Tags

Memandang hamparan gelombang air pantai, menatap bukit, pulau atau gunung di seberang lautan. Dalam debur ombak, seakan menunggu kiriman surat rahasia melalui botol kaca.

image

Selembar kertas dimasukkan ke dalam botol kaca, Laku ditutup rapat. Kertas yang menjadi isi dalam penyampaian perasaan, baik untuk diri sendiri atau orang lain. Tak ada yang tau pasti kertas tersebut siapa pengirimnya, rahasia yang tersampaikan dalam botol kaca.

Deburan ombak, buihnya gelombang air laut tak memecahkan kaca dalam hamparan air laut. Walau ada batu karang yang tegak berdiri, bukit yang menyelingi, pesan dalam sebotol kaca tersampaikan dengan selamat. Demikian gambaran awal saya ketika mendengar glass is life, maka saya teringat pesan yang terjaga dalam botol kaca.

image

Ketika jalan-jalan ke Candi Batujaya Karawang, peneliti Candi Batujaya, Pak Hasan, menemukan pecahan-pecahan kaca dan manik-manik sebagai perhiasan pada manusia jaman dulu.

Kata Prof Hasan, pecahan kaca tersebut berasal dari Persia dan India. Sungguh sangat menarik ketika kaca menjadi barang otentik dalam komunikasi antar budaya, atau masyarakat budaya pada saat itu. Hal ini juga menunjukkan bahwa kaca merupakan bahan yang sangat awet dan tahan lama. Tidak berlebihan bila ada yang menyebut glass is life.

Selasa, 9 Juni 2015, saya mengikuti talkshow dengan para pengusaha yang selama ini bersentuhan dengan kaca atau glass. Para pengusaha ini memberikan testimoni akan kaca dan pengelolaannya. Para pengusaha tersebut adalah Wely, Karin dari Pras, Edwin dari pengusaha burung sarang walet dan Jonatan dari Suwe Ora Jamu.

Pak Wely lebih memaparkan tentang awal mula gelas dan pembuatannya. Sungguh menarik bagaimana proses awal dalam pembuatan kaca. Karin lebih menjabarakan tentang pemanfaatan daur ulang kaca. Sangat berkaitan antara proses awal pembuatan kemudian proses mendaur ulang kaca.

image

Adapun Edwin dan Jonatan memaparkan kaca sebagai packeging dalam industri minuman mereka. Dengan kemasan kaca, produk industri mereka terjaga kualitasnya.

Pada dasarnya, saya sendiri sangat senang dengan kaca. Packeging produk industri makanan dan minuman lebih terasa menarik bila menggunakan kaca.

Ada gelas kaca atau botol kaca yang sering menjadi perhatian dan cerita dalam suatu peristiwa. Kaca-kaca tersebut sangat berguna dan bermanfaat, baik dalam bisnis maupun kehidupan sehari-hari.

Advertisements