Tags

Wahai calon penghuni surga! Panggilan surga telah menggema. Tak usah khawatir, kalian akan menikmatinya. Kalian akan selalu hidup tak akan mati selamanya.
Janganlah menjadi orang-orang yang bodoh. Orang yang meletakkan di atas punggungnya segala hal yang ia pikul. Orang yang menemani dunia laksana hewan yang tak tahu siapa penciptanya dan apa hak penciptanya. Dia pun tak tahu apa tujuan datang dan perginya ke dunia yang tak lebih dari persinggahan ke negeri abadi ini. Cepat atau lambat dia akan segera pergi menuju negeri yang kekal.
Mereka telah disetir oleh tipuan inderawi. Mereka dikecoh oleh permainan pikiran. Mereka bergelimang kelalaian. Angan-angan batil menari-nari di pikiran. Mereka ditipu oleh harapan palsu. Hati pun terperangkap dalam amal yang buruk. Yang dipahami hanya kenikmatan duniawi. Bagaimana caranya memenuhi nafsu birahi. Di mana punn tempatnya berada, mereka akan segera menerkam. Jika hal dunia bentrok dengan hal ukhrawi, mereka akan segera mengejar yang duniawi. Ketika hal-hal yang bersifat ukhrawi disodorkan, mereka enggan turut campur dalam menggapai pahala dan ridha Allah.
“Mereka hanya mengetahui yang lahir (saja) dari kehidupan dunia, sedang mereka tentang (kehidupan) akhirat adalah lalai.” (QS. Ar-Rum: 7)
Ketika sadar semua yang telah mereka lakukan, mereka memohon maaf kepada Ilahi. Mereka tahu bahwa Allah Maha Pengampun dan Pengasih. Namun, mereka tidak sadar bahwa Allah pun mampu memberikan siksa yang teramat pedih.
Wahai calon penghuni surga! Ingatlah bahwa kalian akan meraih kenikmatan abadi di samping Zat Yang Maha Besar dan Tinggi. Kalian akan bercengkerama di taman-taman surga.
Kepada mereka diedarkan piring-piring dan gelas-gelas dari emas, dan di dalam surga itu terdapat apa yang diingini oleh hati dan segala yang sedap (dipandang) mata. Dan kalian kekal di dalamnya.” (QS. Az-Zukhruf: 71)
Demi Allah! Panggilan itu telah diserukan. Alangkah mengherankannya jika ada yang justru terlelap tidur, enggan memenuhi panggilan itu.

*Disarikan dari buku, “Surga yang Allah Janjikan.” (Hlm. 4-6)
Penulis: Ibnul Qayyim al-Jauziyyah
Penerbit: Qisthi Press
Bisa lihat resensi bukunya di sini, https://motekar.web.id/2012/10/15/surga-yang-allah-janjikan/

Advertisements