Tags

, ,

image

Sering kita mendengar ada orang yang meninggal karena sakit jantung. Bahkan, beberapa artis Indonesia meninggal karena serangan jantung. Padahal, mereka termasuk yang rajin berolah raga. Kematian tiba-tiba karena jantung menjadikan serangan jantung seperti susah dideteksi.

Data WHO menyebutkan bahwa pada tahun 2012 ada 17,5 juta penduduk dunia yang meningga akibat penyakit kardiovaskular, 7,4 akibat jantung koroner, dan 6,7 akibat stroke. Dan tahun 2030 mencapai 23 juta.

Sebetulnya apa itu kardiovaskora? Secara makna, “cardio” berarti jantung, sedangkan “vascular”  berarti jaringan pembuluh arah. Sistem kardiovaskora sendiri adalah darah dari jantung mengalir melalui sisi sebelah kiri jantung yang kaya oksigen. Darah mengalir melalui pembuluh darah arteri lalu menuju pembuluh darah arteri yang paling kecil yang disebut pembuluh darah kapiler pada semua organ dan bagian tubuh.

Setelah darah mengantar oksigen dan nutrien ke seluruh tubuh dan mengambil limbah dari sel-sel tubuh, darah dialirkan kembali ke sisi kanan jantung melalui pembuluh darah vena. Sistem ini disebut sistem kardiovaskular.

Sistem tersebut sangat penting bagi organ tubuh, sehingga bila ada gangguan akan sangat berpengaruh. Penyakit gangguan pada jantung dan pembuluh darah disebut dengan penyakit Kardiovaskular. Karena sistem kardiovaskular sangat vital, maka penyakit kardiovaskular sangat berbahaya bagi kesehatan. Ada banyak macam penyakit kardiovaskular, tetapi yang paling umum dan paling terkenal adalah penyakit jantung dan stroke. 

Adapun penyakit jantung koroner adalah penyempitan pembuluh darah yang mensuplai otot jantung. Pembuluh darah ini disebut pembuluh darah koroner. Umumnya gangguan aterosklerosis, yaitu pengerasan dan penyempitan pembuluh arteri koroner jantung oleh pembentukan plak (kerak) dan penyumbatan.

Penyakit jantung koroner disebabkan faktor resiko seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, merokok, obesitas, diabetes, pola hidup yang tidak aktif bergerak, usia tua, dan faktor keturunan.

Namun demikian jangan khawatir, karena dunia kedokteran semakin maju dan teknologi kedokteran semakin canggih. Salah satunya rumah sakit Bunda Medika yang sudah menerima pengobatan dan perawatan penyakit jantung. Rumah sakit Bunda Medika yang dikenal sebagai rumah sakit ibu dan anak, tetapi sejak tahun 2012 sudah menjadi rumah sakit umum.

Bunda Heart Centre adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh Rumah sakit Bunda Medika untuk layanan jantung terpadu. Ada skrining, diagnosa dan terapi konvensional serta intervensi untuk kondisi-kondisi seperti penyakit jantung koroner, gagal jantung dan gangguan irama jantung. Layanan khusus ini didukung oleh peralatan diagnostik canggih dan terkini yang ada untuk penanganan kasus jantung seperti CT scan dan Cath Lab.
image

Selasa, 24 Februari 2015, bertempat di The Hermitage Hotel, Rumah Sakit Bunda Medika melalui Bunda Heart Center mengadakan seminar kesehatan jantung.

Dalam seminar ini memaparkan bahwa memiliki penyakit jantung atau berisiko mengalami penyakit jantung bukan berarti tidak memiliki harapan. Harapan tersebut tentu diiringi dengan kepedulian kita sendiri kepada diri akan penyakit jantung dengan memahami resiko dan mengelola penyakitnya bagi yang sudah memiliki penyakit kardiosvaskular dan pernah mengalami serangan jantung.

Penderita penyakit jantung yang berhasil survive, harus mengubah total gaya hidupnya yang bisa membuat penyakit bertambah berat atau kambuh. Pemulihan diawali dari rumah sakit. Demikian kata dr. Dicky A Hanafi, SpJP (K).

Adapun dr. Hariadi Hadibrata, SpBTKV menyebutkan pengobatan jantung melalui pembedahan jantung. Operasi pembedahan jantung ini dilakukan pada operasi pintas pembuluh darah, operasi perbaikan atau ganti katup jantung, dan operasi kelainan jantung bawaan. Namun jangan khawatir, meski sudah melakukan operasi pembedahan jantung, mereka masih bisa tetap beraktivitas, olahraga teratur, dan makan seenaknya. Walaupun harus tetap minum obat secara teratur, fisioterapi, dan cek laboratorium.

Selain ada cek kesehatan, peserta seminar bisa menikmati Quaker, makanan dan minuman sereal yang bagus bagi kesehatan. Dengan suasana hotel bernuansa klasik dan indah, yang ternyata bangunan ini sudah dibangun tahun 1923 sebagai pusat telekomunikasi Belanda. Sebagai pecinta bangunan kuno, saya langsung jatuh cinta dengan hotel ini.

Advertisements