Tags

, , , , ,

Perempuan adalah makhluk unik dengan segala rahasia yang tersimpan di dalamnya. Dia lembut tetapi kuat. Melahirkan adalah bukti nyata dari kekuatan fisik perempuan. Belum lagi dengan beberapa perempuan yang sakit ketika datang bulan atau haid, mereka kuat dan sabar dalam menghadapinya.

image

Siklus kehidupan perempuan memang harus melahirkan dan haid, hal ini menjadi rotasi dari fase kehidupan perempuan. Menstruasi atau haid sebagai tanda kesuburan atau masa produktif perempuan. Adapun ketika berhenti haid, maka wanita berada dalam masa menopause, berakhirnya kesuburan.

Haid sendiri merupakan akibat dari fisiologis dalam tubuh perempuan yang dipengaruhi oleh hormon reproduksi, baik estrogen maupun progesteron. Dan pada masa haid ini seringkali berpengaruh pada mood atau sensitifitas perempuan.

Ketika emosi saya tidak stabil dan sensitif, maka saya memprediksi sebentar lagi haid. Ternyata benar, keesokan harinya saya haid. Pada masa sensitif ini saya hanya bisa mengamati, dan setelah reda, saya meminta maaf kepada orang-orang yang mungkin tersinggung dengan perkataan atau tindakan saya. Tapi tidak jarang yang langsung memahami dan memakluminya.

Pada masa haid, perempuan lebih mudah tersinggung karena adanya ketidakseimbangan hormon esterogen dan rasa nyari yang dirasakan. Demikian kata Dr. Ardiansjah Dara, SpOG dalam diskusi pada perayaan ulang tahun Kiranti.

image

Bertempat di Balai Kartini, 22 April 2015, saya menghadiri ulang tahun Kiranti ke-21. Perayaan ulang tahun yang disertai dengan diskusi edukasi dengan tema, Menemani Wanita dalam Setiap Fase Kehidupan.

Lebih lanjut lagi, Dr. Dara menjelaskan bahwa nyeri haid terjadi karena rahim berkontraksi atau bekerja keras untuk mengeluarkan darah keluar. Bahkan, bagi yang tidak lancar buang air besarnya (BAB) dan stress bisa mengakibatkan nyeri haid semakin sakit. Adapun bagi perempuan yang sudah pernah melahirkan akan lebih berkurang merasakan nyeri haid karena mulut rahim sudah terbuka.

Nyeri haid atau disebut dismenorea itu ada dua, yaitu dismenorea primer dan dismenorea sekunder.

Dismenorea primer disebabkan oleh faktor ketidakseimbangan steroid seks ovarium, biasanya terjadi pada beberapa tahun pertama siklus haid. Sekitar 3-5 tahun setelah siklus haid pertama, terutams pada wanita yang belum pernah melahirkan.

Adapun dismenorea sekunder disebabkan oleh kelainan pada organ rahim, seperti endometriosis, mium, lists dan STD. Untuk mendiagnosa dismenoria sekunder harus melakukan tindakan klinis, seperti USG, laparaskopi, dan pemeriksaan labratorik.

Dengan pemeriksaan tersebut akan diketahui penyakitnya. Seperti mium, yang letaknya di dalam, sisi dan luar rahim. Begitu pula kista, tumor yang ada di dalam ovarium. Mendeteksi penyakit tersebut harus melalui berbagai uji klinis.

image

Dr. Dara menyarankan ketika nyeri haid dengan tidur yang cukup, diet, aktifitas fisik, senam dan fisioterapi.

Berawal karena sering nyeri sakit haid, dr. Shopia Hage melakukan resolusi hidup sehat. Dia memilih menjadi dokter spesialis keolahragaan agar dapat mengedukasi yang lainnya agar memiliki pola hidup sehat.

Tidak berbeda dengan Citra Kirana, artis dan selebritis muda ini mengalami pertama kali haid saat kelas 1 SMP. Ketika nyeri haid, ibu Citra menyarankan Citra untuk minum minuman obat herbal.

Salah satu pengobatan atau pencegahan nyeri haid adalah minum minuman herbal seperti Kiranti. Kiranti sendiri sebagai minuman datang bulan yang masuk pada Obat Herbal Terstandar. Demikian kata Yuna Eka Kristina, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group.

Saya sendiri sering minum Kiranti, bukan hanya karena sedang haid, saya minum karena memang pada dasarnya saya suka minum jamu. Secara praktis, Kiranti menjadi minuman jamu yang hadir dengan kemasan modern sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Tersedia tiga varian Kiranti, yaitu Kiranti sehat datang bulan original, Kiranti sehat datang bulan plus juise, dan Kiranti pegal linu. Hadir dari tahun 1994-sampai sekarang, Kiranti tetap konsisten dengan minuman tradisional datang bulan. Selamat ulang tahun ke-21, Kiranti…. πŸ™‚

Advertisements