Tags

Indonesia merupakan negara yang memiliki peran penting dalam perdagangan dan investasi dunia. Ini dapat kita lihat bagaimana posisi Indonesia berada dalam salah satu di antara sembilan negara APEC yang masuk G-20 sangatlah strategis dalam menjaga stabilitas kawasan sekaligus sebagai motor penggerak ekonomi kawasan.

Aktivitas perdagangan dan investasi menunjukkan bahwa stabilitas ekonomi Indonesia yang semakin membaik sehingga Indonesia mulai dilirik pangsa pasar penyelenggaraan pameran dan konferensi mancanegara.

Berkembangnya industri jasa penyelenggara pertemuan, insentif, konferensi dan pameran (MICE) yang mendorong Sinar Mas Land bekerja sama dengan Medialand International, anak perusahaan Kompas Gramedia membangun gedung Indonesia Convention Exchibation (ICE). Adapun dana yang mereka keluarkan Rp.3,8 triliun. Untuk pengembangannya akan dikelola oleh Hannover Pameran Internasional, anak perusahaan Deutsche Messe AG.

Selama ini saya baru mengunjungi dua tempat pameran yang berada di Jakarta. Dengan adanya ICE ini semoga menjadi daya tarik tersendiri untuk kemajuan perdagangan dan gerak investasi Indonesia.

ICE dibangun di atas lahan seluas 22 hektar dengan total luas bangunan 200.000 meter per segi. ICE menyiapkan fasilitas lengkap untuk kegiatan pameran dan konvensi.

ICE sendiri sedang dalam masa pembangunan. Rangkaian-rangkaian konstruksinya sudah mulai terlihat jelas. Lengkungan-lengkungannya menjadi eksotisme sendiri dalam kemegahan sebuah gedung pameran.

Ketika ICE sedang menyiapkan diri untuk menjadi bangunan yang memberi manfaat bagi perkembangan dan kemajuan bisnis, sudah siapkah kita menjadi pelaku bisnis yang berani sukses?

Pertanyaan sekaligus cita-cita yang ingin kita jabarkan bersama demi kesejahteraan rakyat Indonesia. Apalagi tahun 2015, di kawasan ASEAN, kita akan memasuki ASEAN Community. Semoga perekonomian Indonesia lebih baik dan semakin maju. Aamiin.

Advertisements