Tags

, , ,

Abon jambrong berbeda dengan abon secara keumuman. Dari namanya terasa unik, samar-samar saya kenal tetapi lupa lagi. Setelah mencari-cari, ternyata jambrong adalah ikan khas Depok dan Jakarta. Saya pun penasaran ingin melihat dan menikmati rasanya.

image

Awal mendengar nama jambrong, saya teringat istilah ini dalam bahasa kampung kami sebagai hal yang besar. Saya pun kemudian tertarik melihat abon jambrong itu seperti apa, dan bagaimana rasanya?

image

Kamis, 26 Maret 2015, saya berkesempatan mengunjungi tempat pembuatan abon jambrong. Tempatnya berada di wilayah komplek perumahan, daerah Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

image

Abon jambrong merupakan usaha rintisan home industri, meski belum genap satu tahun, bisnis ini sudah siap melayani ke berbagai penjuru negeri, bahkan pengiriman luar negri.

image

Pengusaha abon jambrong ini pasangan muda suami istri yang memang sejak awal konsen dalam berbisnis. Okta Dana dan Nurul Husnia sebagai pasangan yang konsen dalam berbisnis ciri khas negeri Indonesia.

Setelah mencoba jual beli kain tradisional Indonesia, Dana dan Uni memulai usaha abon jambrong serta memublikasikannya pada bulan Ramadhan, tahun 2014 Masehi. Jambrong sendiri merupakan ikan asin yang menjadi ciri khas wilayah Depok dan Jakarta. Ikan ini sangat populer di kalangan masyarakat Depok dan Jakarta. Maka, untuk melestarikannya, abon jambrong tampil sebagai makanan khas Depok dan Jakarta.

Dalam bayangan akan terlintas bahwa abon itu seperti abon sapi, halus dan lembut. Setelah saya melihat dan menikmati rasanya, Abon Jambrong Unia ini lebih pada bentuk kerikil batu kecil. Aroma bawang putih dan ikan asin berbaur menjadi penambah nafsu makan. Ada dua rasa yang dihadirkan, original dan pedas. Sebagai penyuka pedas, saya langsung memilih yang rasa pedas. Jarang ada abon yang memiliki rasa pedas, hanya Abon Jambrong Unia yang bisa dinikmati pada rasa pedasnya.

Abon jambrong dihargai Rp.25.000 dengan isi kemasan 150 gram, dan Rp.10.000 untuk kemasan 50 gram. Abon Jambrong Unia memberi peluang kepada siapa pun untuk menjadi reseller. Dengan investasi sebesar Rp.450 ribu, bisa langsung mendapatkan produk Abon Jambrong Unia sebanyak 20 pack kemasan reguler.

Keuntungan dengan menjadi reseller abon jambrong Unia adalah mendapat harga khusus reseller, dibantu publikasi di berbagai media sosial, mendapat prioritas dalam pesanan barang, disediakan alat publikasi seperti banner, dan mendapat keranjang sebagai pendukung outlet reseller.

Kembali, saya belajar pada para pengusaha muda dalam setiap langkah dan tahapnya dalam berbisnis. Ada hikmah dan pelajaran yang menjadi teladan dalam setiap perjalanan kehidupan. Menikmati hidup pada tahapan langkah yang sudah disediakan dengan sebaik-baiknya perjalanan. Menikmati abon jambrong unia sambil menggali ilmu perjalanan sang pengusahanya. Terima kasih 🙂

Advertisements