Tags

,

Di era globalisasi sekarang ini dengan kemajuan teknologi komunikasi, turut serta mengembangkan metode dakwah melalui internet. Seperti mencatatkan tulisan lama, saya ingin mengingat kembali tentang arti atau makna dakwah. Dakwah sendiri berasal dari bahasa Arab, asal kata dari دعا, يدعو, دعوة yang artinya menyeru, meangajak dan memanggil.

Ada banyak pendapat yang memaparkan tentang dakwah. Muhammad Natsir (1971:7) menyebutkan bahwa dakwah adalah usaha menyerukan dan menyampaikan kepada perorangan dan seluruh umat tentang pandangan dan tujuan hidup manusia di dunia yang meliputi amar makruf nahy munkar melalui berbagai media dan cara yang diperbolehkan akhlak dan membimbing pengalamannya dalam prikehidupan perseorangan, berumah tangga, bermasyarakat dan bernegara.

Dalam penyampaian ajaran Islam ini, Amrullah Ahmad (1983:2) lebih tegas menyebutkan bahwa dakwah adalah aktualisasi imani yang dimanifestasikan dalam suatu sistem kegiatan manusia beriman dalam bidang kemasyarakatan yang dilaksanakan secara teratur untuk mempengaruhi cara merasa, berfikir, bersikap dan bertindak manusia pada dataran kenyataan individual dan sosio kultural dalam rangka mengusahakan terwujudnya ajaran Islam dalam semua segi kehidupan dengan menggunakan cara tertentu.

Dalam pengertian di atas, secara jelas bahwa menyeru dengan artian menggiring diri kita sendiri dalam seruan. Di era digital sekarang ini, siapa pun bisa dalam ekstalasi menjadi penyeru kebaikan dan menyebarkan akhlak mulia. Seruan yang menampilkan hakekat keimanan dalam pengejwantahannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam kiprah di dunia maya.

Nasarudin (1997:21) menyebutkan bahwa dakwah adalah setiap aktivitas dengan lisan atau tulisan yang bersifat menyeru, mengajak, memanggil manusia lainnya untuk beriman dan menaati Allah Swt.

Penyampaian pesan ini bisa diterapkan dalam dunia internet, salah satunya dengan tulisan yang baik. Tulisan ini hanya sebagai pengingat diri, bahwa dalam setiap beraktivitas hendaknya bersandarkan kepada Allah Swt, termasuk dalam penulisan pesan-pesan yang tertuang di media sosial atau internet secara keseluruhan.

Advertisements