Tags

, , , ,

Jatigede tour adalah perjalanan untuk mengenal alam dan lingkungan wilayah Jatigede dan sekitarnya. Wilayah yang berada di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ini beberapa bulan lagi akan tenggelam menjadi bendungan.

image

Kegiatan yang lebih ingin memperkenalkan wilayah dan alam Jatigede sebagai suatu keindahan dan anugerah yang harus kita syukuri. Tidak hanya itu, ada situs-situs yang layak diketahui sebagai mengenal budaya dan sejarah Nusantara, terutama Kerajaan Sumedang Larang.

Dari perjalanan ke Jatigede, dengan titik poin dari Cipaku, sebagai kampung yang memiliki situs dan hutan larangan. Ternyata, ada beberapa fakta menarik tentang hal-hal yang saya lihat mengenai daerah yang rencananya akan dibendung, yaitu:

image

1. Sawah-sawah yang terhampar luas. Bentangan sawah ini sudah bisa kita saksikan ketika akan memasuki Cipaku.

image

2. Hutan. Diperkirakan ada 1.300 hektar hutan yang ada di wilayah Jatigede. Salah satunya ada hutan yang disakralkan untuk tidak menebang pohonnya, yaitu hutan larangan Cipeueut.

3. Penduduk yang padat. Ketika memasuki Cipaku, ada banyak rumah dan warga yang sedang beraktivitas pada sawah mereka.

4. Banyak mata air. Ketika menelusuri hutan larangan Cipeueut, saya menemukan banyak mata air yang mengalir dari pohon-pohon besar.

image

5. Banyak pohon. Ketika pohon-pohon yang menjadi tadah sumber mata air sudah mulai ditebang, maka tidak ada lagi mata air.

6. Sungai Cimanuk Keruh. Beberapa kali ke sungai Cimanuk, maka akan ditemukan dalam kondisi keruh atau butek. Hal ini menunjukkan bahwa hulu Cimanuk dalam keadaan gundul dari pohon-pohon penyaringan air hujan, maka ketika hujan yang ada malah air mengandung tanah.

7. Sungai Cimanuk cenderung mengandung sampah. Perjalanan menelusuri sungai Cimanuk, ditemukan banyaknya sampah plastik yang berada di pinggir sungai Cimanuk akibat banjir sehingga sampah-sampah ini nyangkut di ranting pinggiran sungai Cimanuk. Ini bisa diakibatkan daerah hulu atau sepanjang aliran sungai Cimanuk warganya sudah tidak memperhatikan pembuangan sampah sehingga membuangnya ke sungai.

8. Beras yang berlimpah. Warga Jatigede memiliki swasembada pangan yang kuat, mereka menghasilkan banyak hasil padi dan mampu memasuk padi untuk daerah lain. Demikian kata salah seorang warga Cipaku.

image

9. Ada banyak situs peninggalan sejarah. Ketika berkeliling Jatigede untuk mengetahui letak wilayah pembendungan, saya menemukan banyak situs. Kata penduduk setempat, 33 situs yang terdapat di seputaran wilayah tersebut.

Demikian sembilan poin yang saya lihat ketika berkeliling Jatigede. Sembilan hal tersebut menarik ketika melihat kebijakan pemerintah untuk membangun bendungan di daerah subur yang mengandung banyak mata air dan mata pencaharian.

Advertisements