Sudahkah Anda mengganti sikat gigi? Seringkali kita males mengganti sikat gigi, ada yang sepuluh bulan sekali, malah ada yang bertahun-tahun tidak mengganti sikat giginya.

Sikat gigi merupakan alat untuk membersihkan rongga gigi, baik gusi maupun gigi. Sikat gigi yang nyaman dan aman sangat penting untuk sikat gigi.

Menurut data Diskardes tahun 2013,  masalah yang terjadi pada gigi itu 72% masalah gigi berlubang. Meskipun kesadaran menyikat gigi sudah lebih baik, tetapi kenapa masalahnya tetap gigi berlubang?

Ada tiga faktor yang menyebabkan gigi berlubang meski kesadaran menyikat gigi sudah lebih baik, yaitu waktu menyikat gigi, sikat gigi dan cara menyikatnya. Demikian kata Prof. DR. Drg. Melani S Djamil saat peluncuran kampanye, “Ayo Ganti Pakai Formula.”
image

Selasa, 14 April 2015, Formula meluncurkan kampanye, Ayo Ganti Pakai Formula. Kampanye sebagai bentuk edukasi dari Formula Oral Care agar masyarakat Indonesia memiliki gigi dan mulut yang sehat.

Lebih jelasnya, waktu menyikat gigi yang tepat adalah ketika sesudah makan, seperti sesudah sarapan. Kemudian sikat giginya yang nyaman dan aman. Pilih sikat yang ujung kepalanya mengecil sehingga bisa menjangkau mulut belakang, bulu sikatnya halus, dan pegangannya mantap. Bulunya halus, rapi, dan tidak runcing.

Cara menyikat gigi yang benar dengan istilah merah putih. Dari merah, gusi kemudian ke gigi, putih. Kemudian memutar pd regio kepala yang kecil akan memutar.

Menyikati gigi ini sudah dianjurkan sejak lahir. Membersihkan rongga mulut bayi. Caranya dengan memberikan telunjuk ibu dengan air hangat pada gusi anak sehingga terbiasa merasakan kesat-kesat. Selanjutnya setelah berumur tiga tahun misalnya, bisa dengan menggunakan sikat gigi. Yang penting dalam hal ini adalah pencegahan karies.

Selain sikat gigi, pemilihan pasta gigi sangat penting. Sisa makanan dalam mulut akan berubah menjadi asam, dan gigi kita sangat rentan dalam serangan asam.

Untuk penjagaan dan pemeliharaannya dengan mengganti sikat gigi. Kenapa sikat gigi harus teratur diganti? Karena kalau sikat gigi sudah mekar sikatnya, maka itu bisa mengakibatkan sakit pada gusi. Tidak hanya itu, kelembaban sikat gigi dapat menghadirkan bakteri-bakteri. Lebih dari 200 juta bakteri pada bulu sikat bisa berpindah rongga mulut.

Berapa lama penggantian sikat gigi? Kebiasaan mengganti sikat gigi bisa 10 bulan sekali malah lebih setahun. Ternyata, ADA (American Dental Association) menganjurkan agar sikat gigi digunakan kurang dari 3 bulan.

Dengan demikian, Formula sebagai produk perawatan gigi dan mulut sejak tahun 1984 mengkampanyekan, “Ayo Ganti Pakai Formula.”

Ada dua hal yang diusung dalam kampanye ini, yaitu pendidikan agar masyarakat mengganti sikat gigi secara rutin tiga bulan sekali, menggunakan pasta gigi yang melindungi gigi dari asam penyebab keropos. Demikian kata Yuna Eka Kristina, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group.

Formula menawarkan sikat gigi yang ujung kepalanya kecil dan pegangan gagangnya nyaman serta bulu sikatnya halus. Begitu pula dengan pasta gigi yang mengandung duo flouride (perlindungan dua kali lebih kuat) dan system protective layer (SPL) yang fungsinya untuk melapisi dan melindungi email gigi agar lebih tangguh dari serangan asam yang disebabkan bakteri.

Untuk mengetahui keunggulan pasta gigi Formula bisa dilakukan dengan eksperimen eggsperimen. Pada percobaan ini kita bisa menggunakan dua cangkang telur yang direndam dalam air cuka yang sudah diolesi oleh pasta gigi. Maka lihat dalam 10 menit, telur yang dilapisi oleh pasta gigi lain akan terkelupas bagian luarnya, dan ini menunjukkan terlepasnya kalsium kulit telur. Sedangkan kalsium yang dilapisi oleh pasta gigi Formula tetap utuh.

Sangat menarik ketika melihat percobaan tersebut. Tidak berlebihan bila Maia Estianti lebih memilih Formula dan menjadi brand ambassador Formula. Maia yang memiliki gigi berlubang, setelah menggunakan perawatan Formula, dia menjadi lebih baik giginya.

Sebagai kesimpulan, sikat gigi harus diganti secara berkala tiap tiga bulan sekali dan pilih sikat gigi yang tepat. Lalu, pakai pasta gigi yang bisa melindungi gigi dari asam. Selamat menyikat gigi 🙂

Advertisements