Tags

, , , ,

Sebagai anak kos, seringkali saya tidak begitu memerhatikan sarapan. Berbeda ketika saya tinggal bersama orangtua di rumah, saya selalu sarapan dengan berbagai menu. Bahkan, tak jarang langsung sarapan dengan menu berat seperti makan nasi dengan sayur lodeh dan ikan asin.

Bicara sarapan ternyata bukan soal kuantitas atau banyaknya makanan, tetapi yang terpenting dalam makan adalah kualitas gizi yang baik. Saya melihat pada diri saya yang berat badan terus bertambah, saya jadi berpikir ulang untuk tidak biasa makan sembarangan. Tinggal jauh dari orangtua bukan halangan untuk menjaga pola makan yang sehat.

Bagi saya sendiri sarapan itu gampang-gampang susah. Gampangnya kalau semua sudah tersedia, susahnya kalau harus mencari bahan makanan atau memasaknya. Sarapan yang saya butuhkan sedikit, tetapi malasnya itu yang bikin saya keki. Ini di kosan, bukan rumah yang semua sudah tersedia.

Resep sarapan bernutrisi ini yang harus saya cari. Karena setelah mengusut dari beberapa referensi, sarapan bernutrisi ternyata dapat memperbaiki perilaku dan prestasi, ini sangat penting bagi anak-anak sekolah. Hal lainnya, sarapan bernutrisi dapat mengurangi resiko lethargy syndrome. Apa itu?

Lethargy syndrome adalah keadaan merasa tidak bertenaga, lemas, lesu, merasa ngantuk atau letih, sehingga bisa menimbulkan rendahnya konsentrasi, lamban dalam berpikir dan bergerak.

Dengan demikian, sangat penting bagi kita semua untuk sarapan. Sarapan sebagai asupan pertama di pagi hari yang dilakukan sebelum atau pada saat memulai aktivitas dengan kandungan energi mencapai 20-25% dari total keseluruhan energi yang dibutuhkan tiap hari.

Salah satu bahan makanan yang selalu hadir adalah keju Kraft. Kenapa keju Kraft? Alasannya sederhana, karena saya suka. Saya suka dengan gurihnya. Kraft, makanan yang mengandung protein, kalsium dan vitamin D. Kraft ini sangat cocok bagi anak-anak, malah sangat dianjurkan untuk mengonsumsinya sebagai tambahan menu sarapan. Tetapi saya juga sangat suka keju Kraft, maka saya makan dengan menggunakan bahan keju Kraft.

Makanan yang sering saya buat adalah roti keju, ini sangat praktis dan efisien dalam pembuatannya. Kalau di rumah, saya akan membuat nasi goreng keju. Wuih, sedapnya… Dan satu lagi paporit saya yang meskipun tidak ada, pasti akan saya cari, yaitu pisang bakar keju. Ini makanan yang paling saya suka.

Bayangkan teman-teman, pagi-pagi sarapan pisang bakar, lalu diolesi sedikit susu kental, kemudian ditaburi keju. Ditambah secangkir kopi item pait, wuih enaknya…

Untuk bahan singkong atau ubi juga bisa. Singkong bisa direbus atau dibakar, lalu diolesi sedikit mentega, ditaburi keju di atasnya, ditambah secangkir teh tawar pait. Alhamdulillah… enak banget, teman-teman…

Sebagai orang kampung, saya mengolah keju Kraft sangat sederhana, yang penting enak dan bergizi. Resep pisang bakar atau singkong bakar bisa teman-teman coba bila ingin merasakan sensasi lezatnya makanan kampung dengan keju Kraft.

Advertisements