Tags

,

Malaysia berhasil memperkenalkan tagline mereka untuk meningkatkan brand awareness, sehingga masyarakat mengetahui, mengingat, dan menjadikan negara tersebut sebagai top of mind dan satu-satunya negara yang diingat oleh masyarakat dunia.

Di antara ratusan iklan yang setiap hari kita lihat, maka negara ini tampil dengan slogan negara  yang berisi pesan tentang keunggulan negara mereka dibandingkan dengan negara lain. Kita dapat melihat tagline dari masing-masing Negara ASEAN, di antaranya:

  1. Indonesia: Wonderful Indonesia
  2. Malaysia: Truly Asia
  3. Singapura: Your Singapore
  4. Brunei Darussalam: Green Heart of Borneo
  5. Filipina: It’s More Fun In The Philippines
  6. Thailand: Amazing Thailand
  7. Laos: Simply Beautiful
  8. Kamboja: Kingdom of Wonder
  9. Vietnam: Timeless Charm
  10. Myanmar: Mystical Myanmar

Bila melihat dari tagline tersebut, setiap negara memiliki slogan dengan ciri khas dan keunikan masing-masing. Indonesia tampil dengan tagline “Wanderful Indonesia,” yang sayang sekali iklannya jarang kita lihat, malah iklan Negara Malaysia dan Singapore yang sering tampil di media massa Indonesia. Apakah ini karena slogannya yang kurang dinikmati atau slot iklannya yang kurang? Wallahu’alam.

Bila melihat slogan, “Wonderful Indonesia,” memang sangat menarik. Tagline ini ingin menampilkan keindahan Indonesia, yang memang keindahannya sangat saya akui bagaikan surga

Indonesia sendiri adalah negara kepulauan di Asia Tenggara yang memiliki 13.487 pulau besar dan kecil. Di antaranya ada 6.000 yang tidak berpenghuni dan menyebar di sekitar khatulistiwa. Deretan pulau dari Sabang sampai Merauke ini memiliki berbagai suku, bahasa, budaya, dan agama yang berbeda, dan ini merupakan kekayaan dari negeri tercinta, Indonesia. Keberagaman yang membentuk semboyan negara, “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu.
Dengan demikian, bila saya memilih sebuah tagline dengan khas keunikan dari negeri ini, saya menawarkan, “Go Archipelago Indonesia.” Slogan yang menunjukkan elemen penting dari negeri Indonesia, yaitu negara kepulauan. Kalimat ini untuk memberikan deskripsi atau informasi dari identitas Negara Indonesia sendiri sebagai negara kepulauan, yang memiliki aneka ragam, suku, budaya, bahasa dan agama.
Melalui slogan ini berharap dapat mengomunikasikan kepada masyarakat tentang intisari Negara Indonesia dan memberikan gambaran tentang keunikan yang dimiliki oleh Negara Indonesia.

Tentunya, slogan “Go Archipelago Indonesia” harus disosialisasikan kepada khalayak, sehingga dapat menarik dan membujuk masyarakat luar untuk berkunjung ke Indonesia

Advertisements