Tags

Descartes, nama baru yang saya temukan dalam sebuah catatan. Penasaran, saya cari di Om Google, siapa itu Descartes. Eits, ternyata dia orang terkenal, ahli filsafat dan matematika. Ada yang bilang, dia adalah penemu filsafat modern. Idenya tentang  Cogito Ergo Sum, yang diartikan aku berpikir maka aku ada, dan hakikat manusia terletak pada kesadarannya (res cogitans).

Saya pun semakin penasaran, dan mencoba menelusurinya. Ada dua pemikiran yang diusung oleh Descartes, “ke dalam” dan “ke luar.” Wilayah ke dalam, melihat pada subjek yang meragukan atau berpikir. Adapun wiayah ke luar, berkenaan dengan alam dunia yang diragukan atau objek yang dipikirkan. Di sini Descartes menekankan bahwa segala sesuatu dapat diragukan kecuali diri sendiri.

Baik, kita simak pendapat Descartes, bahwa ketika segala sesuatu dapat diragukan dan disangkal, kita mesti mencari kebenaran dalam diri kita sendiri. Dalam diri manusia terdapat tiga ide bawaan (ideae innatae), yaitu:
1) Ide pemikiran (cogitans). Ketika kita memahami diri sebagai makluk yg berkesadaran (rasional), maka kita mutlak menerima kesadaran atau pemikiran sebagai hakikat diri.
2) Ide ketuhanan (dues). Dalam berpikir kita tentu tidak mampu mencapai kesempurnaan, dan karena itu kesempurnaan bukan berasal dari kita melainkan dari Tuhan.
3) Ide keluasan (extentio). Segala sesuatu di sekitar kita dapat dipahami menurut satuan geometris (luas, panjang, lebar, tinggi, besar), hal tersebut menunjukkan bahwa manusia memiliki ide keluasan.

Dari tahapan tersebut, kemudian melangkah menuju wilayah luar, yaitu alam semesta. Dari tahapan tersebut, memunculkan tiga substansi (kebenaran yang berdiri sendiri), yaitu (1) Tuhan, (2) Jiwa yang hakikatnya adalah pemikiran, dan (3) Materi yang hakikatnya adalah keluasan.

Segala sesuatu dunia ini meragukan, kecuali kesadaran diri (cogitans). Tidak ada yang pasti di dunia. Dan untuk itu, menyerahkan semuanya kepada Tuhan sebagai pemilik kesempurnaan. “Tuhan tidak mungkin menipu saya,” kata Descartes.

Bagi orang awam seperti saya, ide Descartes sangat mengagumkan dan memberi pencerahan. Sosok yang dikenal juga dengan Bapak Matematik Modern  dengan temuannya tentang sistem koordinat Kartesius yang memengaruhi Kalkulus modern ini memberi inpirasi tentang pentingnya sadar. Terima kasih

 

Advertisements