United Nations atau Perserikatan Bangsa-Bangsa mengadakan kompetisi blog bagi seluruh warga Indonesia. Apa syarat dan bagaimana caranya?

image

Sebelum penjabaran kompetisi blog, sekilas saya ingin mengulang pelajaran sejarah tentang PBB. Organisasi internasional yang berdiri tahun 24 Oktober 1945, sebelumnya bernama Liga Bangsa-Bangsa dan didirikan pada perang dunia kedua sebagai wadah untuk mencegah hal serupa.

Organisasi yang memiliki kantor pusat di Manhattan, Newyork City ini telah mempunyai 193 anggota  negara. Aktivitas organisasi ini didanai dari sumbangan yang ditaksir, dan sukarela dari negara-negara anggotanya.

Organisasi yang mempunyai tujuan utama untuk menjaga perdamaian, dan keamanan dunia, memajukan, dan mendorong penghormatan hak asasi manusia, membina pembangunan ekonomi, dan sosial, melindungi lingkungan, dan menyediakan bantuan keamanan.

Dengan demikian, dalam menjabarkan permasalahan dunia, PBB memetakannya dalam badan-badan khusus untuk menangani bidang-bidang tertentu.

Ada enam badan yang fokus FBB tangani, yaitu majelis umum, dewan keamanan, dewan ekonomi dan sosial, sekretariat, mahkamah internasional, dan dewan perwakilan PBB.

Adapun lembaga-lembaga di PBB adalah Bank Dunia, Organisasi Kesehatan Dunia, Program Pangan Dunia, Organisasi Pendidikan, keilmuwan dab kebudayaan, serta dana anak-anak PBB.

Di Indonesia sendiri ada target yang tercapai, yaitu:
1. Menentaskan kemiskinan
2. Pendidikan dasar
3. Kesetaraan gender
4. Tuberkolosis
Sedangkan hal yang belum tercapai:
1. Kematian ibu dan anak.
2. Stabilitas pangan dan nutrisi
3. HIV/AIDS

Ada 17 tujuan dari 169 target tahun 2015. Setiap negara memiliki karakteristik kategori.
Isu-isu kesehatan menjadi konsen dunia. Sekarang pendekatannya banyak proses dari regional, nasional, dan internasional.
17 goals tersebut masih dalam pembahasan. Peran UN sendiri hanya untuk mendukung pemerintah dalam menjalankan target tersebut. Pemerintah sudah  menuju pada pencapaian MDGS sampai ke daerah-daerah atau belum. Jelasnya, MDGS ini komitmen global, tetapi menurun pada program pemerintah.

Adapun mengenai laporan MDGS sendiri oleh setiap negara bahwa data pelaporan yang disajikan harus ada sumber data dengan laporannya secara transparan. Data akan direlease secara publik, sehingga semua orang dapat mengaksesnya.

Bicara spesifik daerah, maka itu menjadi tanggungjawab pemerintah. Tantangan tersendiri bagi pemerintah dalam mencapai tujuan ini, karena banyak hal yang menyebabkan ketidakcapaian target tersebut.

Di sini, Blogger bisa menjadi advokasi kepada pemerintah akan keadaan real di masyarakat. Mengkritisi secara positif di lapangan. Blogger juga bisa menceritakan keberhasilan pemerintah. Bisa juga mengusung profil seseorang yang menarik dalam mewujudkan pembangunan Indonesia.

Kompetisi ini bagi semua kalangan dan usia. Tema yang diusung keterlibatan pemuda Indonesia dalam pembangunan. postingnya bisa di media sosial apa saja, termasuk note facebook. Terakhir posting dan pengumpulan tgl 13 Mei 2015. Pengiriman tulisan hanya sekali, minimal 350 kata dengan photo atau video. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di http://www.un.or.id.

Selain mendapat jalan-jalan ke proyek UN Indonesia, tulisan pemenang tampil di website UN Indonesia. Mari kita ikut berkompetisi dengan menceritakan keadaan atau fenomena sosial atau budaya, baik profil tokoh atau yang lainnya, untuk menyuarakan keadaan negara kita kepada dunia.

Advertisements