Segarnya air putih saat berbuka puasa, itu yang selalu saya rasakan. Berbuka puasa dengan air putih sudah menjadi kebiasaan di keluarga kami. Sebelum mengambil kurma atau makanan manis lainnya, kami selalu mengawalinya dengan air putih. Mengapa kami memilih air putih?

Setelah seharian beraktifitas sambil berpuasa, banyak cairan tubuh yang keluar, maka dengan mengonsumsi air putih dapat menyeimbangkan cairan yang sudah keluar. Tubuh yang lemas, tidak bertenaga, pusing karena kekurangan cairan, dapat bertenaga lagi dan menjadi segar.

Tak heran bila air disebut sebagai sumber kehidupan. Tubuh yang seharian beraktifitas dalam puasa, membutuhkan pasokan air putih. Dalam sehari, bukankah kita juga dianjurkan minum air putih minimal 18 gelas sehari. Ada banyak manfaat air putih, di antaranya memperlancar system pencernaan, kebugaran tubuh, memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, merawat kecantikan, dan menyehatkan jantung.

Namun demikian, ketika buka dengan minum air putih, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, yaitu:

Pertama, membaca doa berbuka puasa. Kedua, minum sambil duduk. Ketika mendengar adzan, terlebih dahulu kita mencari air putih dan tempat duduk. Dengan minum air putih sambil duduk, air akan disaring dan masuk dalam saluran penyaringan yang ada di ginjal. Adapun kalau sambil berdiri, air akan langsung tanpa disaring menuju kandung kemih. Dalam hadis riwayat Amad disebutkan bahwa Rasulullah saw bersabda, Janganlah kalian minum sambil berdiri.

Ketiga, minum dengan tangan kanan. Dalam hadis riwayat Muslim disebutkan bahwa Rasulullah saw bersabda, Apabila ingin minum, hendaklah minum dengan tangan kanan. Sesungguhnya setan makan dan minum dengan tangan kirinya.

Keempat, tidak bernapas atau meniup pada air minum. Hal ini berdasarkan pada hadis riwayat Turmudzi dan Abu Daud, bahwa Ibnu Abbas berkata, Sesungguhnya Nabi saw melarang untuk bernapas atau meniup air minum.

Demikian beberapa hal yang disunnahkan dalam minum air putih. Selain menjalankan sunnah Rasul dalam minum air putih, kita juga menikmati kesegaran air putih saat berbuka puasa.

Advertisements