Tags

, , ,

Sebentar lagi bulan Ramadhan tiba, bulan yang menjadi kewajiban setiap Muslim untuk menjalankan ibadah puasa. Pada bulan Ramadhan ini banyak keistimewaan yang kita dapatkan, dari keistimewaan bulannya, berlipat ganda pahalanya sampai tidurnya yang berpuasa mendapat pahala.

Foto 5

Namun demikian, keistimewaan tersebut janganlah tersia-siakan dengan kemalasan, atau karena alasan berpuasa sehingga tidak menjalankan pekerjaan lainnya. Kamis, 4 Juni 2015 kemaren, saya mendengarkan talkshow tentang Ramadhan Total Plus dengan pembicara Oki Setiana Dewi, Aviaska D Respati dan Dr. Rizal Al Idrus.

Foto 3

Dr. Rizal Al Idrus memaparkan tentang pentingnya menjaga kesehatan ketika berpuasa. Jangan sampai ketika berpuasa, tubuh menjadi lemas dan tidak konsentrasi saat bekerja. Bisa juga orang lain menghindar karena bau mulut kita. Maka, meminum vitamin stamina saat berpuasa sangat penting, begitu pula dengan cairan fress kumur-kumur.

Foto 2

Dr. Avi, Direktur Tempo Scan juga memaparkan bahwa bulan Ramadhan merupakan momentum pengamalan nilai-nilai kebajikan dan semangat berbagi digemakan dengan kuat. Sebagai sebuah perusahaan, Tempo Scaan sangat mendukung dalam hal tersebut.

Foto 1

Oki Setiana Dewi sebagai artis yang sedang naik daun mengungkapkan bahwa bekerja itu adalah ibadah. Semestinya dengan berpuasa tidak mengganggu aktivitas dalam bekerja.

Menarik ketika mengamati dari ketiga pembicara tersebut, bagaimana mereka memaparkan akan pentingnya puasa dan bekerja pada bulan Ramadhan. Memang bukan suatu halangan bagi seseorang untuk terus berkarya ketika sedang berpuasa, sehingga puasanya tamat dan pekerjaannya jalan terus.

Dari hal tersebut, dan pengalaman saya sendiri dalam berpuasa dan bekerja, ada beberapa tips ketika bekerja pada bulan Ramadhan, yaitu:
1. Sahur.
Sahur merupakan hal yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw. Dengan makan sahur, kita bisa menyimpan cadangan energi untuk bekerja nanti siang. Imam Nawawi menjelaskan bahwa barakah makanan sahur secara dhahir (nampak) adalah dengan kuatnya badan ketika berpuasa, menjadikannya rajin beribadah, menjadikannya termotivasi ingin menambah lagi amalan puasa karena puasa terasa ringan.

Mengenai sahur ini, Rasulullah saw bersabda, “Makan sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam makanan sahur terdapat barakah.” (Mutafaq alaih)

Pada riwayat Abu Sa’id Al Khudri dari Nabi Muhammad Saw bersabda, “Makanan sahur adalah makanan yang barakah, maka janganlah kalian meninggalkannya walaupun seorang dari kalian hanya sahur dengan meneguk air, karena sesungguhnya Allah dan para malaikat bershalawat kepada orang-orang yang makan sahur (HR. Ahmad).

Dengan demikian, sudah jelas betap pentingnya kita makan sahur ketika hendak berpuasa. Ketika sahur ini kita bisa minum vitamin seperti Hemaviton Stamina untuk membantu aktivitas siang hari, dan berkumur-kumur setelah sahur dengan Total Care agar terhindar dari bau mulut.

2. Olahraga Ringan
Setelah sahur hendaknya menjalankan shalat Subbuh berjamaah di masjid. Sepulang dari shalat subuh berjamaah, kita jangan tergoda untuk tidur kembali tetapi berolahragalah agar sehat. Kita bisa berolahraga dengan jalan-jalan mengelilingi kompleks perumahan menghirup udara segar.

3. Tidur siang
Tidur siang sebetulnya sangat penting untuk melepas lelah dan mengumpulkan tenaga dalam beristirahat untuk melanjutkan jejak pekerjaan berikutnya. Ada yang bilang, tidur siang ini salah satu kebaikan untuk mengurangi resiko sakit jantung. Tidur sianglah setelah melaksanakan shalat Zhuhur agar tubuh dapat beristirahat sejenak dari ritunitas pekerjaan.

4. Berbuka
Ketika waktu berbuka puasa tiba, segeralah berbuka puasa. Namun harus diingat, jangan berlebihan ketika berbuka puasa, kita harus tetap memperhatikan asupan makanan yang sehat dan bergizi.

5. Menggosok Gigi dan Berkumur-kumur
Setelah semua aktivitas pekerjaan dan ibadah tertunaikan, maka jangan lupa untuk menggosok gigi dan berkumur-kumur agar gigi tetap bersih dan terawat.

Menjaga kesehatan itu bukan untuk orang lain, tetapi kita sendiri yang merasakannya sakit ataupun sehat pada tubuh. Semoga hal di atas dapat membantu dalam menjaga kesehatan bagi kita semua. Tetapi bila teman-teman masih memiliki tips lainnya, silakan bila ingin ditambahkan. Terima kasih

Advertisements