Tags

,

“Notebook yang tipis dan ringan,” itu pesan Uwa Euis, Uwa perempuan saya sewaktu dia meminta pendapat saya mengenai merk notebook yang dia inginkan. “Uwa kan suka jalan, biar mudah membawa kemana-mananya,” lanjut Uwa.
“Netbook aja Uwa, laptop kecil yang seperti punya Yuli,” kata saya.
“Nggak mau ah, kekecilan, nanti hurufnya nggak kebaca,” sela Uwa.
“Tapi Uwa, yang ringan dan tipis itu jarang.”
“Masa nggak ada Yul?”
“Iya, Uwa, nanti saya cari.”
“Laptopnya yang bisa VCD atau DVD ya Yul. Si Ido, cucu Uwa suka ribut pengen nonton film,” lanjut Uwa.
“Iya, Uwa,” jawab saya.
“Kalau bisa harganya jangan yang mahal-mahal,” tegas Uwa.
“Baik, Uwa.”

Mendapat amanat mencarikan notebook dengan spesifikasi, ringan, tipis dan bisa DVD membuat saya kebingungan mencarinya. Karena notebook seperti itu jarang saya dengar kecuali dengan biaya yang sangat mahal.

Memang, notebook yang tipis dan ringan cocok bagi Uwa saya yang seorang kepala sekolah dengan memiliki segudang kegiatan, seperti pengajian dan lembaga sosial. Usia awal 50-an, tidak menyurutkan keinginannya untuk terus belajar, berkarya, dan berbagi, maka alat yang untuk membantu memudahkan segala aktifitasnya adalah notebook.

Untuk memenuhi amanat Uwa, saya pun mulai mencari review notebook tipis dan ringan di internet. Dari berbagai merk atau brand notebook, rata-rata untuk yang ringan, menawarkan jenis netbook, kecuali Acer.

Acer yang berdiri pada tahun 1976 ini menawarkan notebook atau notebook tipis dan ringan. Tidak tanggung-tanggung, untuk jenis notebook seperti ini, Acer langsung membuka kelas Acer Aspire E1 series, seri notebook yang 30% lebih tipis dibandingkan dengan notebook lain yang sekelas. Memang ini salah satu keunggulan Acer, yaitu membuat klasifikasi seri sehingga memudahkan para SpAcer dalam mencari jenis dan spesifikasi notebook.Ketika membaca review Aspire E1 Series ini membuat saya galau, karena semuanya bagus dan dengan ketipisan yang memukau.
Ada Acer Aspire E1-470 dan Aspire E1-470G.  Dengan bobot yang hanya 2,1 kg tetapi memiliki prosesor Intel generasi ketiga, yaitu Intel® CoreTM i3-3217U, menjadikannya notebook ini sangat berkualitas. Bagi emak-emak atau bapak-bapak yang pencinta game, atau untuk anak-anaknya bermain game, maka Aspire E1-470G pilihan yang tepat. Dari sisi grafis, Aspire E1-470G memiliki keunggulan karena telah dilengkapi dengan kartu grafis Nvidia® GeForce® GT720M dengan kapasitas sebesar 2GB,  sehingga bisa menikmati game ataupun video HD dengan tampilan grafis lebih tajam. Ada dua pilihan warna untuk seri ini, yaitu Piano Black dan Silky Silver. Untuk lebih detail spesifikasinya dapat dilihat di sini.

Ada juga AcerAspire E1-432 yang sudah menggunakan monitor LED berukuran 14” dengan resolusi 1366×768 px. Seri ini menggunakan prosesor Intel 4th Gen terbaru, atau lebih dikenal dengan kode nama Haswell. Dengan senjata prosesor Intel® Dual Core Celeron® Processor 2955U yang memiliki dua buah inti (dual core) dan berjalan pada kecepatan 1.40 GHz. Notebook ini juga memiliki desain pattern bintang-bintang yang dinamakan Starry Swirls pada casing dan keyboardnya menambah kesan elegan, dengan pilihan warna Piano Black dan Silky Silver. Detailnya bisa dilihat di sini.

Bagi yang suka main game, Acer Aspire E1-422(QC) solusinya. Notebook ini menggunakan prosesor berbasis AMD APU A6-5200 (Kabini) generasi terbaru yang terintegrasi dengan GPU Radeon HD 8400 sehingga menunjang permainan gama-game terbaru. Ada RAM DDR3 sebesar 2GB yang dapat di-upgrade hingga 8GB dan dilengkapi harddisk SATA berukuran 500 GB untuk menyimpan berbagai file, seperti lagu dan video maupun game favoritmu. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di sini..

Mengenai harga, Acer Indonesia memberi harga pada Aspire E1-470 (OS Linux) dengan harga Rp 5.599.000, Aspire E1-470 (OS Windows 8) dengan harga Rp 6.249.000 dan Aspire E1-470G (OS Linux) dengan harga Rp 6.399.000. Adapun harga notebook AcerAspire E1-432 hanya Rp.4.749.000,- saja dan harga Acer Aspire E1-422 (QC) hanya Rp. 4.749.000,-. Semuanya bergaransi FULL selama 3 tahun (service dan spareparts) untuk tiap pembelian notebook Acer hingga 31 Oktober 2013.

Melihat spesifikasi dan warna notebook di atas sangat menarik. Acer dengan pengalamannya selama 37 tahun ini harus diacungi jempol dengan inovasi-inovasinya yang tiada henti. Tidak heran bila Acer menjadi perusahan No. 1 di dunia. Dengan demikian, saya tidak ragu untuk  menawarkan keempat model notebook tersebut ke Uwa. Dan saya pun, mulai menabung untuk  dapat membeli salah satu di antara notebooktersebut.

Sudah terbayang dalam perjalanan menulis nanti, saya dapat membawa notebook Acer kemana saja bila ada kegiatan KEB (kumpulan Emak-emak Blogger). Tanpa mengeluh lagi dengan beratnya notebook di tas saya. Mencatat setiap kegiatan dan mereportasenya dengan cepat dan tepat. Dalam pelaporan reportase kegiatan, kecepatan up date berita inilah yang sangat diperlukan. Belum lagi bila selayang dalam ingatan akan imajinasi fiksi, maka dengan mudah saya akan menuangkannya dalam notebook tanpa menunggu lama. Sebelum tanggal 31 Oktober nanti, mudah-mudahan saya bisa mendapatkan notebook ini. Aamiin.

Advertisements