Tags

Keindahan Sumba dalam Film Pendekar Tongkat Emas memang sangat memukau. Panorama alam yang indah dengan bukit-bukit yang menggunung, sungai jernih mengalir, lautan lepas menghampar, disertai dengan rumah-rumah adat yang unik menambah eksotik Sumba. Pendekar Tongkat Emas adalah film kolosal yang sangat menarik. Di tengah boomingnya drama-drama kolosal India, film ini bak setetes dahaga di tengah kerinduan akan mengetahui jejak sejarah dan budaya Nusantara.

Film yang menyajikan tampilan artis-artis senior dan muda dengan keunggulan karakter yang telah malangmelintang seperti Christine Hakim dan Slamet Rahardjo sebagai pemain pendukung, lalu Reza Rahardian yang kali ini tampil sebagai antagonis, kemudia Eva Celia dan Nicholas Saputra sebagai pemeran utama, dan ada Tara Basro, Prisia Nasution, dan Darius Sinarthrya yang turut mendukung film ini.

Berkisah tentang seorang pendekar tongkat emas yang memiliki kredibilitas keilmuan yang tinggi, serta perguruan silat yang sangat terkenal. Perguruan ini hanya memiliki empat murid. Keempat murid tersebut dari anak-anak yang orang tuanya meninggal setelah bertarung dengan sang pendekar tongkat emas. Bagai menyimpan antara bara dan salju, pendekar tongkat emas, yang bernama Cempaka, membesarkan mereka sebagai murid dan anaknya sendiri. Namun, di antara muridnya ada yang mendendam atas kematian kedua orang tuanya. Pengkhianatan, kesetiaan, dendam dan cinta menjadi satu paket perjalanan kehidupan. Film Pendekar Tongkat Emas menggambarkan drama konflik kehidupan dunia persilatan dengan apik dan asik.

Film ini berhasil menampilkan panorama kecantikan Sumba dengan apik dan memikat. Keindahan alam yang terbingkai dalam film membuat saya ngiler ingin pergi ke Sumba. Mira Lesmana berhasil menampilkan budaya dan alam Sumba dengan apik sehingga menggiring penonton ingin menelusuri daerah Sumba.

Secara dialog, film ini bagus. Saya teringat akan bahasa luhur kita yang setiap tutur kata penuh simbol dan makna. Nasehat yang terbalut dalam dialog tanpa ada kesan menggurui. Meski terasaΒ  masih kurang, namun saya banyak menyerap hikmah dari kata-kata dalam film ini.

Gerakan-gerakan silat yang ditampilkan cukup memikat, walau sedikit kaku dalam gerak. Sejak awal Mira Lesmana memang menekankan pada dramanya, sehingga para pemainnya adalah artisnya bukan dari kalangan pencak silat. Namun secara keseluruhan, film ini sangat menarik dan menginspirasi.

Ada banyak cerita-cerita rakyat Indonesia yang penuh makna dan budaya Nusantara. Film ini menjadi titik awal pengenalan sejarah dan budaya bangsa. Secara tidak langsung, dengan film kita mengenal sejarah leluhur kita.

Bagi para pecinta film kolosal, film ini jangan sampai terlewatkan. Karena dengan film ini kita akan menyaksikan keindahan alam Indonesia dan budaya bangsa tercinta. Selamat menonton…. πŸ™‚

 

Advertisements