Tags

, ,

Tiada yang tak mengenal Rengginang. Makanan ringan yang gurih dan enak. Apalagi Rengginang bulat cemilan enak. Rengginang merupakan makanan khas yang terbuat dari beras ketan. Rengginang ini makanan ringan yang bisa dimakan di mana saja dan kapan saja. Tiada yang tak mengenal Rengginang sebagai makanan khas Indonesia, terutama bagi yang tinggal daerah Jawa.

Di kampung kami, tiada yang tak memiliki makanan ringan Rengginang. Hampir setiap rumah mengonsumsi dan membuat makanan Rengginang ini. Sajian yang terdapat dan selalu ada ketika lebaran tiba, sangat mudah membuatnya sehingga setiap rumah memilikinya. Tetapi, hanya keluarga kami yang membuat Rengginang bulat.

Rengginang bulat yang selalu ibu buat adalah Rengginang ketan hitam. Rengginang ini sangat renyah dan enak. Ibu selalu membekali saya Rengginang sebagai cemilan bila hendak pergi ke Jakarta. Bahkan, saudara-saudara yang lain akan memesan terlebih dahulu Rengginang bulat yang diinginkannya sebelum pulang kampung. Memang, Rengginang ketan hitam ini menjadi salah satu makanan ringan kesukaan keluarga kami.

Ibu selalu memberi Rengginang ketan item mentah, tetapi tak jarang kami juga membawa Rengginang ketan item yang sudah digoreng. Ternyata, di antara teman saudara saya ada yang memesan Rengginang bulat bila saudara saya pulang kampung, sehingga stok Rengginang bulat di rumah kami selalu ada karena memang banyak yang menyukainya sebagai camilan enak, termasuk cemilan enak bagi anak-anak.

Untuk mempermudah anak-anak kecil makan Rengginang, maka ibu membuat Rengginang bulat porsi kecilnya. Rengginang dibentuk bulat-bulat kecil sehingga akan mudah dimakan oleh anak-anak. Kreasi ini sebagai menyiasati Rengginang sebagai cemilan yang bisa dibawa kemana-mana.

Biasanya, Rengginang bulat yang khas di daerah kami, Tasikmalaya adalah Rengginang asin. Untuk variasi rasa, ibu membuat Rengginang bulat ketan item, Rengginang bulat terasi, Rengginang bulat ebi, dan Rengginang bulat pedas. Variasi ini yang membuat keluarga kami tidak bosan makan Rengginang. Anak-anak juga sangat menyukai Rengginang dengan bentuknya yang bulat-bulat kecil.

Rasa Rengginang bulat yang gurih dan enak ini selalu tersaji di setiap rumah sebagai cemilan. Kami sangat menyukai Rengginang buatan Ibu. Kini, saatnya bagi Anda yang menyukai Rengginang dan menyukai variasi rasa dari Rengginang, apakah Anda ingin mencobanya?

Advertisements