Tags

Tiada yang tidak mengenal dengan Candi Borobudur, candi besar yang berada di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah ini salah satu objek wisata terkenal di Indonesia dan termasuk salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Saya sendiri belum pernah pergi ke sana, mudah-mudahan suatu hari nanti dapat berkunjung ke Candi Borobudur, destinasi kemegahan budaya Indonesia.

Ada juga yang mengatakan bahwa Candi Borobudur adalah candi besar kedua setelah candi Angkor Wot di Kamboja. Angkor Wot ini sebuah kuil yang berada di Angkor, Kamboja, dibangun sejak pertengahan abad ke-12 oleh Raja Suryavarman II. Bangunannya terdiri dari lima menara tinggi menjulang dengan candi-candi kecil di sekitarnya dan kuil ini masih kokoh sampai sekarang. Tak heran bila Angkor Wot menjadi lambang bendera Negara Kamboja.

Namun, kalau membaca sejarahnya Candi Borobudur yang dibangun sekitar 800 Sebelum Masehi, kita sebagai bangsa Indonesia memang layak bangga dengan Candi Borobudur. Nenek moyang kita telah berhasil membangun dan mendesain bangunan megah dan indah.

Menurut sejarawan J.G. de Casparis dalam disertasinya untuk mendapatkan gelar doktor pada 1950 berpendapat bahwa Borobudur adalah tempat pemujaan. Ini berdasarkan prasasti Karangtengah dan Kahulunan. Pendiri Borobudur adalah Raja Mataram dari Wangsa Syailendra bernama Samaratungga sekitar tahun 824 M dan baru dapat diselesaikan pada masa putrinya, Ratu Dyah Ayu Pramudawardhani. Kurang lebih setengah abad penyelesaiannya.

Berkunjung ke Indonesia tidak akan lengkap rasanya bila belum melihat Candi Borobudur. Candi yang dari kejauhan tampak seperti susunan bangunan berundak atau semacam piramida dan sebuah stupa, tetapi berbeda dengan piramida raksasa Mesir dan Piramida Teotihuacan Meksiko. Piramida Borobudur berupa kepunden berundak yang tidak ditemukan di daerah dan negara manapun, termasuk di India. Inilah salah satu kelebihan Candi Borobudur yang merupakan kekhasan arsitektur Buddhis di Indonesia. Maka, sangat sayang bila datang ke Indonesia tidak singgah di candi ini.

Advertisements