Tags

Ahad, 18 Mei 2014, saya berkesempatan untuk berkunjung kembali ke Museum Sumpah Pemuda. Saya berkunjung sekaligus untuk menyimak pencerahan seputar media sosial yang dipaparkan oleh Teh Ani Berta. Tidak bosan saya untuk mendengarkan paparan beliau tentang media sosial. Selain karena kiprahnya yang telah diakui sebagai blogger aktif, Teh Ani pun tak segan untuk membagi ilmu dan pengalamannya dalam beraktivitas di media sosial.

Ketika Marshall Mcluhan berbicara bahwa dunia maya itu Global Village, maka saya yang menggunakan internet merasakannya sendiri. Jutaan orang di dunia dapat terkoneksi dengan internet. Sekarang ini, tiada yang tak mengenal internet. Kemajuan teknologi komunikasi telah menggiring masyarakat untuk berselancar di dunia maya. Hal ini sudah menjadi bagian dari kehidupan nyata. Internet bukan lagi dunia asing yang hanya digunakan untuk mencari informasi, tetapi telah menjadi gaya hidup modern. Tidak ada sekat dalam memperoleg informasi dan komunikasi sehingga memudahkann untuk saling kenal dan sapa di dunia maya. Salah satunya dengan media sosial, seperti facebook, blog, dan twitter.

Tidak berlebihan bila Roger (1989: 110) menyebutkan bahwa teknologi komunikasi merupakan salah satu penyebab perubahan sosial. Saya yang baru beberapa bulan secara serius berada di dunia media sosial, merasakan sendiri bagaimana media sosial seperti sebuah desa dan dapat menjadi ajang bisnis bagi yang serius menggelutinya.

Banyak ragam media sosial, tetapi Teh Ani memberi contoh pengaplikasiannya pada blog, facebook, dan twitter. Deangan fasilitas tiga layanan media sosial, Teh Ani tidak hanya dapat menimba ilmu, tetapi dia dapat menambah teman serta saudara. Tidak hanya itu, Teh Ani juga memberikan tips dalam mencari peluang bisnis atau kerja dengan ketiga media sosial tersebut.

Tentunya, bukan hanya di dunia nyata kita harus menjunjung etika, di dunia maya pun kita harus memiliki etika yang pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan dunia nyata. Secara komprehensif, Teh Ani menjelaskan semuanya dengan detail beserta contohnya.

Demikianlah, saya pun yang mendengarkan dan menyimaknya menjadi turut semangat dalam memeriahkan dunia media sosial. Acara yang disponsori oleh Oraboo.com, sebuah forum media sosial yang mewadahi para pengguna internet yang ingin melakukan koneksi, dan bekerja sama dengan CNI ini sangat bermanfaat. Tips dan penjelasan yang telah dipaparkan Teh Ani, menjadi catatan tersendiri bagi saya dalam menjelajahi dunia internet. Terima kasih.

Advertisements