Tags

,

Komunikasi yang selama ini kita lakukan, baik melalui komunikasi langsung maupun media internet ternyata membutuhkan penyimpanan data.

Penyimpanan data ini terkumpul pada pusat data atau data center. Data center ini bukan hanya sebagai penyimpanan data, tetapi juga untuk sistem komputer dan sistem telekomunikasi.

Data center juga mencakup catu daya redundan atau cadangan, koneksi komunikasi data redundan, pengontrol lingkungan (seperti AC, ventilasi), pencegah bahaya kebakaran, serta piranti keamanan fisik. Salah satu penempatan server untuk website atau database.
image

Sabtu, 8 Mei 2015, bertempat di Restoran Caca Marica, Menara Prima, Mega Kuningan. XL mengumumkan keberhasilannya telah mendapatkan tiga sertifikat sertifikasi Internasional data center, yaitu, ISO/IEC 27001, ISO/IEC 20000-1 dan sertifikat TIER III Design dari Uptime Institute, Amerika Serikat  untuk Layanan Data Center, di Jakarta.

Penghargaan ini sangat penting untuk kredibilitas perusahaan, bisnis continuity, dayacenter tiering dan green innovation. Demikian kata Susilo Hadi Sumarsono.

Pada dasarnya, desain dan perencanaan data center harus memperhatikan wilayah penempatannya, seperti lokasi aman, memenuhi syarat sipil bangunan, geologi, vulkanologi, topografi.

Data center juga harus terproteksi dengan sistem cadangan, untuk sistem catu daya, pengatur udara/lingkungan, dan komunikasi data.

Layanan data center XL ini untuk membantu para perusahaan dan UKM. Demikian kata Yessie D Yosetya, Chief Digital Service Officer (CDSO) XL.

Adapun standar data center itu meliputi standar prosedur operasi dan perawatan, standar dan rencana pemulihan serta mitigasi bencana, dan standar jaminan kelangsungan bisnis.

Ketiga sertifikasi internasional ini melengkapi sertifikat  nasional MAWAS ID yang dikeluarkan oleh lembaga lokal Cloud Security Identity yang terafiliasi dengan Universitas Indonesia.

Saat ini, XL memiliki tiga data center yang dapat dipergunakan oleh masyarakat/pelanggan di seluruh Indonesia. Ketiga Data Center tersebut berlokasi di Surabaya, Jakarta serta  Pekanbaru. Semua Data Center tersebut merupakan pusat data di mana layanan komputasi awan, collocation, dan bahkan juga Disaster Recovery Center (DRC) berada. 

Advertisements