Tags

, ,

Teknologi komunikasi tidak dapat dipungkiri turut membantu perkembangan metode pendidikan. Seorang pendidik, mau ataupun tidak harus turut berperan serta dalam memanfaatkan teknologi komunikasi.

Dalam perkembangan arus informasi, guru memanfaatkan teknologi komunikasi sebagai ajang metode pembelajaran dalam mendidik anak-anak didik.

Sekarang ini, dunia internet bukan lagi dunia asing, suatu dunia yang membutuhkan pengenalan dan pembelajaran pengalaman dalam mempelajarinya. Ada banyak informasi atau pengetahuan yang dapat diperoleh dari dunia maya.

Tidak hanya menggali informasi, tetapi internet dapat dimanfaatkan untuk berbagi informasi dan pengetahuan. Tentunya, dalam menggunakan dunia internet, kita harus paham norma dan aturan dari globalnya informasi. Ada kode atau etika dalam memanfaatkannya. Jangan sampai kita malah terjebak pada cyber crime atau kejahatan internet.

Ahad, 15 Maret 2015, saya berkesempatan mengikuti kopdar akbar para guru blogger. Meskipun bukan guru, tetapi materi yang disampaikan sangat bermanfaat bagi para netizen.

Para pembicara adalah para guru yang sadar dalam memanfaatkan teknologi komunikasi untuk pengembangan proses pendidikan.

image

Ada Pak Dedi Dwitagama, kepala sekolah yang berhasil memanfaatkan internet. Ada Ibu Amiroh Adnan, seorang guru IT yang berprestasi di dunia digital dan cetak dengan menerbitkan buku. Belum pembicara lainnya, Pak Imam dari Metro TV yang bicara tongsis.

Suasana semakin seru dengan turut sertanya para guru yang telah berhasil memanfaatkan media internet. Ada yang sangat menarik, bahwa selain memanfaatkan media internet untuk metode pendidikan, media internet dapat mengembangkan prestasi guru itu sendiri.

Terima kasih 🙂

Advertisements