Tags

, ,

Indosat luncurkan Super 4G LTE di Blitz Grand Indonesia. Senin, 22 Desember 2014 merupakan hari peluncuran sinyal 4G LTE Indosat oleh presiden direktur Indosat, Alexander Rusli. Acara ini dimeriahkan dengan nonton bareng film The Hobbit.

Bicara 4G, maka akan mengingat 1G, 2G, dan 3G. Tak terasa, kita sedang berada di generasi keempat telekomunikasi. Masih mengenang ketika telekomunikasi hanya dengan melalui suara, lalu bisa mengirim pesan data, selanjutnya bisa email, browsing, dan internet. Kecepatan berinternet pun ditambah dengan bisa video call, video streaming atau video confrence.

Kita mengenal istilah GPRS (General Packet Radio Service), yaitu suatu teknologi yang digunakan untuk pengiriman dan penerimaan paket data. Dengan GPRS kita bisa e-mail, mms (pesan gambar), browsing, internet.
Selanjutnya EDGE (Enhanced Data for Global Evolution), teknologi perkembangan dari GSM, memiliki kecepatan lebih dari GPRS.

Perkembangan dari EDGE ke UMTS (Universal Mobile Telecommunication Service) yang menyediakan fasilitas video streaming, video conference, dan video call.  Kemudian muncul  HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) sebagai percepatan akses data yang lebih cepat.

Dan sekarang diperkenalkan LTE (Long Term Evolution), sebuah standar komunikasi dasar nirkabel tingkat tinggi yang didasarkan pada jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSDPA. LTE memiliki kecepatan lebih dari HSDPA, maka akan cepat dalam akses data untuk mengupload atau download film dan asyik dalam melihat video streaming. Dan urusan berselancar di dunia maya akan semakin menyenangkan. Namun demikian, kecanggihan teknologi telekomunikasi harus didukung oleh alat canggih yang mendukung LTE. Maka, siap-siap beralih ke smartphone yang baru.

Indosat Super 4G LTE sendiri baru bisa dinikmati di beberapa lokasi di Jakarta, selanjutnya akan memperluas jaringan secara bertahap ke seluruh wilayah Jakarta dan kota-kota lainnya. Bagi yang berminat mencoba layanan Indosat Super 4G-LTE dapat melakukan pembelian USIM atau menukan SIM Card yang dipunyai secara gratis ke Galeri Indosat di Sarinah dan kantor pusat Indosat, Jalan Medan Merdeka Barat 21.

Advertisements