Tags

, ,

Rabu, 5 Maret 2014, Yamaha menggelar Seminar sehari dengan tema, Smart Double Sales with Social Store di Ciputra GEPI Incubator DBS Tower 9th Floor, Ciputra World I Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5, Jakarta Selatan. Seminar ini mengulas strategi dan meningkatkan penjualan melalui social commerce.
Sekarang ini, tiada yang tak mengenal internet.Kemajuan teknologi komunikasi telah menggiring masyarakat untuk berselancar di dunia maya atau internet.Hal ini sudah menjadi bagian dari kehidupan di dunia nyata. Internet bukan lagi dunia asing yang hanya digunakan untuk mencari informasi, tetapi telah menjadi gaya hidup modern. Tidak ada sekat dalam memperoleh informasi dan berkomunikasi sehingga memudahkan dalam saling kenal dan sapa di dunia maya. Dunia maya telah menjadikan jutaan orang di seluruh dunia terus menerus terkoneksi. Marshall McLuhan menyebutnya dengan “global village.” 
Global village ini tersalurkan dalam beberapa media sosial seperti Facebook, Youtube dan Twitter, Linkedln, Instagram, Line, Kaskus, dan Wechat. Fasilitas pada media sosial tersebut tidak hanya digunakan untuk saling berkenalan dan memberi informasi, tetapi dapat berkembang menjadi jaringan bisnis online.Bisnis online adalah pemasaran barang dan jasa yang dilakukan secara online.
Tidak berlebihan bila Rogers (1989: 110) menyebutkan bahwa teknologi komunikasi merupakan salah satu penyebab dari perubahan sosial. Untuk melakukan bisnis online ini dituntut untuk melakukan dan mengoperasikan berbagai media.Media disini antara lain adalah PC (Personal Computer), Laptop, Netbook, Notebook, telepon selular, dan lain sebagainya. Guna dari perangkat media disini adalah sebagai jalur untuk melakukan browsing melalui internet. 
Tidak mengherankan bahwa internet menjadi alat untuk melakukan dan mengelola bisnis, karena internet dianggap sebagai pasar yang potensial. Bisnis online dapat dijalankan oleh perorangan, organisasi/perusahaan baik secara paruh waktu atau fulltime, tergantung bagaimana seseorang akan menjalankan bisnis online tersebut, apakah hanya dijadikan usaha sampingan, atau usaha utama. Bisnis onlinedengan sistem kerjanya secara mesin dan otomatis, membuat sebuah sistem bekerja selama 24 jam tanpa henti. 
Bisnis dengan Passion
Dalam aktivitas bisnis, sebaiknya dikerjakan dengan asik sehingga ada passion dalam bisnis kita. Dalam berbisnis, tak jauh beda dengan berkarya. Karya itu dirasakan oleh diri sendiri dan orang lain. Demikian juga dengan bisnis, bisnis itu bukan hanya sarana mencari uang, tapi dalam bisnis ada pemberdayaan.
Ada lima pertanyaan dasar yang sebaiknya pebisnis jawab, yaitu 1) do we have a problem worth to solve? 2) Are we creating something great and useful? 3) Are we treating our consumer well? 4) Are we taking care of our employers? 5) Are we profitable?
Demikian pemaparan Rene Suhardono, pembicara pertama seminar. Dari penjelasannya tentang bisnis, saya menilik lebih dalam lagi akan niat saya dalam bekerja dan beraktivitas sehari-hari, apa motivasi saya dalam beraktivitas? Dan sudahkah saya melakukan aktivitas tersebut dengan sadar karena Allah? Sungguh pembelajaran yang sangat berharga dalam melihat kembali dasar atas apa yang saya lakukan. Keinginan saya untuk berbisnis pun menjadi lebih kuat dalam titian menapakinya.
Media Sosial sebagai Sarana Promosi Bisnis
Pembicara kedua, Kontowiyoga, mamaparkan Creative business social media strategy. Media sosial dapat menjadi media para pelaku bisnis. Secara teknis, Yoga, menjelaskan trik dan tipsnya dalam bermedia sosial.
J. Paul Peter dan Jerry C. Olson menyebutkan empat jenis promosi bisnis, yaitu pertama, iklan (advertising), biasanya menampilkan suatu produk atau merk dengan bayaran tertentu. Kedua, promo penjualan (sales promotion), langsung menjual kepada konsumen dengan memberi rangsangan tertentu, seperti diskon. Ketiga, penjualan personal (personal selling), interaksi langsung secara personal antara pembeli potensial dan salesman. Dan keempat, publisitas (publicity), biasanya bentuk komunikasi tentang suatu produk atau merk yang tidak membutuhkan pembayaran.
Media sosial memang menjadi media promosi yang efektif. Selain bisa berinteraksi dengan konsumen, kita bisa mempromosikaan bisnis atau dagangan kita dari mulut ke mulut atau Mom.
Pada sessi kedua ini, saya mendapat pembelajaran akan mensiasati bermedia sosial sambil berbisnis.

Transaksi E-Commerce

Bisnis Online ini dikenal dengan istilah E-Commerceatau Elektronic Commerce, yaitu perdagangan yang dilakukan dengan menggunakan fasilitas elektronik (internet). Untuk membangun bisnis dengan E-Commercedapat dilakukan dengan cara berbisnis online(berdagang secara online melalui internet) dan barang dagangan yang diperjualbelikan dapat berupa barang jadi dan jasa.
Pembicara ketiga, Riyeke Ustadiyanto, SEO Guru Indonesia, menjelaskan pentingnya kita menjaga nomor telepon dan rekening kita. Transaksi yang kita lakukan di media sosial jangan sampai tertipu, maka sebaiknya kita memberi pengamanan pada transaksi tersebut. Salah satu model e-commerce adalah dengan Ipay.
Demikian seminar sehari tentang strategi penjualan di media sosial. Seminar ini sebagai modal ilmu bagi para pebisnis dalam menjalankan bisnisnya. Tidak hanya itu, Yamaha menggelar kompetisi bagi pelaku usaha atau bisnis online (Netprenuer) dengan total hadiah Rp50.000.000. Untuk lebih jelasnya tentang kontes ini bisa dilihat di http://www.yamahajawara.com/.
  
Advertisements