beberapa jam kemudian, kakak sepupu mengabarkan bahwa besok dia akan ke Bank Panin untuk membuka tabungan buat Ridho. Dia bercerita juga tentang website cermati.com yang lengkap dan detail. Dia asik bercerita tentang kredit dan tabungan, dia mulai tertarik dengan artikel-artikel yang terdapat di website. Cerita dengan semangat dan berapi-api. Saya pun turut senang dengan antusiasme kakak sepupu.

Keesokan harinya, kakak sepupu kembali menghubungi saya, bahwa dia sudah membuka tabungan Bank Panin yang kebetulan dekat rumahnya dan Ridho tahu tempatnya.

Kemajuan teknologi komunikasi telah memudahkan semua pihak bila bisa menggunakannya. Memang bagi orang awam tidak mudah belajar untuk mengimbangi kecanggihan teknologi, tetapi niat mau belajar dan ketekunan yang dapat memudahkan dalam menggunakan dan memanfaatkan internet sebaik mungkin. Tahapan-tahapan dalam menggunakan dan memanfaatkan internet pun mudah dipelajari dan dicermati. Apalagi dengan fasilitas website yang sudah memberikan pelayanan informasi dan wawasan, termasuk dalam keuangan. Cermati.com menampilkan semua itu. Untuk lebih jelas dan detailnya, kita bisa mendaftar sebagai anggota. Saya sangat senang menemukan website cermati.com, bagaimana dengan Anda?

Advertisements