Tags

,

Senin, 30 September 2013, saya berkesempatan menghadiri acara peluncuran proyek “Inovasi Penuh Makna Untuk Anda” yang diselenggarakan oleh Philips. Perusahaan yang bertagline, “Terus Terang Philips Terang Terus,” ini membuka peluang bagi semua warga Indonesia untuk menyalurkan ide dan gagasannya untuk meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik.

Acara yang diadakan di FX Senayan ini berlangsung Sersan, serius tapi santai. Ada hiburan band dan foto kreasi peserta dengan mendapatkan langsung cetak fotonya.
Program ‘Inovasi Penuh Makna  Untuk Anda dari Philips’ merupakan investasi jangka panjang yang  menghubungkan unsur bisnis, misi perusahaan dalam membawa inovasi yang penuh makna, sekaligus kontribusi sosial melalui kemitraan, demikian tutur Chatrine Siswoyo, Corporate Communications  Manager Philips Indonesia.
Menarik bila melihat program proyek yang digagas oleh Philips Indonesia, yang mana perusahaan mengajak bekerja sama dengan seluruh warga Indonesia dalam membangun bangsa Indonesia dan meningkatkan taraf kehidupan masyarakat Indonesia.  Keseriusan perusahaan dalam program ini dapat dilihat dalam menentukan tema proyek program ‘Inovasi Penuh Makna  Untuk Anda dari Philips,’ ada tiga tahapan yang dilalui oleh perusahaan dalam menentukan tema, pertama, listen (dengar). Perusahaan bekerja sama dengan instansi pemerintah, LSM, kerjasama  antar perusahaan atau pemerintah, konsumen dan para pemangku kepentingan dalam menentukan tema utama. Dari mereka, Philips mendengarkan, mengumpulkan wawasan sekaligus tantangan di sekitar tren kesehatan dan kesejahteraan di Indonesia.
Kedua, co-create (kolaborasi). Philips berdiskusi dengan  mitra, komunitas dan khalayak luas dalam penentuan tema, baik itu mengenai tantangan yang ada dan mengumpulkan ide/inovasi dalam menghadapinya, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi kualitas hidup di Indonesia.
Ketiga, deliver (wujudkan jadi nyata). Perusahaan membantu dalam mengubah ide menjadi sesuatu yang nyata.
Dari tahapan-tahapan tersebut, Philips merangkumnya dalam tiga gagasan tema besar yang menjadi dasar dalam Proyek Inovasi Penuh Makna Untuk Anda Dari Philips, yaitu:
  1. Inovasi Pengembangan Desa.
  2. Inovasi Akses Layanan Kesehatan.
  3. Inovasi untuk Ibu.
Bagi para pemberi ide yang terpilih dalam program proyek ‘Inovasi Penuh Makna Untuk Anda Dari Philips’ akan mendapatkan dana implemetasi proyek sebesar 1,5 milyar.
Adapun tahapan-tahapannya sebagai berikut:
Ø   1 Oktober – 16 November 2013  (Pencarian ide)
Di sini kita dapat langsung menyampaikan ide-ide kita sesuai dengan tema-tema yang tertera.
Ø  November (Masyarakat memilih langsung dua pemenang melalui website)
Ø  Desember (Pengumuman pemenang dan pembiayaan implementasi)
Untuk mengikuti perkembangan program ini sekaligus perbincangannya bias di twitter dengan tagar #inovasibermakna dan berita-berita terbaru tentang Philips dengan “like” pada laman facebook Philips Indonesia.
Dengan demikian, program ini menunjukkan bukti misi Philips dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Maka, saatnya kita sebagai warga Indonesia turut andil menyumbang ide dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Ayo, kita salurkan ide dan gagasan dalam membantu sesame warga Indonesia.

Advertisements