Tags

, , , ,

Saya sering nyasar bila hendak bepergian, sehingga sebelum berangkat saya akan mencari dulu kendaraan dan arah tempat yang akan saya tuju. Untuk hal tersebut, saya membutuhkan aplikasi yang dapat memetakan keadaan jalan sekaligus fasilitas kendaraan umumnya. Selama ini saya menggunakan google map, kalau untuk berbentuk aplikasi, ada nggak ya?

image

Kemaren, Rabu, 20 Mei 2015, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional Republik Indonesia, Indosat meluncurkan i-aplikazone sebagai toko aplikasi Android. Saya berharap dari I-Aplikazone, saya menemukan aplikasi yang cocok untuk kegiatan seharian saya. Apalagi I-Aplikazone dilengkapi dengan bahasa Indonesia. Wuih keren, saya semakin penasaran saja.

Apa itu i-aplikazone? I-Aplikazone adalah toko aplikasi android terbesar yang Indosat hadirkan bagi masyarakat Indonesia. Toko ini telah merangkul 10 ribu lebih aplikasi, dan yang terpenting menggunakan bahasa Indonesia. Kenapa Bahasa Indonesia penting? Bagi saya ini sangat penting. Karena seringkali saya diminta tolong oleh saudara atau orangtua untuk menerjemahkan bahasa Inggris yang ada di smartphone atau membantu mereka dalam mengoperasikan smartphone karena kendala bahasa. Tidak semua bisa berbahasa Inggris, apalagi para orangtua yang sekarang dihadapkan dengan kecanggihan teknologi, mereka akan menjawab gaptek atau gagap teknologi.

Tidak dipungkiri, kecanggihan teknologi telah menyeret para orangtua untuk belajar kembali. Bagi anak muda, akan membangun kreatifitas dengan membuka kamus atau mengoprek smartphonenya. Tetapi bagi orangtua akan berakhir dengan menyuruh anaknya untuk membantu mengoperasikannya. Namun demikian, tetap saja dibutuhkan layanan yang dapat memahami para pengguna smartphone dalam menggunakan hapenya.
image

I-Aplikazone ini semoga menjadi jawaban atas apa yang saya harapkan. Kalau mendengar yang dipaparkan Pak Alexander Rusli, Presiden Direktur dan CEO Indosat, yang mengatakan bahwa I-Aplikazone sejalan dengan visi Indosat yang selalu hadir bagi para pelanggannya berbagai macam konten yang selaras dengan gaya hidup saat ini dan mendukung ekosistem digital yang baik.

Indosat memberi layanan unduh gratis I-Aplikazone, apa pun penggunanya, baik Mentari, IM3, dan Matrix. Baiklah, saya akan mencobanya dengan mengetiik *123*424# lalu tekan OK/YES. Tetapi sebelumnya, ada pengusaha pengembang aplikasi lokal, Arthur Surya, Direktur Elasitas, pengembang aplikasi menyambut kehadiran I-Aplikazone, yang mengatakan bahwa sebagai pengembang aplikasi lokal membutuhkan toko aplikasi. Karena kesuksesan sebuah apikasi sangat dipengaruhi oleh luasnya distribusi dan adopsi aplikasi itu sendiri.

I-Aplikazone bukan hanya menampilkan aplikasi berbahasa Indonesia, ia menawarkan kerjasama dengan para pengembang aplikasi lokal turut serta membangun aplikasi digital di I-Aplikazone.

Sekarang ini, aplikasi sebagai salah satu model penerapan teknologi informasi dan komunikasi yang kini banyak digunakan oleh para usahawan. Aplikasi teknologi informasi sudah dapat diterapkan pada semua jenis usaha dan telah menjadi kebutuhan dasar, mulai dari perusahaan kecil sampai perusahaan besar. I-Aplikazone diharapkan dapat membantu pertumbuhan kreatif digital di Indonesia.

Saya mulai mengetik *123*424# lalu tekan OK/YES. Tidak lama kemudian saya mendapatkan SMS yang berisi tautan aplikasi yang diunduh. Saya klik tautan tersebut, lalu mengunduhnya. Saya sudah mencobanya, sekarang giliran Anda. Selamat mencoba… 🙂

Advertisements