Tags

Jambu biji atau Guava Crystal merupakan salah satu buah kesukaan saya. Sebelum mengenal berbagai khasiat dan manfaatnya jambu biji, saya memang pecinta buah berbiji banyak ini, baik jambu biji putih maupun jambu biji merah.
image

Jambu biji memiliki rasa manis, kadang asam manis bagi jambu biji muda yang belum matang. Saya suka makan yang mangkel atau setengah matang untuk saya makan langsung dengan kulitnya. Adapun kalau sudah matang sekali, saya akan menjadikannya jus jambu. Malah waktu kecil, saya malah ngambil yang mudanya karena saking inginnya makan jambu biji. Dan tentunya, saya dimarahi nenek karena metik buah jambu biji yang masih kecil-kecil.

Waktu kecil, nenek selalu memetikkan buah jambu batu matang. Kami memiliki beberapa pohon jambu di pematang empang, belakang rumah kami. Maka kalau sedang memberi makan pakan ikan, nenek akan melihat-lihat pohon jambunya untuk memetikkannya buat saya.

Sekarang, pohon jambu itu sudah tidak ada. Saya tidak ingat kapan pohon jambu itu ditebang. Tapi nenek pernah bilang pohon jambunya ditebang karena sudah jarang berbuah.

Setelah dewasa dan berada di perantauan, saya sering juga beli jambu biji dari pasar. Kadang tergoda membeli dari supermarket. Pernah waktu kuliah di daerah Ciputat, kebetulan yang punya kosan depan rumahnya ada pohon jambu dan berbuah lebat.

Melihat saya sering membeli jambu biji, ibu kos memberi saya ijin untuk memetik dan memakan jambu bijinya. Bagai berada di rumah sendiri, saya selalu memetik jambu yang sudah matang. Tentu dengan meminta ijin ibu kos, meski sebelumnya dia sudah menyerahkan jambu-jambunya untuk saya petik.

Karena kosan saya khusus perempuan, saya sering naik pohon tersebut. Meski sudah tidak kos di sana, saya selalu mengenang kebaikan ibu kos dan jambu bijinya. Sayang, setelah ibu kos meninggal, pohon jambu itu ditebang untuk perluasan kosan.

Sekarang, bila ingin makan buah jambu batu, saya menyebutnya begitu, maka saya membelinya di pasar atau supermarket. Dalam memilih jambu biji, saya melihat dulu kulitnya bersih atau banyak bintik-bintiknya. Kemudian saya akan melihat kematangannya, tentunya sekarang ini saya memilih jambu biji matang. Selain mudah menggigitnya, rasanya pun akan terasa manisnya. Dan wanginya yang menggoda.

Untuk melihat kualitas terbaik dalam pemilihan jambu biji bisa memilih brand sunpride yang menghadirkan buah-buah lokal yang terbaik. Sajian produk bisa dilihat di http://www.sunpride.co.id.

Sebelum memakannya, cuci jambu biji terlebih dahulu dengan bersih. Banyak ahli gizi menyebutkan manfaat dari jambu biji yang tinggi vitamin C ini, salah satu yang saya tahu dan beberapa teman pernah meminum jusnya secara rutin ketika sakit DBD. Alhamdulillah segera sembuh.

Advertisements