Tags

,

Perjalanan dakwah Islam sudah dimulai sejak lama adanya risalah agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw. Selain sebagai ututsan Allah, Nabi Muhammad juga seorang juru dakwah yang kehidupannya menjadi pedoman (uswatun hasanah) bagi umatnya. Kisah hidupnya merupakan riwayat perjuangan dan penyebaran ajaran Islam di Jazirah Arab.

Wafatnya Nabi Muhammad bukan berarti padamnya dakwa Islam. Meskipun Rasulullah telah meninggal dunia tetapi risalah dakwah Islam dilanjutka oleh Khulafaurrasyidin dan para sahabat lainnya. Semangat inilah yang telah merangsang kaum muslimin untuk menyampaiakan ajaran-ajaran Islam kepada penduduk di muka bumi.

Dewasa ini agama Islam telah tersebar di seluruh pelosok bumi, termasuk Indonesia. Tidak berlebihan jika Thomas W. Arnold (1981) menyebut agama Islam sebagai agama dakwah.

Keberadaan Islam di Indonesia sudah ada sejak beberapa abad lalu. Azyumardi Azra (2002), misalnya, mengidentifikasikan empat hal yang menjadi proses masuknya Islam di Nusantara, yaitu dibawa langsung dari tanah Arab, diperkenalkan oleh para guru atau juru dakwah, orang-orang yang pertama masuk Islam adalah para penguasa, dan sebagian besar para juru dakwah datang di Nusantara pada abad ke-12 dan ke-13 M.

Dari keempat faktor tersebut dapat dipahami bahwa penyebaran Islam di seluruh pelosok bumi disebabkan semangat keberagamaan kaum muslimin yang sekaligus menjadikan mereka juru dakwah.

Seiring waktu yang berjalan, dakwah Islam dihadapkan pada realitas sosio-kultural dan perubahan sosial yang menjadi tantangan baru bagi dakwah Islam. perluasan medan dakwah yang menyebar di sleuruh negeri, tentunya akan bersentuhan dengan realitas sosio-kultural dan pperubahan sosial.

Dengan demikian, ada dua kemungkinan yang terjadi dalam pergumulan dakwah Islam dengan realitas sosial budaya. Pertama, dakwah Islam mampu memberikan output (hasil, pengaruh) terhadap lingkungan. Dalam arti memberi dasar filosofi, arah, dorongan dan pedoman perubahan masyarakat sampai terbentuknya realitas sosial baru. Kedua, dakwah Islam dipengaruhi oleh perubahan masyarakat dalam arti eksistensi, corak, dan arahnya.

Advertisements