Tags

,

Berkunjung ke Monumen Kesaktian Pancasila, maka akan mengingat peristiwa G 30 S PKI. Peristiwa yang menjadi titik tolak sebuah masa yang mengingatkan akan proses dalam mempertahankan dasar negara Republik Indonesia.

Letaknya berada di Jl. Lubang Buaya, Pondok Gede, Jakarta Timur. Ada banyak kendaraan umum yang melewati tempat ini, rata-rata Angkot arah ke Pondok Gede bisa melewatinya. Bila dari Rambutan, bisa menggunakan Angkot 40 atau KR, Rambutan-Pondok Gede, lalu turun di depan monumennya.

Bila dari Cililitan bisa dengan Angkot CH, arah Pondok Gede. Dari UKI bisa dengan Angkot 614, UKI arah Pondok Gede. Semuanya bisa turun di Lubang Buaya. Ancer-ancer persiapan turunnya bisa dari Rumah Sakit Haji bagi yang belum pernah ke sini.

Kenapa harus berkunjung ke Monumen Kesaktian Pancasila? Ada apa di sana? Pertanyaan yang menggelayut bila berkunjung ke suatu tempat, tentu akan bertanya apa yang ditawarkan oleh tempat kunjungan tersebut. Baiklah, setelah Kamis, 14 Mei 2015 ke sana, saya akan mencoba merangkumnya:

image

1. Wisata Sejarah
Tentu semua tahu kalau berkunjung ke monumen, maka kita akan mengunjungi tempat bersejarah. Di sini menjadi tempat eksekusi 7 jenderal oleh pihak komunis. Dan menjadi titik penetapan kesaktian Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia.

image

Ada banyak kisah atau cerita mengenai hal tersebut, salah satunya yang tercantum dalam sejarah dan terjadi di Lubang Buaya ini ada G30 S PKI.

2. Tugu Monumen

image

Di sini juga ada tugu monumen para jendral yang meninggal di sini. Sebagai peringatan atas kepahlawanan mereka.

image

3. Museum
Peristiwa pemberontakan PKI tersajikan pada museum. Di sana ada banyak reflika dari peristiwa-peristiwa yang terjadi di daerah-daerah seluruh Indonesia.

Demikian beberapa hal yang menarik di Monumen Kesaktian Pancasila. Sekelam apa pun masa lalu, tetap hal tersebut merupakan bagian dari proses sejarah bangsa Indonesia. Dengan mengetahui sejarah, kita menjadi tahu akan masa lalu, sehingga bisa melangkah ke depan tanpa mesti mengulang kesalahan dulu.

Bagi yang membawa kendaraan pribadi, tersedia tempat parkir yang luas. Tidak hanya itu, tempat yang luas dan lapang, serta masih banyaknya rimbun pepohonan menjadikan tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan wisata keluarga atau sekolah.

Oh iya, harga tiketnya sangat murah, Rp.2000/orang, parkir bis Rp.10.000, parkir kendaraan pribadi Rp.4000. Bila ingin menonton film dokumenter, bisa membayar Rp.70000 untuk 50 orang maksimal.

Saya sudah mengunjungi tempat ini, tempat wisata sejarah yang akan menambah wawasan tentang sejarah Republik Indonesia dan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia. Bagi yang masih bingung besok Ahad jalan-jalan kemana, silakan mencoba berkunjung ke Monumen Kesaktian Pancasila.

Advertisements